Mobil Pribadi vs Gocar, Mana yang Lebih Ekonomis?

Saat ini, sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Sebagian orang memilih taksi online seperti GoCar, tetapi sebagian lainnya lebih suka mobil pribadi. Mana yang lebih irit? Untuk mengetahuinya, mari kita coba membandingkan biaya yang dikeluarkan untuk mobil pribadi vs GoCar sebagai berikut.

Biaya untuk Menggunakan Mobil Pribadi

Untuk menghitung biaya yang harus dikeluarkan jika Anda memilih untuk menggunakan mobil pribadi, ada beberapa komponen biaya yang perlu diperhitungkan, terdiri dari biaya pembelian mobil, bensin, perawatan kendaraan, dan parkir.

1. Biaya Pembelian Mobil

Di Indonesia, harga mobil termurah rata-rata adalah sekitar Rp100 juta untuk mobil baru. Biaya ini bisa lebih Anda tekan dengan membeli mobil bekas yang harganya sekitar Rp60 juta. Untuk mobil yang lebih canggih lagi, Anda tentu harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi.

2. Biaya Bensin

Untuk membandingkan biaya bensin, gunakan jarak yang sama, yaitu dari Bekasi ke Jakarta. Jika melakukan perjalanan pulang pergi sebanyak 5 kali seminggu, Anda harus mengeluarkan biaya bensin sekitar Rp 700 ribu dengan asumsi pengisian dilakukan dua kali dengan Pertamax seharga Rp10.200 per liter. Dalam setahun, biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp33.600.000.

3. Biaya Perawatan

Jika menggunakan mobil pribadi, Anda juga harus mengeluarkan biaya perawatan kendaraan secara rutin. Jika diasumsikan biaya servis rutin 3 bulanan adalah sebesar Rp500.000, Anda harus menyiapkan Rp2 juta rupiah per tahun untuk biaya perawatan kendaraan.

Selain biaya servis di bengkel yang dilakukan secara rutin, Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli alat-alat perawatan mobil, aksesoris, dan spare part jika dibutuhkan.

4. Biaya Parkir

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus memarkir mobil dan mengeluarkan biaya untuk itu. Besarnya biaya parkir yang harus dikeluarkan dalam satu tahun sangat bervariasi, tergantung kebutuhan dan tujuan Anda bepergian.

Biaya untuk Menggunakan Layanan GoCar

Layanan GoCar bisa digunakan untuk jarak tempuh maksimum 100 km dengan jumlah penumpang maksimal 4 orang dalam satu mobil. Untuk menikmati layanan ini, Anda bisa membayarnya secara tunai maupun menggunakan uang elektronik GoPay yang biayanya Rp1.000 hingga Rp2.000 lebih murah dibandingkan dengan uang tunai.

Untuk membandingkan biaya perjalanan, kita gunakan perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang sama, yaitu dari Bekasi ke Jakarta. Dengan menggunakan layanan GoCar, biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp110.000 untuk satu kali perjalanan.

Dengan asumsi perjalanan dilakukan pulang pergi selama 5 hari dalam seminggu untuk pergi ke kantor, biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp1,1 juta per minggu. Dalam satu tahun, biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp52,8 juta.

Perlu diingat bahwa biaya perjalanan yang Anda keluarkan sudah termasuk biaya asuransi yang akan diberikan GoCar jika penumpang mengalami kecelakaan atau kehilangan barang. Anda bisa memanfaatkan situs semacam ridelancer untuk mengetahui keuntungan lain menggunakan layanan taksi online.

Mana yang Lebih Ekonomis?

Untuk mengetahui mana alternatif yang lebih ekonomis, menggunakan taksi online GoCar atau mobil pribadi, mari kita bandingkan angka-angka yang telah dihitung sebelumnya dan pertimbangan biaya lain yang harus dikeluarkan.

Jika dihitung dalam jangka waktu satu tahun, untuk menempuh jarak yang sama dari Bekasi ke Jakarta, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp50 juta jika menggunakan layanan GoCar dan Rp34 juta jika menggunakan mobil pribadi. Dari angka tersebut terlihat bahwa menggunakan mobil pribadi adalah pilihan yang lebih baik karena lebih irit.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lain untuk membandingkan keduanya, di antaranya:

  • Jika menggunakan mobil pribadi, Anda harus mengeluarkan biaya pembelian mobil, perawatan dan pembelian aksesoris atau suku cadang, parkir, pajak kendaraan, dan lainnya. Biaya-biaya ini tidak perlu Anda keluarkan jika menggunakan layanan GoCar.
  • Harga jual mobil dari tahun ke tahun relatif turun sehingga ini pun harus dipertimbangkan.
  • Anda juga harus menyiapkan garasi dan mempertimbangkan makin sulitnya lahan parkir di kota besar jika menggunakan mobil pribadi.
  • Jika menggunakan layanan GoCar, Anda tidak bebas bepergian ke mana saja karena tentu biaya yang harus dikeluarkan lebih besar lagi.
  • Anda harus menunggu sampai driver GoCar datang jika akan bepergian, hal ini tentu berisiko jika sedang dalam keadaan darurat.
  • Baik menggunakan mobil pribadi maupun GoCar, biaya transportasi sebaiknya tidak lebih dari 10% dari penghasilan Anda.
  • Jarak rumah ke kantor dan jenis pekerjaan.

Jadi, mana yang lebih ekonomis dengan membandingkan penggunaan mobil pribadi vs GoCar? Jawabannya kembali kepada diri Anda masing-masing karena hasilnya tidak selalu sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *