Sangat Mudah, Yuk Simak Cara Cek Bayar di Pajak Samsat Riau

Orang yag bijak tenu akan tepat waktu dalam hal pembayaran pajak. Tanggungan pajak ini diberikan bagi pemilik sepeda motor, mobil atau mungkin juga pajak bangunan yang dibayar setiap tahunya. Era teknologi yang semakin berkembang ini menunjukkan makin banyak pula cara untuk membayar pajak kendaraan. Anda bisa melakukan pembayaran pajak secara offline maupun online. Yuk simak beragam cara bayar pajak di samsat riau berikut.

 

Cara Mudah Cek Membayar Pajak

 

  1. Cek Info Lewat SMS

 

Anda bisa melakukan cek total pembayaran pajak motor anda melalui SMS. Cara ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja mengingat kemajuan teknologi yang semakin canggih. Ikuti format berupa ketik infoo (spasi) kode plat kendaraan/nomer polisi/ Kode seri (spasi) warna plat kendaraan. Sms in kemudian dikirikan ke nomor 08112119211 dan tunggu sms balasan berupa informasi pajak yang harus anda bayar.

  1. Cek Info Lewat Aplikasi

Sejauh ini ada beberapa provinsi telah menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel anda untuk melakukan cek pembayaran motor. Aplikasi ini bisa didownload melalui link aplikasi di daerah DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatera Barat. Setelah mendownload aplikasi ini anda bisa melakukan login sesuai dengan nomor polisi dan kode seri plat. Jika anda sudah tahu total pajak kendaraan yang wajib anda bayar, anda bisa langsung ke samsat untuk melunasi pembayaran.

  1. Melalui Website

Samsat Riau telah memberikan solusi yang mudah untuk melakukan cek bayar pajak kendaraan. Anda bisa langsung berkunjung ke website resmi Bapenda Riau dan melakukan pengecekan di website tersebut. Saat membuka website, anda akan diarahkan ke halaman resmi yang menampilkan kolom nomer polisi dan pengesahan tahunan. Website ini hanya tersedi di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau dan Sulawesi Tengah.

  1.  Mengunjungi Kantor Samsat

Cara mendapatkan info pembayaran pajak kendaraan anda cukup mudah dengan langsung mengunjungi kantor samsat terdekat. Cara ini memang sedikit kuno dan sudah jarang dipakai. Biasanya anda akan sekalian membayar pajak tanpa tahu jumlah total pajak yang harus dibayar. Untuk mendapatkan infomrasi pajak, anda harus mengambil nomor antrean dan menunggu giliran.

Setelah dipanggil anda akan diminta untuk menyerahkan kode plat, nomor polisi atau kode seri. Petugas samsat lalu akan memberikan informasi berapa total pajak kendaraan yang harus anda bayar. Jika sudah siap untuk membayar, anda bisa melanjutkan pembayaran pajak kendaraan anda. Hal yang perlu anda waspadai saat berkunjung ke kantor samsat, anda harus datang lebih pagi agar tidak mendapatkan antrian di akhir.

Dengan kecanggihan teknologi anda tidak perlu meribetkan untuk membayar pajak. Anda bisa melakukan pengecekan totoal biaya pajak pada website, aplikasi atau juga langsung menuju ke kantor samsat terdekat. Setelah anda mengetahui total pembyaran pajak, segera menuju ke kantor samsat untuk melakukan pembayaran. Anda juga bisa membayar melalui samsat corner, samsat keliling atau samsat drive thru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *