Wisata Air Terjun Indah Di Tanah Batak, Air Terjun Sipiso Piso

Sumatera Utara merupakan tempat tinggal asli Suku Batak. Tanah ini kaya dengan panorama alam yang menakjubkan yang terkenal di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Danau Toba. Selain Danau Toba yang panjangnya mencapai 100 kilometer ini, ada juga Air Terjun Sipiso Piso yang persisnya terletak di daerah Karo. Nama air terjun ini berasal dari bahasa Batak yang artinya “pisau”, karena air terjun ini berbentuk seperti pisau jika dilihat dari kejauhan. Air terjun Sipiso Piso memiliki tinggi aliran air sepanjang 120 meter, terletak di tengah bukit yang sangat hijau. Ketinggian air ini membuat wisata alam air terjun Sipiso Piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Rute Menuju Air Terjun Sipiso Piso

Untuk menuju air terjun yang indah ini, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer dari Berastagi dan 24 kilometer dari Kabanjahe. Lokasi air terjun ini persisnya terletak di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kamu bisa memilih beberapa moda transportasi untuk sampai ke sini.

Jika kamu ingin menuju tempat ini dengan angkutan umum atau bus, kamu harus berhenti di Simpang Merek. Kemudian menaiki becak motor dengan perjalanan sejauh 3 kilometer menuju lokasi. Rute dengan menggunakan angkutan umum bisa juga kamu tempuh dari Berastagi. Kamu harus sampai di stasiun Berastagi terlebih dulu dan berhenti di Simpang Merek, kemudian menaiki becak motor juga. Waktu tempuh menuju lokasi air terjun dari Simpang Merek adalah 1 jam.

Kamu bisa juga menyewa mobil jika ingin lebih praktis, terutama jika kamu berkunjung bersama banyak orang. Harga sewa mobil di sini adalah 400-500 ribu rupiah per hari. Di sepanjang perjalanan, kamu akan menikmati pemandangan hijau dari lahan pertanian warga dan perkebunan jeruk. Dengan menyewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa sekaligus berhenti terlebih dulu untuk menikmati pemandangan perkebunan dari dekat. Air terjun Sipiso Piso ini dibuka 24 jam dengan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *