Pengertian Motor 2 Tak

Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang banyak digunakan di Indonesia. Kendaraan yang digerakan dengan tenaga mesin ini sangat populer di Indonesia karena harganya yang relatif terjangkau. Sifat sepeda motor yang hemat bahan bakar serta biaya operasional serta perawatannya yang mudah menjadi alasan lain mengapa sepeda motor menjadi sangat populer.

Kepopuleran sepeda motor bahkan semakin meningkat karena jenis kendaraan yang satu ini dapat digunakan dengan mudah dan memiliki bodi ramping. Bodi ramping sepeda motor membuat jenis kendaraan yang satu ini dapat bergerak dengan lincah untuk menembus kemacetan maupun jalanan yang padat.

Sepeda motor bergerak dengan memanfaatkan tenaga mesin. Mesin yang terpasang pada sepeda motor mendapatkan energi untuk menggerakkan sepeda motor dengan cara membakar bensin atau bahan bakar. Secara umum ada dua jenis mesin bakar yang digunakan pada sepeda motor yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak.

Pengertian motor 2 tak adalah sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak sebagai penggeraknya. Mesin 2 tak merupakan jenis mesin yang membutuhkan 2 langkah untuk menghasilkan energi atau tenaga untuk menggerakkan kendaraan termasuk sepeda motor. Kedua langkah tersebut adalah langkah hisap dan kompresi serta langkah kerja dan buang.

Kelebihan Motor 2 Tak

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Output tenaga lebih besar

Mesin 2 tak memiliki mekanisme kerja yang berbeda dengan mesin 4 tak. Tentunya, motor yang dibekali dengan mesin 2 tak akan memiliki perbedaan dengan motor yang dibekali mesin 4 tak. Seperti namanya, mesin 2 tak membutuhkan 2 langkah atau dua gerakan piston serta satu putaran crankshaft atau poros engkol untuk dapat menghasilkan tenaga.

Sebaliknya, mesin 4 tak membutuhkan 4 langkah atau 4 gerakan piston serta dua putaran poros engkol untuk dapat menghasilkan tenaga yang akan menggerakkan sepeda motor. Karena itulah dapat disimpulkan bahwa sepeda motor yang dibekali dengan mesin 2 tak memiliki output tenaga yang lebih besar.

Mesin 2 tak yang hanya membutuhkan dua siklus atau dua gerakan piston juga membuat tarikan motor yang dibekali mesin tipe ini jauh lebih responsif dibanding motor yang menggunakan mesin 4 tak. Dengan kata lain, jumlah siklus yang lebih sedikit untuk menghasilkan tenaga pada mesin 2 tak membuat akselerasi mesin 2 tak lebih cepat dibanding mesin 4 tak.

  1. Konstruksi mesin yang lebih sederhana

Performa mesin 2 tak tidak hanya soal mampu menghasilkan tenaga lebih cepat, tetapi juga konstruksi atau desain mesinnya yang lebih sederhana. Jika dibandingkan dengan mesin 4 tak, mesin 2 tak memiliki desain yang agak minimalis dan umumnya tidak menggunakan katup sehingga bobot mesin tipe ini pun menjadi lebih ringan daripada mesin tipe 4 tak.

Desain yang sederhana pada tipe mesin 2 tak pun tak hanya berdampak pada bobotnya yang lebih rendah, tetapi juga membuat tipe mesin 2 tak jauh lebih mudah dalam hal perawatannya. Perawatan mesin 2 tak terbilang mudah karena tak perlu menyetel klep maupun mengganti filter oli.

Kekurangan Motor 2 Tak

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Selain memiliki beberapa kelebihan yang telah diuraikan di atas, sepeda motor yang dibekali mesin 2 tak juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

  1. Boros bahan bakar

Kekurangan motor bermesin 2 tak salah satunya adalah boros bahan bakar. Mekanisme kerja mesin 2 tak yang hanya membutuhkan 2 langkah piston untuk menghasilkan tenaga memang membuatnya lebih responsif. Namun, kelebihan tersebut juga disertai dengan kekurangan yaitu boros bahan bakar karena proses masuk bahan bakar ke ruang silinder menjadi lebih cepat.

  1. Lebih cepat panas

Selain boros dalam hal pemakaian bahan bakar, posisi lubang buang pada mesin 2 tak yang terletak di silinder atau di boring membuat tipe mesin yang satu ini lebih cepat mengalami kenaikan suhu. Dengan kata lain, mesin 2 tak lebih cepat panas saat digunakan.

  1. Menghasilkan asap pekat

Mesin 2 tak menghasilkan gas buang berupa asap yang berwarna pekat. Asap pekat tersebut merupakan produk akhir dari pembakaran oli samping yang digunakan motor 2 tak untuk melumasi silinder mesin. Karena itulah motor 2 tak lebih berpotensi untuk menimbulkan polusi udara dibanding motor 4 tak.

Pengertian motor 2 tak, kelebihan dan kekurangannya bisa didapatkan dari lembaga pendidikan. Apabila Anda ingin belajar tentang ilmu-ilmu mekanik tapi tidak punya banyak waktu untuk belajar di lembaga pendidikan formal, Anda bisa mencoba untuk belajar ilmu mekanik di lembaga kursus mekanik seperti HMMC.

Hendriansyah Mechanical  Motor Course atau yang biasa dikenal sebagai HMMC merupakan lembaga kursus yang menerima peserta didik meskipun belum memiliki pengetahuan tentang dunia mekanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *