Yuk Simak Segudang Materi Power Point Dasar Yang Wajib Kamu Coba!

Penguasaan ketrampilan Microsoft Power Point, merupakan salah satu skill yang menjadi kriteria yang dibutuhkan perusahaan saat ini. Keahlian ini sangat diperlukan untuk mengenalkan profil perusahaan, serta produk dan jasa yang akan dipasarkan.

Dengan presentasi yang menarik dan profesional, orang akan mudah terpikat pada layanan yang ditawarkan. Nah, bagi kamu yang ingin belajar secara otodidak, yuk simak materi Power Point dasar untuk latihan disini!

12 Materi Dasar Power Point Yang Wajib Dicoba

pixabay.com
  1. Menambahkan teks

Ketika kamu membuka Power Point paertama kali, akan muncul tampilan yang menawarkan pilihan slide untuk dokumenmu. Pilih Blank Presentation warna putih, untuk membuat dokumen presentasi baru. Jendela aplikasi akan menampilkan sebuah slide, dengan kotak tempat menuliskan judul dan subjudul presentasi. Klik pada kotak tersebut, lalu cobalah menambahkan teks dengan memanfaatkan raham pilihan jenis dan ukuran font.

  1. Membuat slide kedua dan seterusnya

Untuk membuat slide baru setelah judul, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Yang pertama adalah dengan klik menu Home dan gambar New Slide, untuk menambahkan slide baru yang template atau modelnya serupa dengan slide pertama. Kalau kamu ingin membuat slide baru dengan template yang berbeda, klik bagian bawah opsi New Slide. Sederet pilihan model slide akan muncul, dan kamu bisa memilih sesuai keinginan.

  1. Menambahkan gambar atau media lainnya

Pada kotak teks Title dan Content di tampilan slide yang baru, terdapat sejumlah opsi media materi Power Point yang bisa kamu sisipkan ke halaman tersebut. Pilihan media tersebut adalah tabel, diagram, gambar offline, gambar online, grafis SmartArt, dan juga video.

Fitur ini layak kamu coba satu per satu, sehingga nanti kamu mampu memasukkan media apu pun yang membantu jalannya presentasimu.

  1. Memilih desain slide

Kalau kamu sudah bisa melakukan ketiga tugas dasar tersebut, selanjutnya kamu bisa mengulang dari awal dan memilih desain free Powerpoint template yang lebih berwarna.

Memilih desain presentasi juga bisa dilakukan dari menu Design, lalu klik desain slide yang ingin kamu gunakan. Cara ini secara otomatis membuat seluruh slide dalam dokumenmu berubah sesuai tema desain yang dipilih.

  1. Membuat efek pada teks dan gambar

Slide presentasi akan lebih menarik dengan sejumlah efek, yang bisa diterapkan pada perpindahan slide, tampilan teks, serta gambar. Caranya adalah klik menu Transitions, dan pilih animasi efek yang kamu inginkan.

Sejumlah varian animasi yang patut dicoba, diantaranya adalah membuat efek transisi, menambahkan suara, dan mengatur durasi animasi. Power Point juga akan memperlihatkan preview dari efek efek yang kamu pilih.

  1. Mengisi konten presentasi di setiap slide

Nah, sebelum melanjutkan materi Power Point berikutnya, sebaiknya kamu mulai membuat konten presentasi sederhana untuk menerapkan materi dasar yang sudah dipelajari. Buatlah setidaknya 5 halaman slide yang terdiri dari 1 halaman judul, 3 halaman isi, dan 1 halaman penutup presentasi.

Manfaatkan fitur media untuk membuat konten presentasi yang sedikit kompleks, atau coba unduh beraneka ragam pilihan free Powerpoint template dari internet.

pixabay.com
  1. Melihat hasil presentasi

Penasaran dengan hasil presentasi yang kamu buat? Coba klik menu Slide Show, dan akan muncul beberapa opsi misalnya From Beginning (dari slide awal), From Current Slide (dari halaman slide yang sedang aktif), dan lain sebagainya. Fitur ini membuatmu lebih mudah untuk memeriksa detail tampilan presentasi, sehingga kamu bisa mengedit bagian yang diperlukan. Lalu cukup tekan tombol Esc, untuk keluar dari halaman pratinjau presentasi.

  1. Menyimpan dokumen presentasi

Kalau kamu sudah merasa puas dengan hasil praktek materi Power Point yang sederhana ini, saatnya untuk menyimpan dokumen presentasi. Caranya dengan klik menu File, lalu klik Save, dan pilih tempat penyimpanan yang diinginkan. Jangan lupa memberi nama file dokumen presentasi, dengan nama yang mudah kamu ingat. Setelah klik Save, maka file presentasimu siap dibuka di komputer mana saja, yang memiliki program Power Point.

  1. Menambahkan bentuk

Kalau kamu mengintip menu Insert, akan muncul berbagai opsi media yang bisa ditambahkan untuk membuat konten presentasimu lebih bervariasi. Klik Shapes untuk menambahkan beraneka grafik misalnya tanda panah, bintang, garis garis, dan bentuk bentuk lainnya. Pada menu ini juga terdapat fitur untuk memasukkan objek diagram dan model 3 dimensi.

  1. Mengedit tampilan media dalam satu halaman slide

Setelah sukses dengan materi Power Point sederhana, saatnya kamu mengaplikasikan beberapa fitur dalam satu halaman slide. Misalnya membuat efek dan tampilan yang memukau pada judul slide, sekaligus memasukkan tiga gambar yag diberi efek berbeda beda di halaman yang sama. Kamu juga bisa mencoba menyisipkan media video, dari PC atau link video dari Youtube ke halaman slide tersebut.

  1. Menambahkan hyperlink

Fitur hyperlink ini sangat diperlukan terutama jika materi presentasimu cukup banyak. Caranya adalah dengan Insert Shape dan pilih grafik apa saja, yang ingin kamu pakai sebagai Link. Selanjutnya klik di bentuk tersebut, dan sisipkan file yang akan terbuka jika bentuk ini diklik saat presentasi ditampilkan. Nah, untuk memeriksa tampilan presentasi dari berbagai aspek, kamu bisa lihat hasilnya di menu View.

  1. Manfaatkan kolom pencarian Tell Me

Yang terakhir, kalau kamu kesulitan menghafal letak fitur fitur yang dibutuhkan, manfaatkan fitur kolom pencarian Tell Me. Fitur ini mirip dengan fungsi mesin pencarian Google, jadi kamu hanya perlu mengetikkan apa yang kamu cari. Misalnya ketik “table”, jika kamu tidak tahu bagaimana cara menambahkan kolom kerja Excel.  Aplikasi Power Point akan langsung melakukan pencarian, dan menunjukkan lokasi fitur tersebut di layar.

Sudah menguasai materi Power Point dasar dan ingin berkreasi? Kamu boleh memulainya dengan memilih varian teks dan mengaplikasikan beragam efek, pada konten presentasi yang sudah kamu buat.

Nah, yang perlu diperhatikan dalam membuat tampilan Power Point yang menarik, adalah kesesuaian font dengan tema presentasi, serta kerapian dalam menata konten di setiap slide. Sebaiknya gunakan aksesoris yang tidak berlebihan, untuk presentasi yang sifatnya formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *