Negara-Negara Ini Memiliki Penduduk yang Bisa Berbahasa Jawa

Bahasa Jawa merupakan bahasa yang lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh penduduk yang ada di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meksipun merupakan bahasa asli dari salah satu suku di Indonesia, namun ternyata terdapat beberapa negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa Jawa. Bahkan mereka cukup fasih untuk mengucapkannya. Nah di bawah ini kami akan membahas beberapa negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa Jawa!

 

  • Belanda

Negara pertama yang penduduknya dapat berbicara bahasa Jawa adalah Belanda. Hal tersebut memang tidak mengherankan jika mengingat bahwa Nusantara pernah lama dijajah oleh Belanda. Beberapa masyarakat intelek yang ada di negeri kincir angin tersebut sangat menghargai budaya sehingga melestarikan bahasa tersebut.

 

  • Singapura

Negara berikutnya adalah Singapura. Negara dengan wilayah yang sempit namun masuk kategori negara maju ini memiliki penduduk yang bisa berbahasa Jawa. Kondisi tersebut karena adanya pengiriman tenaga kerja yang cukup besar dari Jawa ke Singapura. Bahkan ada daerah yang berada di Sungai Rochor yang dinamai dengan Kampong Jawa.

 

  • Malaysia

Masih di wilayah Asia Tenggara, Malaysia masuk kategori negara yang memiliki penduduk bisa berbahasa Indonesia. Hal ini terjadi semenjak pada tahuan 1900an terjadi migrasi yang cukup besar dari pulau Jawa ke Malaysia.

 

  • Suriname

Suriname merupakan negara selanjutnya yang masuk ke dalam daftar negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa Jawa. Suriname merupakan negara yang berada di benua Amerika. Mereka bisa berbahasa Jawa sebab dulunya bekas jajahan Belanda. Bahkan bahasa ini masuk ke dalam list bahasa nasional. Ya dulunya ada banyak komunitas bahasa Jawa di Belanda dan akhirnya komunitas-komunitas ini tersebar di Suriname. Jangan aneh ketika Anda liburan di Suriname, ternyata ada yang menyapa Anda dengan bahasa Jawa.

 

  • Filipina

Negara lain yang sebagian penduduknya fasih berbahasa Jawa yaitu Filipina. Tak hanya karena banyaknya pendatang yang berasal dari Indonesia, namun bahasa resmi Filipina yaitu Tagalog juga mirip dengan bahasa Jawa sehingga kedua bahasa tersebut dianggap bersumber dari bahasa yang sama.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *