Tips Membuka Usaha Laundry Bagi Pemula

Laundry merupakan bisnis dengan prospek yang cukup baik mengingat sekarang merupakan zaman serba praktis. Di zaman serba praktis seperti sekarang, kesempatan membuka usaha laundry terbuka lebar. Ini karena target pelanggan bagi bisnis laundry cukup banyak mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran hingga pasangan suami istri yang sibuk bekerja.

Membuka usaha laundry tidak bisa sembarangan, tetapi harus memperhatikan berbagai hal agar keberlangsungan bisnis tetap berjalan. Beberapa hal yang harus dicatat sebelum memulai bisnis laundry adalah pemilihan lokasi, menentukan harga, meningkatkan pelayanan, dan lain-lain yang akan diulas sebagi berikut:

pexels.com
  1. Gali ilmu dari orang berpengalaman

Memulai bisnis dari nol memiliki tantangan yang besar, terlebih jika Anda benar-benar baru dalam bisnis tersebut dan belum pernah bersentuhan maupun memiliki pengalaman dalam bisnis tersebut. Untuk menghindari kegagalan, sangat disarankan bagi Anda untuk menggali ilmu terlebih dahulu dari orang-orang yang memang berpengalaman dengan bisnis laundry.

Menggali ilmu dan mencari informasi bisa dilakukan dengan mudah. Jika Anda enggan untuk bertanya secara langsung melalui percakapan dan tatap muka, Anda bisa memanfaatkan internet dengan mencari informasi melalui forum. Dengan adanya informasi tersebut, Anda akan mendapat gambaran yang lebih jelas terkait bisnis laundry dan tantangan yang akan dihadapi.

  1. Memilih lokasi

Dalam bisnis manapun, memilih lokasi usaha adalah hal yang krusial karena dapat mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis, bisnis laundry juga sama. Setelah menentukan target pasar, memilih lokasi yang tepat adalah langkah yang harus diambil selanjutnya. Misalnya jika target pasarnya mahasiswa, maka carilah tempat usaha yang dekat dengan kampus.

Selain memilih lokasi usaha yang dekat dengan target pasar, lokasi tersebut juga harus strategis atau mudah diakses, memiliki ruangan yang pas untuk operasional kegiatan bisnis, serta memiliki persediaan air serta drainase yang baik. Apabila hal-hal tersebut dapat terpenuhi, maka lokasi tersebut cocok untuk memulai bisnis laundry.

  1. Menentukan harga

Bisnis laundry termasuk jenis bisnis yang saingannya ketat. Karena itulah Anda perlu menentukan harga yang bisa bersaing dengan bisnis laundry yang lain. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada pelanggan. Anda harus berkaca pada target laundry agar tidak mematok harga yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

  1. Mencari karyawan kompeten

Agar bisnis laundry yang Anda jalani bisa tetap bertahan dan berhasil bersaing dengan bisnis laundry yang lain, diperlukan karyawan yang kompeten. Pilihlah karyawan yang dapat menyetrika dan mencuci serta bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Selain itu, karyawan tersebut juga harus mau belajar dan mampu mengaplikasikan hasil pembelajaran.

  1. Meningkatkan pelayanan

Bisnis selalu tentang kepuasan pelanggan. Apabila suatu bisnis bisa memberikan kepuasan untuk pelanggannya, maka bisnis tersebut akan mampu bertahan bahkan bisa semakin berkembang, begitupun sebaliknya.Karena itulah meningkatkan pelayanan harus dilakukan, terlebih jika pelanggan merasa bahwa pelayanan yang diberikan belum cukup memuaskan.

pexels.com
  1. Pelayanan yang bervariasi

Memberikan pelayanan yang bervariasi bisa memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan untuk menggunakan jasa laundry Anda. Misalnya Anda tidak hanya menerima laundry kiloan tetapi juga, menyediakan layanan laundry ekspress, dan laundry barang-barang khusus seperti karpet, selimut, boneka dan lain sebagainya dengan pewangi yang berbeda-beda.

  1. Prinsip kehati-hatian

Karena berurusan dengan barang milik pelanggan, prinsip kehati-hatian harus selalu diterapkan. Ini karena tindakan ceroboh bisa mengundang komplain dari pelanggan. Sebaiknya Anda memperlakukan pakaian pelanggan layaknya pakaian sendiri. Prinsip kehati-hatian yang Anda lakukan akan sangat mempengaruhi keberhasilan usaha laundry Anda.

  1. Perhatikan waktu

Dalam bisnis laundry, waktu harus selalu diperhatikan karena berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Hargailah dan aturlah waktu dengan baik agar pelanggan tidak kecewa. Apabila Anda menjanjikan waktu kepada pelanggan, Anda harus tepat waktu sehingga saat pelanggan datang untuk mengambil cucian, cucian pelanggan sudah selesai dan bisa di bawa pulang.

  1. Mengatur keuangan

Agar bisnis bisa bertahan dan berkembang, Anda harus melakukan pengaturan keuangan dengan baik dan detail. Lakukan pencatatan setiap transaksi yang dilakukan mulai dari pengeluaran biaya operasional setiap bulan, memastikan ketepatan catatan setiap transaksi, hingga perawatan peralatan jika terjadi kerusakan.

  1. Lakukan pemasaran

Pemasaran harus dilakukan demi keberlangsungan suatu bisnis, terutama bagi bisnis baru. Pemasaran yang dilakukan harus menggunakan strategi yang tepat. Strategi pemasaran yang digunakan bisa dengan membagikan brosur, memasang banner, maupun dengan media reklame terkini yang melibatkan jasa laser cutting.

Jasa laser cutting kini dapat ditemui dengan mudah karena adanya teknologi modern. Selain desain yang bisa dibuat semenarik mungkin, membuat media reklame dengan metode laser cutting bisa menggunakan bahan yang lebih bervariasi dibanding media reklame yang lain seperti spanduk maupun banner.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *