Menghitung Modal Usaha Cafe Sederhana dengan Omset Jutaan Perharinya

Siapa bilang modal usaha cafe itu besar. Banyak juga yang mulai merintis usaha cafe dengan modal pas-pasan namun berhasil mengantongi jutaan rupiah setiap harinya. Artinya modal bukan menjadi penghalang untuk sukses.

Bisnis cafe bisa menjadi pilihan cerdas untuk saat ini. Pasalnya minat masyarakat untuk datang ke cafe semakin besar. Apalagi cafe bisa dikatakan sebagai salah satu tempat terbaik untuk melepas penat setelah seharian disibukkan dengan rutinitas pekerjaan.

Dan di cafe inilah waktunya untuk santai sejenak sambil melepas beban pekerjaan yang sudah menunggu Anda di hari berikutnya. Makanya wajar jika banyak yang kemudian memilih cafe sebagai tempat untuk bersantai ria.

Sebagai orang yang berpikiran visioner, pastinya Anda harus mulai berpikir untuk tidak mengekor lagi ke pihak lain. Alangkah lebih baiknya jika Anda mulai memiliki pikiran untuk membuka usaha sendiri.

Dan untuk saat ini membuka bisnis cafe bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan terbaik. Terlebih lagi jika melihat peluang dan keuntungannya. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana dengan modalnya? Berapa besar modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis cafe?

Menghitung Modal Bisnis Cafe

pexels.com

Membuat cafe itu mudah. Hal paling penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana dengan konsep cafe yang ingin Anda buat. Artinya bukan berarti cafe sederhana secara omset kalah dengan cafe mewah atau besar.

Jika konsep cafe yang Anda buat menarik, bukan tidak mungkin omset cafe sederhana milik Anda ini bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah per harinya. Bahkan bisa jadi, cafe sederhana Anda ini akan terus berkembang sehingga menjadi salah satu cafe terbaik di lokasi tersebut.

Lalu kira-kira berapa modal usaha cafe yang dibutuhkan? Sebenarnya hanya dengan uang RP 20 juta, Anda sudah bisa mendirikan cafe sederhana. Berikut ini estimasi dana yang dibutuhkan:

  1. Sewa tempat setahun dianggarkan dana sebesar Rp 8 juta
  2. Peralatan masak dianggarkan dana sebesar Rp 2.5 juta
  3. Peralatan makan dan minum dianggarkan dana sebesar Rp 1.5 juta
  4. Perlengkapan ruangan mulai meja, kursi, hingga aksesoris ruangan dianggarkan dana sebesar Rp 1 juta
  5. Bahan baku awal dianggarkan dana sebesar Rp 3 juta
  6. Biaya operasional dan kebutuhan mendadak lain dianggarkan dana sebesar Rp 4 juta

Yang penting untuk diperhatikan adalah estimasi dana di atas tersebut belum final. Artinya modal yang dibutuhkan untuk mendirikan cafe sederhana masih memungkinkan untuk diminimalisir lagi.

Misalnya saja dana untuk sewa tempat. Dana di atas tadi sangat mungkin untuk diminimalisir dengan catatan Anda memiliki tempat sendiri tanpa harus menyewa. Atau kebetulan Anda menemukan tempat yang gratis.

Kemudian hal penting lain yang perlu diperhatikan lagi adalah berkaitan dengan belanja bahan baku. Untuk langkah awal, sangat dianjurkan untuk belanja bahan baku secukupnya.

Dalam hal ini belanja bahan baku bisa disesuaikan dengan seberapa banyak pengunjung sambil memantau perkembangannya. Artinya jika jumlah pelanggan semakin banyak, tentunya Anda harus memperbesar modal untuk membeli bahan baku.

Menu Kreatif Cafe Sederhana

pexels.com

Jika Anda perhatikan, saat ini ada cukup banyak menu jalanan yang justru menjadi menu andalan di sebuah cafe. Fenomena seperti ini jangan sampai Anda tidak perhatikan. Artinya sebisa mungkin harus bisa dimanfaatkan.

Misalnya saja seperti cireng. Salah satu olahan khas Sunda ini kini mulai menjadi menu utama di beberapa cafe. Dan mengejutkannya, banyak yang justru tertarik untuk mencicipinya. Namun pastinya secara penyajian dibuat berbeda dengan yang biasa Anda temui di pinggir-pinggir jalan.

Selain cireng, beberapa menu jajanan jalanan yang sekarang sering menjadi menu utama di beberapa cefe yang ada di kota-kota besar adalah seblak, leker, roti bakar, martabak, tahu isi, dan pisang goreng.

Manajemen Pengelolaan Cafe

Meskipun konsep cafe yang Anda buat sederhana, tapi dalam hal manajemen pengelolaan jangan sampai Anda menganut paradigma manajemen pengelolaan asal jalan. Ini sangat berbahaya. Pasalnya bisa memiliki dampak yang cukup besar terhadap perkembangan cafe.

Meskipun cafe sederhana, pastinya ada cita-cita untuk membesarkannya. Artinya dalam manajemen pengelolaan cafe harus dibarengi dengan profesionalitas. Dan untuk memudahkan itu semua Anda bisa meminta bantuan ke software kasir.

Kini setidaknya Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang usaha cafe yang akan Anda rintis. Dan hal paling penting yang harus selalu Anda ingat adalah semua usaha besar berawal dari yang kecil dulu. Artinya jangan patah semangat jika saat ini modal usaha cafe yang Anda miliki masih pas-pasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *