Tugas Marketing Perusahaan

Dalam dunia bisnis ternyata memproduksi barang bukanlah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Hal yang paling sulit dilakukan adalah memasarkan barang tersebut dan menjualnya kepada konsumen.

Untuk bisa memasarkan barang dengan baik tentu dibutuhkan marketing yang handal. Dimana marketing tersebut harus memiliki skill komunikasi yang baik, serta mampu memberikan kenyamanan kepada konsumen saat melakukan transaksi.

Marketing sendiri memiliki peran untuk melakukan perencaan produk dan juga proses penjualan produk. Dengan kata lain marketing harus mengetahui produk yang diminati konsumen itu seperti apa.

Sedangkan untuk mengetahui lebih detail mengenai tugas marketing pada sebuah perusahaan, kalian ldapat melihat informasinya dibawah ini.

Menganalisis Dan Menentukan Target Pasar

Untuk memasarkan sebuah produk ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum akhirnya marketing menawarkan produk kepada konsumen.

Hal yang harus dilakukan pertama kali oleh marketing adalah melakukan analisis pasar. Dimana analisis pasar ini dilakukan untuk mengetahui ataupun mencari informasi mengenai apa produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Setelah berhasil melakukan analisis pasar, marketing juga harus bisa menentukan target pasar ataupun konsumen yang sekiranya sesuai dengan produk yang akan dijual. Setiap target pasar ataupun konsumen tentu memiliki strategi promosi yang berbeda satu sama lain.

Contoh sederhananya, misalkan tim marketing perusahaan peralatan dapur mendapat tugas untuk memsarkan produk wajan terbarunya. Kemudian tim marketing akan mencari tahu apakah wajan ini memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Jika dirasa sudah sesuai, maka langkah selanjutnya menentukan target pasar yang sekiranya mau membeli wajan ini. Jika target sudah terdeteksi maka tim marketing akan lebih mudah dalam membuat strategi promosi yang tepat dan menentukan harga.

pxhere.com

Analisis Produk

Sebelum memasarkan sebuah produk kepada konsumen. Tim marketing juga harus mengetahui detail produk yang akan ditawarkan seperti keunggulannya, keistimewaannya dan bahkan sampai kelemahan produknya juga harus diketahui.

Tim marketing juga harus bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh produk yang akan dijual ini. Hal itu dimaksudkan supaya konsumen semakin tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik, maka akan semakin besar pula produk yang ditawarkan akan dibeli oelh konsumen.

Menetapkan Harga

Sebelum memasarkan ataupun menjual produknya kepada konsumen, tentu tim marketing harus sudah bisa menentukan harga untuk produk yang akan dijual atau ditawarkan.

Untuk bisa menentukan harga yang pas untuk sebuah produk diperlukan bebrapa pertimbangan. Perimbangan tersebut meliputi berapa biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat produk ini. Kemudian seberapa baik kualitas produk yang ditawarkan.

Selain itu harga juga dipengaruhi oleh target pasar, misalkan target pasar orang dewasa dengan anak-anak tentu harga produknya berbeda. Perimbangan lain yang bisa menentukan harga sebuah produk adalah faktor pesaing ataupun kompetitor.

pxhere.com

Strategi Promosi Offline dan Online

Salah satu tugas dari tim marketing sebelum memesarkan produknya adalah menentukan ataupun merancang strategi promosi yang harus dilakukan baik promosi secara offline maupun promosi secara online.

Namun sebenarnya yang terlibat dalam menentukan strategi pemasaran tidak hanya tim marketing saja, tim lain juga bisa ikut berpartisipasi dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk lebih maksimal lagi dalam menentukan strategi pemasaran produk, tim marketing juga bisa berkomunikasi ataupun bekerja sama dengan perusahaan periklanan. Sehingga tahu bagaimana membuat iklan yang menarik dan digemari konsumen sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Strategi promosi offline bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran dan juga membuka stan di beberapa pusat keramaian. Dengan begitu akan ada banyak orang yang melihat dan bahkan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Sedang untuk strategi promosi online atau digital dapat dilakukan dengan melakukan promosi dengan memanfaatkan jaringan internet seperti beriklan melalui media sosial, bisa juga melalui website dan juga melalui marketplace yang ada.

Dengan merapkan promosi secara offline dan online diharapkan akan semakin banyak menarik perhatian konsumen. Sehingga akan memiliki peluang yang lebih besar terjualnya produk tersebut.

pxhere.com

Memastikan Kepuasan Konsumen

Tugas tim marketing perusahaan sebenarnya tidak hanya sebatas menjual produk kepada konsumen. Selain menawarkan serta menjual produk kepa konsumen, marketing juga memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya yaitu untuk memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk yang sudah dibelinya.

Dengan kata lain tim marketing juga harus mengetahui bagaimana tanggapan dari konsumen setelah membeli produk tersebut. Apakah produk tersebut sudah sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pelanggan atau belum.

Jika belum tentu perusahaan perlu memperbaiki produk tersebut supaya sesuai dengan apa keinginan dan kebutuhan konsumen. Namun apabila pelanggan merasa puas dengan produk yang sudah dibelinya, itu berarti produk sudah sesuai dengan keinginan serta kebutuhan konsumen.

Itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh tim marketing pada sebuah perusahaan. Mungkin dari informasi diatas kalian akan lebih tahu lagi mengenai pentingnya seorang marketing pada sebuah perusahaan serta mengetahui bagaimana cara mempromosikan produk yang dimiliki oleh perusahaan. Apakah kalian tertarik untuk menjadi marketing, jiak kalain tertarik langsung saja kirim surat lamaran kerja kalian ke perusahaan yang kalian inginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *