Selain Pemasteran, Cara Merawat Pleci Biar Gacor Perlu Dilakukan!

Pemasteran merupakan bagian dari cara merawat pleci biar gacor di tiap waktunya. Meskipun begitu, ada metode tambahan yang sangat penting dalam mendukung tercapainya tujuan tersebut.

Pemasteran sendiri dipahami sebagai pengisian kicauan. Pengisian ini dilakukan dengan memperdengarkan kicauan burung di dekatnya. Ini bisa dilakukan dengan memutar audio berupa kicauan burung.

Pengisian ini juga bisa dilakukan dengan cara konvensional. Caranya cukup meletakkan burung jantan di sekitarnya. Atau bisa juga dipancing dengan meletakkan burung betina di sarang yang berbeda.

Seringnya mendengar kicauan ini, pleci akan menangkap nada ke dalam memorinya. Secara perlahan, pleci mulai menirukannya. Seringnya meniru memungkinkan pleci lebih mudah melantunkannya sehingga tampak lebih gacor.

Kapan Sebaiknya Melatih Pleci?

Dalam dunia kicau, memberikan pelatihan pada peliharaannya adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Pelatihan ini dilakukan untuk mempertegas sekaligus mempertinggi kemampuan. Artinya, kemampuannya terus diasah sehingga menghasilkan kicauan yang lebih istimewa.

Bicara mengenai waktunya, waktu terbaik adalah dimulai sejak pleci masih muda. Pelatihan dasar dengan masteran sejak awal memungkinkan kicauan pleci jauh lebih bervariasi. Ibarat masih muda, apapun akan lebih cepat dipelajari.

Anda juga akan lebih mudah dalam mengajarkan berbagai varian bunyi. Misalnya saat awal buka paruh, Anda bisa memberikan masteran ngalas. Kemudian ditingkatkan lagi sampai akhirnya bisa lebih gacor dengan penguasaan berbagai jenis bunyian.

Menyadari akan hal ini, tentunya pilihan paling bijak ialah memelihara pleci sejak masih anakan. Sebaliknya hindari membeli yang sudah dewasa. Yang terpenting, pleci yang dibeli berjenis jantan.

rgbstock.com

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pleci Lebih Gacor?

Banyak hal yang perlu dilakukan pemelihara pleci untuk merealisasikan harapannya. Cara merawat pleci biar gacor ini cukup banyak. Dan perlu dilakukan secara bersamaan. Dianataranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Melatih Kekuatan Fisiknya

Burung pleci akan siap berkicau dengan riang manakala tubuhnya sehat dan fisiknya kuat. Seperti ketika di umbaran atau di habitat aslinya, pleci begitu nyaring kicauannya lantaran bertubuh sehat.

Untuk melatih fisiknya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu meletakkan beberapa tempat untuk bertengger. Tempatkan 2/3 tenggeran secara berjauhan agar burung bisa melompat kesana kemari.

  1. Menjemur Pleci

Jenis burung apapun memerlukan sinar matahari untuk mengeringkan sekaligus menyerap vitamin D. Di habitat aslinya sendiri, burung juga sering terlihat berjemur dengan kelompoknya.

Hal yang sama perlu dilakukan meskipun telah Anda kandangkan. Penjemuran wajib dilakukan di tiap harinya. Ini perlu dilakukan di tiap pagi dan sore hari.

Jika Anda tidak memberikan waktu berjemur, khawatirnya burung akan stress. Biasanya diperlihatkan dengan tidak tenangnya di dalam sangkar. Kemudian penampilannya menjadi tidak semenarik seperti biasanya.

Yang perlu diperhatikan adalah berikan waktu berjemur yang cukup. Minimal, bulu bisa mengering setelah proses pemandiannya. Selain itu, usahakan untuk menjemurnya di suasana hangat yang mana tidak terlalu menyengat.

  1. Mengembunkan Burung

Dalam memelihara burung, ada istilah pengembunan. Mengembunkan burung ini juga sangat penting untuk memotivasi peliharaan agar lebih gacor.

Pengembunan ini dilakukan di waktu subuh. Pengembunan ini juga sebaiknya dilakukan di tiap harinya. Secara, hasilnya akan membuat burung jauh lebih segar dan bersemangat untuk melantunkan irama kicauan.

Mengenai cara mengembunkannya, Anda cukup membuka krodong kandang separuh saja atau keseluruhan. Kemudian letakkan di tempat yang mana banyak rantingnya.

Biasanya setelah pengembunan ini, burung sudah siap untuk dimandikan. Kalau sudah dimandikan, lakukan penjemuran seperti biasanya. Dengan begitu, pleci akan lebih sehat.

rgbstock.com
  1. Memberikan Makanan Extra

Salah satu kunci utama untuk mendukung kemampuan berkicau burung adalah makanannya. Makanan yang berkualitas seperti kaya akan protein menjadi sangatlah penting.

Burung yang memperoleh asupan protein tinggi lebih bagus dalam berkicau. Begitupun burung akan termotivasi untuk terus berkicau. Apalagi jika didekatkan dengan pesaingnya.

Mengenai jenis makanannya, ada baiknya untuk memberikan variasi makanan. Mulai dari pakan alami, sampai pakan berupa voer bernilai gizi tinggi.

Tambahkan pula minuman yang juga mengandung nutrisi seperti sari buah. Pemberian makanan dan minuman ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan pleci. Hasilnya, pleci akan siap tampil sebagaimana yang diharapkan.

Sebagai pelengkapnya, usahakan untuk menjaga kebersihan kandang dan tempat pakan dan minum. Kebersihannya akan menentukan kesehatan. Jika ini dijaga dengan baik, kesehatan burung akan terjaga.

Demikianlah beberapa hal yang harusnya diperhatikan oleh pemelihara pleci. Aplikasikan secara rutin. Maka, cara merawat pleci biar gacor ini akan berbuah manis dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *