Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Berenang merupakan salah satu aktivitas olah raga yang memberi manfaat bagi tubuh kamu begitu luar biasa. Olah raga ini rupanya terbukti lebih efektif meningkatkan kebugaran tubuh ketimbang latihan angkat beban dan berlari. Berenang bolak-balik dari satu ujung kolam ke ujung kolam lainnya dapat menjadi alternatif lain untuk kamu yang bosan dengan latihan fisik atau olah raga yang itu-itu saja.

Berenang sebenarnya atau disadari atau tidak dapat memberikan perasaan menyenangkan, fres, dengan resiko terkena cedere lebih kecil jika dibandingkan dengan olah raga lain. Perlu diketahui juga, berenang di air hangat bisa memberi efek menenangkan pada otot-otot yang tegang dan pegal. Dan berenang di air dingin menjadikan kita lebih segar. Olah raga berenang juga merupakan olah raga yang membuat kita tidak perlu mengelap keringat. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat renang bagi tubuh. Berikut ini paparan ringkasnya :

1. Membantu mengatasi masalah Insomnia

Orang yang sering mengalami insomnia, bisa menjadikan olah raga berenang sebagai terapii agar bisa tidur dengan nyenyak. Berenang secara rutin akan membuat seluruh tubuh kamu bergerak, sehingga akan memicu kamu merasa lelah dan bisa tidur dengan nyenyak.

2. Membantu mengendalikan stress

Dengan olah raga air yang satu ini, kamu dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga stres dan rasa cemas pun bisa berkurang secara signifikan. Saat kita sedang berenang, pikiran kita akan dialihkan dari masalah yang sedang dihadapai sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan damai.

3. Meningkatkan suasana hati

Dengan berenang, tubuh akan mengaktigkan hormon endorfin yang akan meningkatkan rasa bahagia pada diri dan mood menjadi lebih baik. Dengan catatan bahwa kamu memang berenang tidak dalam rasa takut tenggelam.

4. Melatih seluruh tubuh

Saat kamu berenang, semua tubuh kamu akan bergerak, mulai dari lengan, kaki, kepala, dan perut. Walaupun semua tubuh bergerak kita tidak merasakan kegerahan. Selain itu berenang juga menjadi olah raga yang bagus untuk menjaga bentuk badan.

5. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kada gula darah

Salah satu penelitian mengatakan bahwa dengan melakukan olah raga berenang, kamu dapat menurunkan tekanan darah dan akan membantu kamu mengendalikan kadar gula darah. Bahkan jika olah raga ini dilakukan secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup kamu hingga 50% jika dibandingkan dengan mereka yang jarang berenang atau berolah raga.

6. Memperkuat otot kardiovaskular

Berenang merupakan olah raga kardio yang bermanfaat memperkuat otot jantung dan paru-paruterutama dapat menyehatkan sistem pernapasan kita. Oleh karena itu, berenang bisa dijadikan salah satu olah raga yang bisa dilakukan secara rutin dan akan meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh kamu.

7. Membakar kalori tubuh

Olah raga renang dapat membakar jumlah kalori dalam tubuh cukup banyak. Tergantung dari berat badan masing-masing orang, frekuensi, durasi, intensitasm serta gaya renang apa yang digunakan saat berenang. Salah satu olah raga yang cocok buat kamu yang sedang memiliki program penurunan berat badan.

8. Baik untuk orang cedera dan terapi penyembuhan cedera

Saat berenang, air akan membantu menopang berat tubuh, sehingga sendi dan tulang pun tidak bekerja seperti saat berada di daratan. Dengan berenang, orang yang memiliki cedera ringan pada otot atau sendi tetap bisa berolah raga dengan tidak terlalu membebani bagian tubuh yang sedang mengalami cedera.

9. Sebagai terapi bagi penderita asma

Berenang dapat meningkatkan kapasitas dan daya tapung oksigen di paru-paru. Sehingga membantu kamu mengendalikan sistem pernapasan. Sehingga dengan demikian, dengan berenang secara rutin, orang yang menderita asam bisa mengurangi tingkat keparahan penyakitnya.

Walau demikian, bahan disinfektan yang biasanya terkandung dalam air kolam renang dinilai kurang baik untuk penderita asma. Sehingga para penderita asma juga dihimbau untuk berhati-hati saat berenang.

10. Bisa dilakukan oleh difabel

Bagi kaum difabel, jangan ragu untuk berenang atau latihan berenang. Karena berenang pun juga ramah bagi kaum difabel. Selain bisa melatih otot, dengan berenang juga bisa meningkatkan rasa percaya diri atau meningkatkan keterampilan sosial bagi kaum difabel.

11. Aman dilakukan oleh ibu hamil

Berenang juga dapat membantu mengurangi pegal dan nyeri di bagian otot dan sendi yang biasanya dialami oleh ibu hamil karena semakin bertambahnya berat badan. Manfaat berenang bagi tubuh ibu yang sedang hamil adalah badan yang tidak menerima beban gravitasi saat berada di darat karena air di kolam renang membantu mengangkat tubuh dan mengurangi beban pada sendi dan otot.

12. Olah raga yang murah meriah

Untuk bisa berenang, kamu tidak perlu memiliki kolm renang di rumah. Sudah banyak sekali terdapat fasilitas kolam renang umum yang bisa kamu gunakan untuk melakukan olah raga ini. Biaya untuk masuk ke kolam renang pun termasuk terjangkau.

Nah, tunggu apa lagi? Kamu bisa menjadikan berenang sebagai aktivitas rutin yang menyehatkan untuk menjaga tubuh dan kondisi badan kamu agar tetap fit. Ayok buruan dicoba merutinkan berenang. Jika kamu tertarik untuk membuat kolam renang, pastikan kamu menggunakan kontraktor kolam renang yang terbaik sehingga kolam yang dibuat semakin nyaman ketika digunakan. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *