Intip Berbagai Keistimewaan Mihrab Masjid dari Tembaga

Seperti yang diketahui, salah satu ciri khas yang terdapat dalam arsitektur masjid adalah mihrab. Sebagian besar orang khususnya umat Islam tentu sudah tidak asing dengan istilah mihrab, bukan? Mihrab sendiri merupakan sebuah ceruk menjorok ke dalam yang mana digunakan untuk tempat imam memimpin solat. Namun selain itu kegunaan mihrab juga dijadikan sebagai penanda arah mana kiblat yang benar.

Di Indonesia sendiri, umumnya mihrab dibangun sedikit cukup luas. Biasanya di samping kirinya akan diletakkan mimbar yang dipakai untuk tempat melaksanakan khotbah. Sekarang ini ada banyak sekali jenis mihrab dengan desain unik dan menakjubkan. Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari referensi mihrab untuk masjid yang akan Anda bangun, pastikan menyimak ulasan berikut.

Mengenal Lebih Dekat tentang Mihrab Masjid

pixabay.com

Pengertian Mihrab

Tahukah Anda secara bahasa mihrab diartikan sebagai gedung tinggi atau pagar. Namun menurut sebagian besar ulama mengatakan bahwa mihrab sebagai tempat untuk memerangi hawa nafsu dan juga setan. Hal tersebut berlandaskan dari kata mihrab yang berasal dari kata al-harv yang berarti perang.

Perlu Anda ketahui bahwa mihrab sendiri sebenarnya sudah ada sejak sebelum Islam datang. Dulunya mihrab sering digunakan oleh para nabi sebelum Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam diutus oleh Allah Subhanahu wata’ala. Hal tersebut dapat dilihat dalam ayat 39 surat Ali Imron. Pada surat tersebut bertuliskan kata mihrab yang mana berfungsi sebagai tempat solat Nabi Zakaria ‘Alaihissalam.

Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa mihrab merupakan tradisi kaum Nasrani yang dilarang oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam. Namun, ternyata hal tersebut kurang memiliki dasar yang kuat mengingat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam merupakan utusan atau penerus risalah Nabi sebelumnya.

Contoh Mihrab Masjid Zaman Dulu

Salah satu bukti bahwa masjid zaman dahulu sudah memiliki mihrab yaitu Masjid Nabawi. Seperti yang diketahui Masjid Nabawi memiliki mihrab yang mana masing-masing ahli memiliki perbedaan pendapat apakah mihrab tersebut sudah ada zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam atau sesudahnya.

Jika Anda pernah ke Madinah dapat melihat bahwa Masjid Nabawi saat ini memiliki enam mihrab. Untuk mihrab Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam terletak di bagian raudah. Selanjutnya yakni mihrab Utsmani, mihrab Sulaiman, Mihrab Fatimah, dan juga Mihrab Tarawih. Masing-masing Mihrab yang terdapat pada Masjid Nabawi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sekarang ini mihrab memang menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari bangunan masjid meskipun bentuknya tidak selalu lengkung. Bahkan untuk bangunan tempat solat yang berbentuk kecil seperti musholla pun juga sudah memiliki mihrab.

Berbagai Keistimewaan Mihrab Masjid dari Tembaga  

pixabay.com

Mudah untuk Didapatkan

Bingung mencari model atau desain mihrab yang bagus dan mudah untuk didapatkan, mihrab masjid dari tembaga bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Seperti yang diketahui bahwa mihrab yang terbuat dari tembaga dan kuningan memiliki banyak sekali keistimewaan. Salah satu keistimewaannya yaitu untuk dicari dan didapatkan. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena ada banyak sekali pengrajin kerajinan tembaga yang terdapat di Indonesia. Meskipun begitu, saat memilih pengrajin mihrab pastikan untuk melihat kualitas dari kerajinannya. Pastikan bahwa hasilnya bagus dan bisa sesuai dengan keinginan Anda.

Desainnya yang Beragam

Keistimewaan lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika memilih mihrab masjid dari tembaga yaitu memiliki desain yang beragam. Dengan banyaknya pilihan desain tersebut, tentu Anda tidak perlu kebingungan memilih model yang pas untuk bangunan masjid Anda. Namun, perlu diingat sebaiknya untuk memilih desain ornamen mihrab masjid dari tembaga yang sesuai dengan bujet yang Anda miliki.

Selain itu, pastikan juga bahwa bahan yang digunakan benar-benar berkualitas sehingga hasilnya bisa sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

Harga yang Terjangkau

Satu lagi keistimewaan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih ornamen mihrab masjid dari tembaga yaitu harganya yang terbilang murah dan terjangkau. Namun, perlu diingat masing-masing pengrajin umumnya menawarkan harga yang berbeda-beda. Semakin bagus kualitas bahan yang digunakan maka harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal.

Jadi, mahal atau tidak sebaiknya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Jika Anda memang menginginkan desain yang bagus dan juga mewah maka perlu menyiapkan bujet yang lumayan besar.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat tentang mihrab masjid dari tembaga beserta sejarah singkatnya. Bagi yang sekarang ini tengah mencari kerajinan tembaga untuk mihrab yang bagus pastikan untuk memilih pengrajin yang berkualitas dan sudah berpengalaman dalam bidangnya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *