Mie Ayam, Sajian Mie yang Lezat

Mie ayam atau bakmi ayam merupakan salah satu jenis masakan Indonesia yang sangat terkenal. Masakan yang satu ini terbuat dari mie kuning yang direbus dengan air mendidih kemudian diberi bumbu saus kecap khusus dan ditambahkan oleh daging ayam dan sayuran. Makan mie ayam tentu saja akan terasa kurang tanpa adanya bahan pelengkap lainnya. Mulai dari olahan tumis ayam yang lezat hingga bakso yang menjadi topping berhasil membuat banyak orang jatuh cinta dengan cita rasa mie ayam.

Mie ayam merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Sajian yang satu ini pertama kali dibawa ke Indonesia sejak imigran China datang. Harganya yang terjangkau membuat sajian mie yang satu ini selalu menjadi pilihan makan siang yang menggugah selera. Tak selalu menggunakan daging ayam saja, para penjual daging ayam juga umumnya memberikan topping tambahan yang bisa digunakan untuk pelengkap tambahan yang enak.

Selain membeli, mie ayam juga ternyata bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Mie ayam menjadi salah satu sajian yang bisa di masak di rumah. Asal tahu caranya, semua orang bisa membuat olahan yang satu ini. Semua informasi mengenai mie ayam yang enak di santap terdapat di sarahjanebedwell.com. mie ayam adalah sajian yang popular dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia secara luas.

pexels.com

Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam membuat sajian mie ayam yang enak gunakan ayam dengan kulit yang berlemak dan tebal. Kemudian potong kecil-kecil dan goreng di dalam minyak secukupnya di atas api yang kecil hingga kering. Ayam goreng tersebut bisa digunakan sebagai topping untuk mie ayam dan minyaknya bisa diolah menjadi lebih enak lagi dengan cara menambahkan bawang putih yang sudah dicincang ke dalam minyak tersebut sebelum ayam diangkat. Biarkan bawang putih menjadi matang kemudian saring, minyak ayam bisa disimpan lama di dalam kulkas.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat mie ayam adalah tumisan ayam yang dijadikan sebagai topping utama. Ayam bisa ditumis dengan menggunakan bumbu asin atau manis yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk membuat ayam tumis bumbu asin gunakan kecap asin, sedangkan yang manis menggunakan kecap manis. Biarkan tumis ayam berkuah agar membuat kuah mie ayam menjadi lebih enak lagi.

Kuah merupakan nilai tambah yang dimiliki oleh sajian mie ayam. Kuah umumnya disajikan terpisah dari mie ayam. Kaldu kuah bisa menggunakan tulang ayam yang direbus dengan api kecil hingga kuah terasa gurih. Dalam membuat mie ayam, kuah merupakan salah satu nilai tambahan yang bisa membuat mie ayam tambah enak sehingga membuatnya semakin nikmat dinikmati di waktu makan siang.

Pelengkap Terbaik untuk Mie Ayam

  1. Bakso

Ada banyak bakso yang bisa dinikmati dengan sajian mie ayam. Mulai dari bakso sapi hingga baso ikan cocok disantap bersama mie ayam. Bakso yang kenyal dengan rasa yang gurih akan semakin enak ketika disantap dengan bumbu kuah mie ayam yang manis dan gurih. Menu mie ayam bakso adalah menu favorit yang selalu laris manis di pasaran. Bakso ikan umumnya disantap dengan mie ayam yang menggunakan mie berjenis tipis seperti Pontianak atau Bangka.

pexels.com
  1. Pangsit

Pelengkap sajian mie ayam yang lainnya adalah pangsit. Pangsit goreng atau pangsit rebus, keduanya bisa dijadikan sebagai pelengkap yang tepat. Pemilihan pangsit yang akan digunakan dalam sajian mie ayam ini bisa disesuaikan dengan selera yang dimiliki oleh setiap orang. Pangsit kering umumnya selalu dijadikan sebagai pelengkap utama mie ayam. Teksturnya yang renya ditambah lagi dengan isian ayamnya yang gurih semakin membuat mie ayam semakin nikmat. Selain bisa dimakan bersama mie ayam, pangsit kering juga bisa digunakan sebagai camilan yang enak dinikmati dengan saus asam manis.

Selain itu pangsit rebus juga nikmat jika dimakan bersama mie ayam. Pangsit yang satu ini makin nikmat dengan isian ayam dan beberapa bumbu lainnya seperti daun bawang dan bawang putih. Pangsit rebus sendiri bisa disajikan dengan kuah kaldu yang gurih.

  1. Ceker ayam

Ceker ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa menjadi pelengkap yang tepat untuk mengonsumsi mie ayam. Mie ayam ceker adalah salah satu menu incaran yang selalu laris manis di pasaran. Bagaimana tidak memiliki banyak penggemar, racikan mie ayam yang menis dipadukan dengan potongan ceker ayam lunak dengan rasa yang gurih semakinĀ  membuat masakan yang satu ini menjadi nikmat untuk disantap. Umumnya, ceker ayam yang digunakan dalam mie ayam memiliki ukuran yang besar sehingga ketika direbus dalam waktu yang lama tidak akan mudah hancur dan lebih mudah untuk dinikmati.

  1. Jamur

Selain bisa menambah rasa umami pada mie ayam, jamur juga bisa menjadi penambah nutrisi dalam sajian mie ayam. Jenis jamur yang bisa dimasak memang ada banyak sekali jenisnya. Namun kebanyakan papra penjual mie ayam memberikan campuran jamur merang pada ayam yang disajikan bersama mie. Hal ini dapat menambah cita rasa mie ayam semakin lezat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *