Manfaat Main Instagram

Sebagian besar orang di berbagai pelosok dunia, sudah tahu apa itu Instagram. Sebagai salah satu media sosial populer yang memungkinkan para penggunanya untuk berbagi foto dan video, platform ini sangat banyak peminatnya. Saking banyak digandrungi, terutama oleh anak muda, Instagram giat melakukan pembaruan terhadap fitur dan layanannya guna memanjakan para penggunanya.

Alhasil, peminat Instagram terus bertambah. Hal ini dibuktikan oleh survey yang dilakukan oleh WeAreSocial.net dan Hootsuite yang menyebutkan, bahwa Instagram merupakan platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ke-7 di dunia.

Totalnya sekitar 800 juta pengguna per Januari 2018. Indonesia sendiri berada di urutan ke-4, didahului oleh Amerika Serikat, Brazil, dan India.

Dengan bertambahnya pengguna, semakin beragam pula tujuan penggunaan Instagram bagi masing-masing penggunanya.

Ada yang sekadar ingin menampilkan kegiatannya, untuk berkarya, bahkan berbisnis. Ya, setiap orang bisa memanfaatkan platform ini dengan berbagai macam cara. Artinya, bermain Instagram bukan hanya menimbulkan dampak negatif, tapi juga manfaat positif.

Mungkin sebagian kelompok ada yang berpendapat, bahwa mengerahkan banyak waktu hanya pada Instagram adalah hal yang sia-sia dan terlalu banyak mencari perhatian. Argumen ini tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga sepenuhnya benar.

Sebab, menghabiskan banyak waktu untuk bermain Instagram atau mencari banyak followers memiliki cukup banyak manfaat sosial dan finansial. Apa saja?

pexels.com

Update berita terkini

Manfaat main Instagram yang pertama adalah seseorang akan update selalu berita terkini. Bukan hanya memajang foto dan video orang yang dikenal, Instagram juga banyak menyajikan informasi terkini yang biasanya sudah tercantum dalam bentuk yang lebih ringkas. Namun demikian, Anda harus pandai menyaring, mana berita benar dan mana berita yang hanya hoax semata.

Mencari inspirasi

Instagram diikuti oleh pengguna dari seluruh dunia. Artinya, inspirasi bisa didapatkan dalam bidang apa saja dan dari negara mana saja. Ada banyak orang yang kerap mem-posting foto dan video yang sudah pasti bisa memunculkan inspirasi bagi orang yang lainnya. Misalnya, seorang arsitek bisa mencari inspirasi pada akun dekorasi.

Melihat resep makanan

Resep makanan kini bisa didapatkan dengan mudah secara visual. Hnaya dalam waktu 60 menit, kita bisa menguasai sebauh resep makanan dari berbagai video di Instagram. Jika dulu masyarakat  mendapatkan resep hanya dari chef terkenal, kini siapa saja bisa berbagai resepnya ke khalayak ramai. Ilmu masakan jadi lebih variatif. Menyenangkan sekali, bukan?

Mencari pekerjaan

Mencari pekerjaan kini bisa dilakukan dengan cara yang banyak. Jika dulu seseorang harus mengumpulkan koran-koran demi mendapati perusahaan yang buka lowongan, kini banyak perusahaan menginformasikan lowongannya pada Instagram, terutama perusahaan agency, media, dan perusahaan startup.

Dengan modal jempol, scrolling feed akun yang berkaitan, atau pun fitur hashtag pada Instagram, lowongan dapat dengan mudah ditemukan. Bahkan, kini banyak akun-akun kementerian yang menginformasikan tes CPNS melalui akun Instagramnya. Namun demikian, jangan lupa untuk kroscek kembali kebenaran informasi lowongan pada website resmi perusahaan bersangkutan.

pexels.com

Mendatangkan klien bisnis lebih banyak lagi

Manfaat main Instagram juga bisa dirasakan oleh paa pebisnis. Sebab, Instagram bisa dijadikan sebagai media promosi dan marketing untuk produk bisnisnya. Selain memangkas biaya promosi, produk bisa ditawarkan lebih luas, seperti tidak berbatas. Dengan begitu, platform ini bisa mendatangkan klien lebih banyak lagi bagi para pebisnis.

Sumber informasi wisata dan kuliner

Pengguna Instagram berasal dari seluruh dunia dan bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja. Tentu ini menjadi salah satu hal yang harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata di wilayah seorang pengguna tinggal. Terbukti, kini banyak sekali akun-akun wisata yang digunakan khusus untuk mem-posting tempat wisata indah yang layak dikunjungi.

Bukan hanya tempat wisata saja, kuliner di suatu lokasi juga dapat dipromosikan dengan melakukan review makanan atau sekadar mem-posting pada feed pengguna. Semua ini bukan hanya menguntungkan sesama pengguna yang membutuhkan berbagai informasi semacam ini, tapi juga sangat menguntungkan para pebisnis di bidang pariwisata dan kuliner.

Menebarkan kebaikan dan menginspirasi perubahan

Pengguna yang rajin mem-posting foto atau video juga bisa mendatangkan banyak follower dari berbagai belahan dunia. Memiliki follower yang banyak terkadang memberikan keuntungan bagi pengguna. Segala isu yang menjadi fokusan pengguna bisa diangkat, kebaikan bisa disebar, dan inspirasi bisa ditebar pada para follower-nya. Lantas, para follower bisa segera mengambil tindakan.

Itulah tadi berbagai manfaat bermain Instagram yang bisa didapat. Manfaat yang didapat dari penggunaan Instagram pun cukup jelas. Jadi, tidak serta merta Instagram hanya berdampak negatif bagi banyak orang. Jika tidak paham cara menggunakannya, Anda bisa mencari cara repost Instastory untuk menebar dan menyabar kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *