Taman Kupu-Kupu Bali

Taman kupu-kupu Bali merupakan salah satu tempat wisata di  Bali yang bisa Anda kunjungi untuk wisata edukasi . Tempat wisata ini merupakan tempat pelestarian serta penangkaran kupu-kupu sekaligus tempat edukasi dan penelitan di ASIA Tenggara.

Taman wisata kupu-kupu atau biasa disebut Kemenuh Butterfly Park ini terletak di tengah pulau dewata Bali tepatnya di Kemenuh Kecamatan Sukawati – Gianyar. Anda bisa mengunjungi Taman Kupu-Kupu Bali kurang lebih sepuluh menit dari Pasar Sukawati.

Sejarah

Pada tahun 1993 tepatnya tanggal 23 sampai 27 Agustus, Konferensi Kupu-Kupu Internasional dilaksanakan oleh Departemen Pariwisata Republik Indonesia. Pada acara ini membahas tentang kekayaan kupu-kupu yang ada dan dimiliki oleh Indonesia. Dan ini menjadi awal mula berdirinya Taman Kupu-kupu di Bali.

Pembahasan dilakukan oleh ahli kupu-kupu dari dalam negeri maupun dari luar negeri untuk menemukan bagaimana pelestarian kupu-kupu ini dan mengenalkan taman kupu-kupu alami yang terletak di Sulawesi Selatan.

Hasil dari konferensi ini menghasilkan ide untuk membuat replika taman kupu-kupu di Sulawesi Selatan untuk menarik wisatawan.

Maka munculah kesepakatan untuk membuat PT Kupu-Kupu Taman Lestari sebagai perusahaan yang akhirnya mendirikan dan mengelola taman Kupu-kupu Bali. Taman kupu-kupu dibuka secara resmi pada 17 Desember 1996 oleh Ketua Tim PKK Bali Asiawati Oka.

Taman kupu-kupu mempunyai lima kandang untuk proses penangkaran yaitu terdiri dari kandang pemeliharaan telur, kandang pemeliharaan larva-larva, kandang kepompong, kandang kupu-kupu, serta kandang reproduksi kupu-kupu.

Memiliki luas tanah seluas 1 hektar, Taman kupu-kupu memiliki beberapa area dari mulai tempat habitat kupu-kupu dan taman bunga untuk stok makanan dan tempat budidaya dari kupu-kupu.

Datang ke Taman Kupu-kupu bisa menjadi media edukasi yang sangat menyenangkan, sebab Anda akan melihat bahkan berinteraksi secara langsung dengan bermacam jenis kupu-kupu dan serangga yang ada di sana.

Anda dapat melihat bagaimana bentuk telur bakal calon kupu-kupu, larva, kepompong, hingga perkawinan antar kupu-kupu terjadi. Bahkan jika Anda datang di pagi hari, anda bisa berkesempatan melihat proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu.

picjumbo.com

Aktivitas Wisata di Taman Kupu-Kupu Bali

Termasuk kawasan wisata edukasi, Taman Kupu-Kupu Bali menyajikan tempat wisata yang berbeda untuk mengajak anak atau keluarga Anda.

Anda bisa menemukan banyak sekali hingga ribuan jenis spesies kupu-kupu, binatang kecil dengan warna dan corak-corak indah yang jadi banyak favorit orang-orang.

Di taman ini Anda dapat menemukan banyak sekali corak dan jenis kupu-kupu yang mungkin sama sekali belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Anda bisa melihat langsung bagaimana proses metamorfosa dari kupu-kupu. Dari mulai telur menjadi larva kemudian menjadi kepompong, hingga akhirnya menjadi seekor kupu-kupu dengan corak warna warni yang indah.

Tak hanya jenis kupu-kupu biasa yang bisa Anda temui di Taman Kupu-kupu Bali. Anda bisa menemukan beberapa spesies kupu-kupu dan serangga langka dan dilindungi yang memang ditemukan dalam proses penelitan.

Beberapa jenis spesies ini memiliki nama dan keluarga sendiri. Misalnya jenis Nymphalidae eintritt, Papilionidae, serangga jenis Ornithoptera priamus. Trodies Helena. Salah satu jenis kupu-kupu yang terkenal di Taman ini adalah kupu-kupu jenis Barong,  merupakan jenis yang memiliki ukuran sangat besar, langka, serta hanya bisa ditemui di Bali.

Ketika datang ke taman kupu-kupu Bali Anda bisa menyentuh beberapa jenis kupu-kupu dan serangga atas ijin dari penjaganya tentu saja. Bahkan Anda bisa juga berfoto dengan bermacam kupu-kupu dan serangga yang ada di sana. Kesempatan ini tentu tidak bisa Anda temukan disetiap tempat. Pengalaman baru dan edukasi baru untuk Anda dan keluarga.

Tempat ini selain bisa digunakan untuk trip bersama keluarga, sebenarnya juga sangat cocok untuk dikunjungi mahasiswa-mahasiswa yang ingin belajar dan melakukan penelitian tentang kupu-kupu. Sebagai tempat wisata sekaligus tempat penangkaran, memang tempat ini banyak dijadikan sebagai lokasi penelitian.

Menurut hasil penelitan pada tahun 2010 ditemukan bahwa terdapat lima belas jenis kupu-kupu dalam proses penangkaran di Taman kupu-kupu.

picjumbo.com

Kelima belas jenis itu terdiri dari dua familli kupu-kupu yaitu Nymphalidae dan jenis Papilionadae. Kedua jenis famili ini memiliki dua jenis kupu-kupu yang dilindungi yaitu Trroides Helena dan Ornithoptera priamus. Berikut 15 jenis kupu-kupu yang ada di Taman Kupu-Kupu:

  • Famili Nymphalidae (Euploea core, Chetosia hypsea, Moduza procris, Doleschalia bisaltide, Vindula dejone, Euploea phaenareta)
  • Famili Papilionidae (Papilio Demolion, Ornithoptera priamus, Papilio helenus, Troides Helena, Papilio memnon, Graphium agamemnon, papilio peranthus, Pachliopta aristolochaiae, Papilio polytes) Setelah Anda berkeliling di Taman Kupu-kupu Anda juga bisa membeli souvenir khas seperti bingkai foto dari kupu-kupu, dari serangga kumbang, pembatas buku, penindih kertas, gantungan kunci, koleksi kupu-kupu yang diberi fiber bening yang cantik. Banyak pula tersedia lukisan kupu-kupu yang indah.

Bagaimana cara mengunjungi Taman Kupu-Kupu?

Anda bisa mengunjungi dengan mudah taman kupu-kupu ini di alamat: Jalan Baukaru Br. Sandan Lebah, Kelurahan Sesandan, Tabanan Bali. Taman kupu-kupu buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 dengan jam masuk terakhir jam 16.30.  Anda bisa memanfaatkan paket tour bali untuk dapat berkunjung ke lokasi ini agar lebih mudah dan efisien.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *