Timur Laut dari Indonesia Samudra

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh dua samudra yakni samudra hindia dan samudra pasifik di sebelah timur laut Indonesia. Semudra merupakan lautan yang luas dan sangat dalam yang memisahkan antar suatu pulau dengan pulau yang lainnya. Di sebelah timur laut Indonesia terdapat samudra yang cukup terkenal yakni bernama samudra pasifik.

Di samudra pasifik terdapat 450 gunung berapi aktif yang kemudian membentuk ring of fire atau yang sering disebut dengan cincin api. Terdapat aktivitas vulkanik dan juga tektonik yang besar sehingga daerah-daerah yang berada di sekitar samudra pasifik merupakan daerah yang cukup rawan akan bencana seperti tsunami, gempa, dan sebagainya. Samdura pasifik merupakan samudra terluas di dunia. Luas samudra pasifik sekitar 165,2 juta kilometer persegi yang mana samudra pasifik merupakan 30% dari bagian bumi.

Sejarah Nama Samudra Pasifik

Berdasarkan catatan sejarah, samudra pasifik pertama ditemukan oleh seorang dari Spanyol yang bernama Vasco Nunez de Balboa yakni pada tahun 1513. Meksipun demikian, sebenarnya Vasco de Balboa sendiri tidak mengenal menyebutkan lautan luas ini sebagai pasifik. Adapun dia menyebutkannya dengan nama Mar del Sur yang artinya laut selatan. Kemudian oleh seorang penjelajah dari Portugis yang bernama Fedinand Magellan, lautan ini disebut sebagai Mar Pocifico yang artinua adalah lautan yang damai.

Fakta Menarik Tentang Samudra di Sebelah Timur Laut Indonesia

Samudra pasifik sebagai samudra terbesar di dunia tentunya memiliki berbagai cerita yang sangat menarik untuk dibahas. Berikut beberapa fakta menarik tentang samudra yang berada di sebelah timur laut Indonesia ini:

  1. Samudra Pasifik memiliki Palung Terdalam di Dunia

Selain menjadi samudra terluas di dunia, samudra pasifik ternyata juga menjadi yang terdalam di dunia. salah satu palung terdalam di dunia seperti palung Mariana terletak di samudra ini. Iya palung yang memiliki kedalaman hingga 10.994 meter dibawah permukaan laut ini sering disebut challenger deep.

  1. Sebagai pemilik karang terbesar di dunia

Samudra pasifik memiliki struktur kaang terbesar di dunia yakni dengan ukuran 2300 kilometer. Saking besarnya karang di samudra pasifik, hingga Anda pun bisa melihatnya dari permukaan bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *