Mengenal Ciri Wanita Shalihah, Sang Bidadari Penghuni Surga

Dalam Al-Qur’an, wanita pilihan disebut sebagai perempuan shalihah. Wanita yang dikatakan shalihah adalah orang orang yang memiliki sifat, serta bertingkah laku sesuai dengan ajaran Islam. Seorang perempuan shalihah yang mengamalkan nilai nilai Islam, diumpamakan sebagai bidadari penghuni surga. Semua perempuan tentu ingin menjadi wanita shaleh, maka dari itu yuk intip ciri wanita shalihah berikut.

Ciri Perempuan Shalihah yang Sesuai Hadits

Taat Kepada Suami

Dalam surat An nisa ayat 34 mengatakan bahwa laki laki adalah pemimpin

atas perempuan, maka perempuan yang shaleh adalah wanita yang taat serta memelihara dirinya sendiri. Pemeliharaan diri ini adalah, dimana seorang istri mampu menjaga kehormatannya baik di depan maupun di belakang suami.

Seorang wanita yang dikatakan shalihah adalah, dimana ia akan menaati serta patuh kepada pearturan dan ucapan suami. Seorang suami merupakan seseorang yang menjadi penanggung jawab perempuan, setelah mereka menikah. Seorang suami wajib untuk menafkahi serta mengayomi seorang istri, maka tugas seorang istri adalah untuk menjaga kehormatan keluarga dan nama baik suami di mata orang lain.

pexels.com

Wanita yang Penuh Kasih Sayang

Seorang wanita shalihah adalah, seorang perempuan yang mampu menyayangi seluruh keluarganya. Dalam berkeluarga pun, hendaknya seorang istri memiliki kasih sayang kepada suami serta anak anaknya. Di mana jika suami marah, maka sang istri akan mendatangi dan menenangkan serta menyelesaikan permasalahan dengan tenang dan kepala dingin.

Seorang wanita yang shalihah juga memiliki ciri, untuk selalu menyayangi anaknya dengan sepenuh hati. Mereka hendaknya memberikan kasih sayang, serta merawat sang buah hati dengan baik hingga menjadikan mereka seseorang yang memiliki akhlak serta sikap yang sesuai dengan ajaran Islam.

Menjaga Rahasia Keluarga

Dalam sebuah keluarga, tak pantas bagi seorang wanita untuk mengumbar atau mempermalukan aib keluarga mereka dengan orang lain sekalipun itu saudara. Bagi seorang wanita yang telah berkeluarga, hendaknya untuk menjaga seluruh aib maupun kekurangan keluarga tersebut hanya pada dirinya sendiri dan suami.

Sangat dilarang bagi seorang istri, untuk mempermalukan atau merendahkan suaminya maupun keluarganya sendiri kepada orang lain. Oleh karena itu, apabila seorang istri menemukan sebuah masalah dalam keluarga, usahakan untuk  menutupi masalah tersebut agar tidak terlihat dan diketahui oleh orang lain.

pexels.com

Wanita yang Dapat Melantunkan Lafadz Alqur’an

Sangat penting bagi seorang wanita shalihah, untuk pandai membaca ayat suci Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah salah satu mukjizat yang telah terjamin kemurniannya oleh Allah SWT,banyak sekali kemuliaan dan kebaikan di dalamnya. Dengan membaca salah satu ayatnya saja, seseorang telah mendapatkan pahala.

Selain untuk mengamalkan ajaran Allah, Al-Qur’an juga mampu meningkatkan perkembangan otak pada anak. Sehingga bagi seorang wanita yang sedang hamil maupun wanita yang memiliki anak, hendaknya membaca dan mengajarkan cara melafadzkan ayat suci Al-Qur’an tersebut kepada anak mereka.

Wanita yang Tidak Pemalas

Ada banyak kegiatan yang harus dilakukan seorang istri di rumah, namun  seluruh kegiatan atau pekerjaan tersebut tidak akan selesai jika ia bermalas malasan. Sesuai aturan Allah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, maka sebagai seorang istri hendaknya untuk menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh.

Malaikat tidak akan mendatangi tempat atau rumah yang jauh dari kata bersih, oleh karena itu untuk mendatangkan rezeki bagi keluarga hendaknya seorang wanita shalihah selalu membersihkan rumahnya. Kebersihan ini tentu memberikan banyak manfaat untuk keluarga, salah satunya adalah agar menghidarkan seluruh keluarga dari penyakit.

Bagi seorang istri, membersihkan rumah pun sangat penting untuk dilakukan. Ketika suami pulang setelah bekerja, tentu rasa lelah tidak akan bertambah jika rumah telah dalam keadaan yang bersih dan rapi. Memiliki rumah yang bersih dan rapi pun semakin menambah kenyamanan dan keharmonisan seluruh penghuni rumah.

pexels.com

Wanita yang Paham Agama

Seorang wanita yang shalih, sudah pasti seorang perempuan yang paham agama. Bukan berrarti orang tersebut harus bergelar Hajjah, namun cukup dengan mengerti aturan agama dan selalu menghindari larangannya. Rasulullah pun pernah melarang seorang laki laki menikahi perempuan hanya karena kecantikannya, namun Rasul menganjutkan untuk nikahilah seorang wanita karena agamanya.

Untuk itu bagi seorang wanita, bekalyang perlu dipersiapkan adalah iman serta pengetahuan mengenai ajaran agama Islam. Apabila seorang wanita telah mengetahui ajaran agama Islam dengan baik dan benar, maka ia mampu mewujudkan rumah tangga dengan pondasi yang kokoh dan tahan lama.

Ajaran agama tersebut dapat dimulai dari cara berpakaian seorang wanita, seorang wanita shalihah hendaknya berpakaian yang menutupi seluruh aurat di dalam tubuhnya. Aurat wanita dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, kecuali wajah dan telapak tangan. Seorang wanita dapat menggunakan French khimar atau kain panjang, yang dapat membalut seluruh aurat tubuhnya.

Seorang wanita dikatakan sebagai perempuan yang shalih, apabila mereka dapat mengetahui serta mengamalkan ajaran agama Islam. Seorang wanita yang shalih dapat menjadi pintu surga, baik untuk dirinya maupun untuk keluarga. Bahkan ada istilah yang mengatakan bahwa sebaik baiknya perhiasan adalah wanita yang shalih. Oleh karena itu, bagi perempuan hendaknya mengetahui ajaran agama serta mengamalkannya dalam berkehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *