Perusahaan Manufaktur Adalah Badan Usaha Memiliki Sistem Lean Manufacturing

Perusahaan manufaktur merupakan badan usaha yang memanfaatkan tenaga kerja, mesin dan peralatan tertentu. Di dalam menjalankan perusahaan manufaktur, perusahaan ini menerapkan sistem lean manufacturing sehingga proses pengerjaan barang dapat berjalan lebih baik dan efektif. Di dalam menerapkan sistem lean manufacturing, perusahaan manufaktur meningkatkan nilai efisiensi, produktifitas pekerja dan operasional perusahaan yang lebih unggul. Tidak hanya itu, dalam menjalankan sistem kerjanya, perusahaan manufaktur juga melakukan perubahan di berbagai sisi. Menerapkan pull system, peningkatan kualitas dan perbaikan yang dilakukan secara terus menerus merupakan sistem lean manufacturing yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Di dunia ini, ada banyak perusahaan manufaktur yang berdiri. Di Indonesia sendiri, kita dapat melihat beberapa perusahaan manufaktur yang beroperasi dengan jenis industri yang dijalankan. Untuk mengetahui mengenai perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia, simak beberapa contohnya di bawah ini:

  1. Tekstil dan garmen menjadi contoh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Industri tekstil beroperasi dengan cara mengolah kapas yang nantinya diubah menjadi benang. Benang yang berubah menjadi kain dan kain yang nantinya diolah sehingga menghasilkan pakaian. Untuk menjalankan perusahaan tekstil dan garmen, perusahaan membutuhkan banyak tenaga kerja.
  2. Otomotif menjadi perusahaan manufaktur lainnya yang berdiri di Indonesia. Di dalam menjalankan perusahaannya, perusahaan otomotif membutuhkan teknologi yang tinggi. Perusahaan otomotif dalam menghasilkan barang berupa mobil dan sepeda motor.
  3. Contoh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia adalah perusahaan elektronik. Sama halnya dengan perusahaan otomotif, perusahaan elektronik memanfaatkan teknologi tinggi ketika beroperasi.

Perusahaan makanan dan minuman menambah contoh dari perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Perusahaan ini akan mengolah bahan mentah yang nantinya akan diubah menjadi makanan dan minuman. Ada banyak hasil yang dihasilkan oleh perusahaan makanan dan minuman. Makanan dan minuman kemasan menjadi beberapa hasil akhir dari perusahaan makanan dan minuman. Industri kerajian menjadi contoh terakhir dari perusahaan manufaktur. Industri kerajinan membuah hasil berupa kain tenun, kayu dan keramik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *