Ulasan Lengkap Bagaimana Keanggotaan Panitia Perancang UUD?

Untuk pertanyaan bagaimana keanggotaan panitia perancang UUD, kira-kira apa jawaban yang paling tepat dan benar? Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa kemerdekaan Indonesia tidak datang begitu saja. Artinya sebelumnya sudah ada sejumlah persiapan yang dilakukan. Termasuk diantaranya adalah pembuatan UUD sebagai dasar hukum tertinggi.

UUD bisa dipahami sebagai hukum dasar tertulis yang mengikat dan mengatur mulai dari pemerintahan, lembaga negara, lembaga masyarakat, hingga warga negara. Artinya sebagai dasar hukum, UUD merupakan hukum tertinggi dari seluruh hukum yang ada di Indonesia.

Berkaitan dengan kanggotaan panitia perancang UUD, panitianya terdiri dari 18 anggota yang diketuai oleh Presiden pertama Rebublik Indonesia, Ir. Soekarno. Panitia ini diberi tugas untuk merancang pernyataan Indonesia merdeka, merancang pembukaan UUD, hingga merancang batang tubuh UUD.

Untuk mensukseskan tugas panitia perancang UUD tadi, dibentuklah 2 sub panitia yang terdiri dari panitia kecil perancang UUD dan panitian penghalus bahasa. Kemudian untuk panitia kecil perancang UUD terdiri dari 7 anggota. Sedangkan panitia penghalus bahasa terdiri dari 3 anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *