Tips Hidup Sehat untuk Menambah Tinggi Badan Anda

Tinggi badan mungkin menjadi sebuah masalah bagi sebagian orang yang kesulitan mendapatkan tinggi badan ideal impiannya. Namun, beberapa orang yang lain justru secara alami atau dari genetik sudah mendapatkan tinggi badan semampai tanpa perlu bersusah payah. Bagi mereka yang pertumbuhan tinggi badannya terhambat, sebenarnya hal itu bisa saja disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat.

Jadi, jika seseorang jauh lebih pendek dari teman-temannya, bisa saja hal itu bukan hanya soal genetik. Oleh karena itu, penting sekali membiasakan diri untuk hidup sehat. Beberapa orang memang jarang bergerak atau berolahraga sehingga pertumbuhan tulangnya tidak bekerja secara optimal. Selain itu, konsumsi makanan yang kurang nutrisi juga bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan seseorang.

Inilah Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

pixabay.com

Secara umum, pertumbuhan dan perkembangan tulang yang berhubungan dengan peningkatan tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh tiga faktor, seperti di bawah ini:

Faktor Genetik

Faktor genetik berasal gen yang didapatkan dari kedua orang tua. Mereka yang salah satu orang tuanya memiliki postur tubuh pendek punya kemungkinan sekian persen untuk pendek juga. Namun, semua hal berkaitan dengan gen itu juga diturunkan dari kakek dan neneknya dan biasanya anak akan mengikuti postur tubuh ayah. Sedangkan gen dari ibu biasanya berhubungan dengan pola pikir dan perasaannya.

Faktor Nutrisi

Faktor nutrisi juga bisa mempengaruhi tinggi badan seseorang karena nutrisi inilah yang bekerja untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta otak. Mereka yang nutrisi nya cukup pasti memiliki kesempatan yang lebih besar pada pertumbuhan tulang yang lebih optimal. Oleh karena itu, penuhi semua kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh seperti protein, kalsium, fosfor dan vitamin D.

Faktor Aktivitas

Faktor aktivitas seperti kegiatan olahraga memiliki pengaruh juga terhadap pertumbuhan dan peningkatan tinggi badan seseorang. Hal ini karena gerakan-gerakan saat berolahraga akan merangsang metabolisme yang lebih lancar sehingga pertumbuhan tulang tidak terganggu. Olahraga yang baik untuk pertumbuhan tulang yaitu basket, renang, atletik, lompat tali, joging, badminton dan lain sebagainya.

Makanan Penunjang Tinggi Badan

pixabay.com

Untuk bisa mendapatkan tinggi badan yang ideal, sejak kecil harus dibiasakan hidup sehat dengan berolahraga teratur dan konsumsi makanan bernutrisi. Berbicara mengenai faktor nutrisi, ada banyak sekali jenis makanan yang bisa menunjang pertumbuhan tubuh terhadap tinggi badan seseorang. Berikut ini beberapa contoh makanan dan penjelasannya, antara lain:

Telur

Telur bisa membantu meningkatkan pertumbuhan seluruh tubuh Anda, bahkan rambut akan lebih ternutrisi dengan baik. Telur memang cukup aman dikonsumsi setiap hari, namun jika khawatir akan kolesterolnya, bisa mengkonsumsi putih telurnya saja. Anda bisa mengkonsumsi hingga 3 telur setiap harinya untuk menunjang pertumbuhan tubuh.

Susu

Susu memang sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena susu kaya akan kalsium, protein, vitamin B12 dan vitamin D. Mengkonsumsi susu bisa dilakukan sebanyak 2 kali sehari di pagi dan siang hari. Dengan begitu, akan menunjang pertumbuhan tulang yang sehat sehingga bisa meningkatkan tinggi badan secara alami.

Kacang Polong

Kacang-kacangan memang dikenal memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Kita, salah satunya kacang polong. Kacang polong ini kaya akan vitamin, protein, serat, mineral dan juga lutein. Kandungan yang ada pada kacang polong bisa membantu merangsang hormon pertumbuhan untuk meningkatkan tinggi badan. Kacang polong merupakan makanan yang bergizi tinggi dan bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Bayam

Bayam memang dipercaya memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat, bayam ternyata juga berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan seseorang. Bayam juga bisa dikonsumsi dalam beragam bentuk seperti jus bayam, sayur bayam, bahkan salad. Kandungan pada bayam yaitu vitamin, serat, zat besi dan kalsium untuk tulang.

Brokoli

Selain bayam, sayuran sejenis brokoli juga bisa mempengaruhi dan membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Brokoli itu sendiri dapat merangsang hormon pertumbuhan yang tersembunyi agar bekerja secara optimal meningkatkan tinggi badan. Brokoli memiliki kandungan vitamin C, zat besi, serat yang baik untuk tubuh, bahkan juga mengandung zat anti kanker.

Nah, itulah tiga faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan dan beberapa jenis makanan yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan suplemen tiens peninggi badan yang aman untuk dikonsumsi. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *