Mengenal Sekilas Tentang Kabupaten Aceh Singkil

Salah satu kabupaten di provinsi Aceh yang harus diketahui adalah Kabupaten aceh singkil. Kabupaten ini merupakan hasil dari pemekaran kabupaten aceh selatan. Kabupaten aceh singkil berbatasan dengan kabupaten pakpak barat (provinsi Sumatra Utara), Kota Subussalam dan kabupaten Aceh Tenggara di sebelah utara.

Di sebelah timur, kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten tapanuli tengah provinsi sumatra utara. Di bagian selatan, berbatasan dengan Samudra Indonesia, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten aceh selatan.

Kabupaten ini terdiri dari dua wilayah, yakni kepulauan dan daratan. Kepulauan yang masuk dalam wilayah kabupaten aceh singkil yakni keupulauan banyak. Ibukotanya terletak di singkil. Sebagian wilayah kabupeten singkil terletak di kawasan taman nasional gunung leuser. Kabupaten aceh singkilĀ  lokasinya berada di jalur barat sumatra, yang menghubungkan medan, sibolga dan banda aceh. Jalurnya berupa gunung-gunung yang memerlukan upaya peningkatan akes untuk menjangkau wilayah terpencil disekitarnya.

Demografi

Penduduk asli kabupaten aceh singkil terdiri dari beberapa suku seperti sukue haloban, suku sungkil. Suku aneuk. Selain itu, juga terdapat beberapa suku pendatang termasuk suku pakpak, suku aceh dan suku minang.

Administrasi

Kabupaten aceh singkil terdiri dari 11 kecamatan dan memiliki sebnyak 116 gampong (desa) dari total kecamatan dan gambong di seluruh aceh sebanyak 5827. Kecamatan aceh singkil antara lain, kecamatan danau paris, kecamatan gunung meriah, kecamatan kota baharu, kecamatan kuala baru dan kecematan pulau banyak.

Selain itu, ada juga kecamatan pulau banyak barat, kecamatan simpang kanan, kecamatan singkil, kecamatan singkil utara, kecamatan singkohor dan kecamatan surobaru.

Jumlah penduduk

Pada tahun 2010, jumlah penduduk kabupaten aceh singkil sebanyak 102.213 dari total jumlah penduduk di provinsi aceh sebanyak 4.486.570. Terdiri dari 51.638 dan 50.575 wanita. Sedangkan pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 129.963 jiwa.

Luas kabupaten aceh singkil mencapai 185.803 hektare. Sedangkan luas seluruh provinsi di aceh yakni t.677.081 hektare. Kabupaten aceh singkil memiliki tingkat kepadatan penduduk sebesar 39/km persegi. Sedangkan tingkat kepadatan penduduk di seluruh provinsi aceh yakni 78/kmpersegi.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *