Cabang Pelajaran IPS di Indonesia

Pelajaran IPS menjadi salah satu mata pelajaran di berbagai jenjang pendidikan Indonesia yang tidak bisa ditinggalkan. Meskipun ada penjurusan di jenjang SMA, ternyata mata pelajaran IPS juga diajarkan karena luasnya cakupan ilmu yang ada.

Pengertian Ilmu Sosial

Ilmu sosial merupakan salah satu disiplin ilmu yang menekankan untuk mempelajari manusia dan aspek lingkungan sosialnya. Cakupan dari ilmu ini cukup luas karena lebih menekankan pada metode ilmiah pada perilaku dan interaksi manusia. Luasnya cakupan dari ilmu sosial inilah yang menjadikan ilmu ini banyak memberi topik yang mendalam pada setiap kajiannya.

Cabang Ilmu Sosial

Hampir sama dengan cabang ilmu alam, cabang ilmu sosial yang bisa dipelajari juga cukup banyak. Bahkan di setiap cabangnya sudah terdapat jurusan khusus yang mempelajarinya ketika masuk jenjang perguruan tinggi. Beragam jurusan pelajaran IPS ini juga akan memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi calon ASN yang bisa Anda peroleh dari seleksi CPNS. Untuk mencari ragam soal CPNS, Anda bisa membuka contoh soal di situs Nyampling.

1.      Ekonomi

Cabang ilmu sosial yang mempelajari produksi untuk kesejahteraan masyarakat. Ilmu ini biasanya sudah diberikan sejak jenjang SD hingga kemudian bisa dipelajari lebih mendalam saat masuk jenjang perkuliahan. Bahkan ilmu ekonomi menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia dan banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ekonomi di kampusnya.

stocksnap.io

2.      Geografi

Geografi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari keruangan dan lokasi manusia di permukaan bumi. Ilmu ini juga sudah dipelajari sejak jenjang SD dan banyak dikembangkan untuk perkembangan teknologi, seperti penggunaan GPS, peramalan cuaca, hingga untuk upaya pelestarian fauna dan flora yang ada di dunia.

3.      Sejarah

Sejarah merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari kehidupan manusia di masa lampau. Dengan mempelajari sejarah, Anda menjadi lebih tahu peristiwa yang terjadi di masa lalu, sehingga dapat dijadikan pembelajaran di masa depan.

4.      Antropologi

Antropoloi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari kebudayaan manusia. Pada cabang ilmu ini Anda akan mempelajari perkembangan seni dan budaya yang ada, termasuk perkembangan ilmu dan teknologi dalam dinamika budaya. Pada ilmu antropologi akan dipelajari metode penelitian, misalnya etnografi dan fenomenologi.

5.      Sosiologi

Sosiologi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat dan interaksi sosialnya. Cabang ilmu sosiologi sangat berkaitan erat dengan ilmu antropologi dan bahkan di perguruan tinggi kedua ilmu ini menjadi satu jurusan. Pada ilmu ini Anda akan mempelajari interaksi sosial, konflik sosial, hingga mobilitas sosial pada masyarakat.

stocksnap.io

6.      Akuntansi

Menjadi salah satu bagian dari ilmu ekonomi, akuntansi juga menjadi salah satu ilmu yang paling favorit di perguruan tinggi. Ilmu akuntansi sendiri mempelajari perencanaan, penghitungan, hingga auditing keuangan. Meskipun terlihat rumit, penggunaan rumus excel dapat membantu membuat laporan keuangan dengan penghitungan yang benar dan tepat.

7.      Kriminologi

Kriminologi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari tindak kejahatan di masyarakat. Meskipun ilmu ini jarang diketahui di masyarakat, ternyata di Indonesia ada universitas yang membuka jurusan kriminologi  yang sangat berbeda dengan jurusan hukum.

8.      Arkeologi

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan warisan budaya dari zaman pra sejarah. Adanya jurusan arkeologi yang mempelajari kebudayaan purbakala dan beragam benda yang ditinggalkan dapat menjadi pembelajaran untuk anak cucu. Di Indonesia sendiri terdapat jurusan arkeologi yang bisa ditemukan di beberapa perguruan tinggi negeri. Biasanya lulusan arkeologi banyak terserap di lembaga kebudayaan, seperti museum, sektor wisata, dan pusat sejarah.

stocksnap.io

9.      Psikologi

Psikologi merupakan ilmu sosial yang mempelajari tingkah laku dan mental manusia. Ilmu ini cukup populer di Indonesia karena banyaknya universitas yang membuka jurusan psikologi dan penyerapan tenaga kerja lulusan psikologi yang banyak diserap di berbagai lini bidang kehidupan. Selain itu, ilmu ini juga menjadi disiplin ilmu kedokteran dan kesehatan yang dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan mental sseorang.

Dengan mempelajari pelajaran IPS akan menambah banyak pengetahuan Anda di berbagai bidang sosial. Kebutuhan lulusan dari ilmu sosial juga banyak membuat masyarakat Indonesia berebut masuk ke jurusan sosial saat masuk perguruan tinggi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *