Tips Menanam Bunga Sedap Malam agar Tumbuh dengan Baik dan Berbunga Teratur

Bunga sedap malam merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang berasal dari Meksiko. Walaupun aslinya dari luar negeri, namun tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di tanah air. Tanaman ini akan tumbuh menjadi tunas, dan akhirnya akan berbunga.

Wangi bunga sedap malam dapat tercium aromanya di malam hari. Sesuai namanya, bunga ini juga hanya akan mekar di malam hari saja. Hal itu dikarenakan bunga ini peka terhadap cahaya sehingga mempengaruhi pergerakan sel pada tanaman.

Tips Sederhana Menanam Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam merupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Anda dapat menanamnya di pot atau polybag. Bunga ini juga menjadi tanaman hias yang indah jika anda merawatnya dengan baik. Berikut cara mudah menanam bunga sedap malam.

  1. Pilih Bibit Bunga Sedap Malam yang Baik

Memilih bibit bunga sedap malam yang unggul menjadi kunci utama keberhasilan budi daya ada. Anda dapat memilih bibit yang unggul dari tanaman induk yang sudah tua dengan usia berkisar 1,5 tahun dan berbunga dengan teratur.

  1. Gunakan Media Tanam yang Memadai

Bunga sedap malam memiliki toleransi yang tinggi untuk lingkungannya sehingga anda dapat menggunakan media tanam yang sederhana. Anda dapat menanam langsung pada tanah, pot, atau polybag.

  1. Perhatikan Cara Tanamnya

Agar tanaman tumbuh dengan baik, alangkah lebih baik jika anda menggunakan campuran tanah, arang sekam dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian anda dapat menanam bibit dan tempatkan pada area yang cukup terkena sinar matahari.

  1. Perawatan dan Penyiraman Bunga

Setelah menanam, anda tentu perlu melakukan perawatan yang intensif. Anda dapat menyiram tanaman secukupnya. Anda dapat menyiram tanaman di pagi dan sore hari di awal, dan lanjutkan dengan penyiraman sekali sehari.

Bunga sedap malam dapat ditanam sebagai tanaman hias yang memancarkan keindahan di malam hari. Pastikan anda mendapatkan bibit unggul dari bunga sedap malam agar bunga dapat tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *