Sudah Tau Nama Nama Lain Alquran ? Simak Disini

Siapa sangka bila Allah SWT, memberikan sebutan bagi Al Qur’an dengan berbagai nama. Tak sembarangan mengambil nama, dimana nama nama lain Al Qur’an tersebut berasal sekaligus merujuk dari ayat ayat di Al Qur’an sendiri. Penting untuk mengetahui nama lain Al Qur’an, sebab perbedaan penyebutan nama berpengaruh pada kandungan makna. Apa saja Nama Nama Lain Alquran? Berikut ulasannya.

Beberapa Daftar Nama Lain Dari Al Qur’an

  1. Al Furqan

Di dalam Al Qur’an tertuliskan bila Allah SWT, menyebut Al Qur’an sebagai Al Furqon yang memiliki arti sebagai pembeda. Maksudnya, Al Qur’an merupakan pembeda kehidupan para umat Islam dari beberapa hal yang baik, dan mana yang buruk untuk diterapkan di dalam kehidupan hambanya. Terutama bagi mereka yang telah membaca serta mengamalkan Al Qur’an, sudah sewajarnya bila bisa membedakan mana yang Al Haq dan mana yang batil.

Seorang hamba yang telah belajar bersungguh sungguh, rutin membaca firman Nya, serta memahami isi yang terkandung di dalam Al Qur’an, seharusnya sudah bisa membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana perbuatan yang salah. Ketika seseorang mempelajari Al Furqon, Allah akan menganugrahinya dengan penglihatan hati yang mampu menapaki di jalan yang benar.

pixabay.com
  1. Adz Dzikir

Allah SWT juga kerap menyebutkan Al Qur’an dengan Adz Zikra sebagai nama nama lain Alquran, dimana memiliki sifat selalu memberikan peringatan kepada para umatnya dari sifat lupa. Sebab manusia merupakan salah satu ciptaan Nya, yang memiliki sifat pelupa. Sifat tersebut seringkali muncul, dan tak jarang pula membuat manusia melupakan adanya hubunganantar dirinya dengan sang pencipta.

Tak hanya hubungan antar dirinya dengan TuhanNya semata, bahkan manusia juga kerap melupakan hubungannya dengan antar sesamanya. Dengan mudahnya, manusia akan melupakan berbagai tuntutan yang seharusnya menjadi tugas untuknya. Dengan sifatnya yang pelupa, maka Allah memerintahkan orang orang beriman untuk menjadikan Al Qur’an sebagai pendamping hidupnya

Selain untuk dibaca secara rutin, kandungan yang terdapat di dalamnya hendaknya diamalkan sebagai bentuk ibadah. Sebab di dalam Al Qur’an sendiri, senantiasa memberikan peringatan kepada hambanya untuk tidak lupa bertanggung jawab atas apa yang sedang diembannya. Allah juga menjelaskan bila Al Qur’an sebagai Adz Dzikr, ada di surat Al Hijr ayat 9 yang artinya sesungguhnya Kamilah yang telah menurunkan Adz Zikra, dan Kamilah pula yang memeliharanya.

  1. Asy Syifa’

Nama nama lain Alquran adalah as syifa’, yang memiliki arti sebagai penawar atau penyembuh. Bahkan para ulama memberikan pendapatnya, bila Al Qur’an dipercaya mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Mulai dari penyakit fisik biasa maupun penyakit rohani, dapat sembuh ketika individu tersebut rutin membaca firman Nya. Insyaallah, segala penyakit tersebut dapat sembuh secara perlahan meski tanpa obat.

Nabi Muhammad SAW yang telah menerima wahyu dari Allah, memang sengaja menurunkan Al Qur’an kepada para hambanya sebagai penawar sekaligus penyembuh berbagai penyakit. Ada kalanya jenis penyakit yang menyerang manusia seperti syirik, sombong, ragu, dan berbagai penyakit hati lainnya. Segala jenis penyakit hati yang ada di dalam manusia, dapat disembuhkan dengan adanya Al Qur’an.

Ketika Al Qur’an benar benar diamalkan, dijanjikan sebuah kedamaian serta ketenangan hati para hambanya. Sesuai dengan nama nama lain Alquran, kitab suci ini dapat berikan pencerahan kepada hambanya yang beriman. Terbukanya hati pada Al Qur’an, sebenarnya individu tersebut telah berusaha mengobati dirinya sendiri. Berbagai penyakit hati akan sirna, dan digantikan dengan kebahagiaan serta ketenangan ketika berada di jalan Allah SWT.

pixabay.com
  1. Al Mau’idhah

Tak jarang pula, Al Qur’an disebut sebagai Al Mau’izhah yang memiliki arti pengajaran atau nasehat. Sebab Allah SWT menurunkan Al Qur’an, untuk memenuhi keperluan serta kegunaan bagi seluruh hambanya. Agar para hambanya tetap di jalan yang benar, mereka membutuhkan pelajaran beserta peringatan yang sebagaimana telah terkandung di dalam Al Qur’an. Bayangkan bagaimana manusia hidup tanpa pedoman, yang membuatnya hidup tanpa arah.

Tanpa kehadiran peringatan dan ajaran Al Qur’an, sudah dapat dipastikan bila manusia akan selalu lalai serta tidak menghiraukan segala kewajiban. Sebab, mereka akan dipenuhi dengan nafsu dan hasutan yang terdorong akibat tergoda bisikan setan. Oleh karenanya, kehadiran Al Qur’an di kehidupan manusia begitu sangat penting layaknya sebuah pondasi kehidupan. Berdasarkan kegunaannya, Allah berikan nama nama lain Alquran yang salah satunya adalah  Al Mau’idhah.

Tahukah anda bila nasihat serta peringatan begitu penting diberikan kepada umat Nya ? Sebab manusia akan lebih sering dihadapkan dengan segala macam permasalahan ketika berada di dunia. Sebagai solusinya, mereka bisa mengambil bahan ajar dari Al Qur’an sebagai referensi dalam menyelesaikan permasalahannya. Contoh permasalahan yang sering muncul adalah masalah orang tua dan anak, tetangga, hingga musuh sekalipun.

Ternyata pengajaran yang terkandung dalam Al Qur’an, dapat diaplikasikan kepada seluruh masyarakat dunia. Bahkan di dalam Al Qur’an sendiri telah dijelaskan akan berbagai pelajaran berharga seperti terciptanya alam semesta, pergerakan berbagai planet di langit, hingga asal terciptanya manusia di bumi. Semua pelajaran tersebut, menjadi bukti adanya kekuasaan Allah Yang Maha Esa.

pxhere.com
  1. Al Huda

Penting untuk diketahui bila, Al Qur’an bisa menjadi sebuah petunjuk sekaligus pedoman untuk melangsungkan hidupnya ketika ingin melakukan segala sesuatu. Dimana Al Qur’an, berisikan berbagai petunjuk yang diberikan langsung oleh Allah melalui firman Nya Sesuai dengan nama lainnya, Al Qur’an disebut Al Huda karena memiliki kriteria serta ciri ciri sebagai petunjuk bagi siapapun yang membacanya.

Beberapa ayat yang menjelaskan bila Al Qur’an layaknya sebuah petunjuk bagi manusia, tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 185. Al Qur’an sebagai petunjuk juga dijelaskan di surat Fushilat (41) ayat 44, yang menjelaskan mengenai Al Huda. Potongan ayat tersebut, bisa menjadi bukti nyata bila Al Qur’an bisa menjadi sebuah pedoman utama untuk menjalani kehidupan di dunia. Dengan mengetahui nama nama lain Alquran, manusia tak lagi bingung mencari petunjuk.

Sebagai umat muslim, wajib hukumnya untuk mempelajari serta menghafalkan isi dalam Al Qur’an. Menghafal sejak dini, para orang tua yang ingin putrinya menghafal Al Qur’an bisa mendaftarkannya di pesantren tahfidz quran putri. Dari sekian banyak pesantren yang ada, Ummu Habibah bisa menjadi alternatif terbaik. Disini putri kesayangan akan diajarkan dengan berbagai ilmu agama, untuk mencetak generasi muda yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *