Tips Ampuh Mengerjakan Soal Agar Lulus SBMPTN Soshum

Jurusan Soshum (Sosial Humaniora) saat ini memang menjadi salah satu pilihan banyak calon mahasiswa. Jika dulu mungkin masyarakat lebih ‘mengagungkan’ Saintek (Sains Teknologi), kini Soshum juga makin jadi pertimbangan utama saat hendak memilih Universitas. Kenapa begitu? Karena peluang kerja yang cukup terbuka lebar.

Ada banyak sekali profesi menjanjikan di luar sana yang semuanya membutuhkan latar belakang Soshum. Apa saja? Mulai dari akuntan publik, manajer perusahaan, manajer pemasaran, hakim, pengacara, notaris, copywriter, jurnalis, pekerja media/periklanan, duta besar, penerjemah hingga direktur.

Tentu saja berbagai profesi itu punya penghasilan yang menggiurkan, bukan? Tak heran kalau akhirnya beberapa jurusan Soshum seperti Manajemen, Hukum, Ilmu Komunikasi, Akuntansi hingga Hubungan Internasional (HI) selalu kebanjiran peminat setiap SBMPTN dimulai.

Lantaran jumlah peminat yang meningkat sementara ketersediaan kursi terbatas, akhirnya terjadi yang namanya persaingan. Nah, supaya bisa memperoleh hasil optimal baik dalam TryOut UTBK SOSHUM atau SBMPTN yang sesungguhnya, Anda membutuhkan beberapa tips lulus jurusan Soshum yang ampuh dan bisa diterapkan. Seperti apa? Intip ulasannya berikut ini!

Strategi Menjawab Soal SBMPTN

Meskipun nama ujian masuk Universitas mengalami beberapa perubahan, sebetulnya model soal yang diujikan dalam SBMPTN dari tahun ke tahun adalah sama. Di mana ada tiga model soal yakni pilihan ganda, pernyataan sebab-akibat dan benar-salah. Nah supaya bisa mengerjakan ujian dengan lancar, berikut ini strategi masing-masing model soal yang bisa Anda pelajari.

stocksnap.io

Soal Pilihan Ganda

Dibandingkan model soal lainnya dalam SBMPTN Soshum, pilihan ganda yang paling mudah karena Anda hanya perlu memilih satu jawaban paling tepat dari pilihan jawaban lainnya. Ada baiknya Anda mengerjakan soal pilihan ganda yang berbentuk teks/logika, sementara untuk hitungan lebih baik disisihkan karena bakal membutuhkan waktu lebih lama.

Bisa juga Anda mengerjakan soal Soshum dari mata pelajaran yang paling dikuasai. Baru setelah itu, Anda mulai mengerjakan soal hitungan yang biasanya ada pada materi Ekonomi. Konsep mengerjakan soal dari termudah ke tersulit ini dianggap lebih efektif. Namun jika Anda cukup menguasai hitung-hitungan Ekonomi, bisa mengerjakan soal pilihan ganda yang hitungan dulu.

stocksnap.io

Soal Pernyataan Sebab-Akibat

Jika harus memilih, mungkin soal yang cukup tricky adalah model pernyataan sebab-akibat. Soal jenis ini baik ketika TryOut UTBK SOSHUM atau SBMPTN yang sesungguhnya, lebih sering menguras waktu untuk berpikir. Pernyataan sebab-akibat ini menuntut peserta untuk bisa berpikir logis dan benar-benar memahami pertanyaan serta alasan yang dikemukakan.

Yang unik, kunci untuk menjawab soal pernyataan sebab-akibat bukan pada seberapa hapal Anda terhadap materinya, melainkan pada seberapa kemampuan Anda dalam memahami konsep mata pelajaran Soshum dan menafsirkannya. Biasakan untuk sering membaca baik dalam Ekonomi, Sejarah, Geografi atau Sosiologi supaya bisa menjawab soal model ini lebih mudah.

Soal Benar-Salah

Hampir sama seperti model soal pernyataan sebab-akibat, soal benar-salah juga sangat menjebak dan kerap menghabiskan waktu. Anda akan dihadapkan pada empat buah pernyataan dan pilih opsi jawaban sesuai yang diminta si pembuat soal. Untuk bisa mengerjakan soalnya, Anda harus benar-benar memahami makna pertanyaan dan dihubungkan dengan semua jawabannya.

stocksnap.io

Tips SBMPTN Agar Menjawab Lebih Efektif

Ada yang bilang bahwa sebagus apapun prestasi akademik yang dimiliki seorang pelajar saat sekolah menengah, biasanya tak akan berpengaruh ke hasil SBPMTN. Bahkan ada banyak pelajar yang memiliki nilai ujian sekolah cemerlang, malah tidak lulus SBPMTN. Kenapa begitu? Bukan karena bodoh, mungkin lebih ke tidak beruntung karena mengerjakan soal kurang efektif.

Ya, salah satu tips lulus jurusan Soshum yang paling mendasar adalah dengan mengerjakan soal SBMPTN secara cermat. Pertama adalah kerjakan dulu soal yang dikuasai dan mudah secepat mungkin, lalu jika ada soal yang benar-benar rumit dan bikin pusing, lebih baik tinggalkan dulu. Supaya disiplin waktu, ada baiknya membuat target penyelesaian soal.

Dengan merencanakan target waktu pengerjaan, Anda masih bisa punya waktu tersisa ke soal yang dilewati. Terakhir, jika ada model soal yang memberikan nilai minus untuk jawaban salah dan Anda ragu-ragu menjawabannya, lebih baik kosongkan saja. Nah, jika menerapkan tips-tips di atas secara tepat, lulus SBMPTN Soshum sudah pasti bukan sekadar mimpi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *