Pelajari Unsur Beserta Manfaat Logam Alkali Tanah Berikut

Alkali tanah merupakan unsur-unsur golongan II A yang umumnya memiliki sifat reaktif yang cukup tinggi. Penggunaan label tanah pada logam alkali ini bukan tanpa alasan mengingat seluruh unsur-unsurnya dapat dijumpai di tanah baik dalam bentuk batuan ataupun kerak bumi. Langsung saja, berikut ini beberapa unsur logam alkali tanah beserta manfaatnya, yaitu:

Unsur Berilium (Be)

Berilium memiliki kegunaan untuk mengontrol reaksi fisi pada nuklir. Selain itu, unsur ini juga banyak digunakan pada alat listrik dan juga dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kaca sinar X.

Unsur Magnesium (Mg)

Seperti yang diketahui, unsur ini terbagi menjadi beberapa jenis yang mana masing-masing memiliki kegunaan seperti campuran obat maag, campuran obat pencahar ringan dan lain sebagainya.

Unsur Kalsium (Ca)

Manfaat dari unsur ini yaitu sebagai sumber utama dalam pembentukan tulang, gigi, jantung, saraf dan juga otak. Selain itu untuk Kalsium Oksida digunakan dalam proses pemisahan antara etanol dengan air.

Unsur Stronsium (Sr)

Untuk unsur yang ke empat ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti Stronsium Klorida, Stronsium Nitrat, dan Stronsium Realate. Masing-masing jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Itulah beberapa unsur dalam logam alkali tanah beserta manfaatnya untuk kehidupan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *