Inilah Material Terbaik untuk Lemari Pakaian Kayu

Lemari pakaian merupakan jenis mebel yang dibutuhkan oleh semua orang. Menyimpan baju di dalam lemari akan membuat pakaian lebih awet dan juga terhindar dari kotoran. Karena fungsi utamanya adalah sebagai pelindung memang sangat disarankan memilih lemari pakaian yang kuat. Lemari pakaian dari bahan kayu merupakan pilihan yang tepat.

Tetapi kita harus pandai memilih jenis kayu yang bagus untuk dijadikan lemari pakaian. Kalau kayunya saja tidak berkualitas bagaimana lemari bisa memberikan perlindungan maksimal pada pakaian yang disimpan. Bisa-bisa malah kayunya yang rusak dimakan rayap dan mengotori pakaian baju di dalamnya. Bukannya terjaga kebersihannya justru akan membuat baju ikut rusak.

Nah, karena itulah kita sebagai konsumen pemakai lemari baju tidak ada salahnya mengetahui jenis kayu apa yang bagus untuk mebel tersebut. Inilah beberapa jenis kayu terbaik untuk lemari pakaian.

Jenis Kayu yang Bagus untuk Lemari Baju

pexels.com

Kayu Jati

Sejak dulu kita mengenal kayu jati sebagai jenis kayu paling bagus dan awet jika dijadikan mebel seperti lemari. Kayu jati juga banyak dipakai sebagai pintu atau jendela pada rumah dan masih banyak lagi. Jati memang jenis kayu premium yang akan menghasilkan mebel kelas tinggi. Hanya saja memang mebel seperti lemari pakaian, meja, kursi dan lainnya yang dari kayu jati harganya relatif mahal.

Sedangkan karakter dari kayu jati antara lain adalah seratnya tebal yang akan memudahkan orang membentuknya sebagai mebel. Selain itu kayu jati tahan pada benturan, tidak mudah lapuk, anti bakteri serta mudah untuk dibersihkan. Jumlah lapisan yang cukup banyak pada kayu jati membuatnya memiliki sifat anti air yang baik.

Kayu Mahoni

Selain kayu jati jenis material lain yang cukup sering dijadikan mebel adalah mahoni. Sebenarnya kayu mahoni saat masih berupa gelondongan harganya lebih murah daripada kayu jati. Tapi faktanya di pasaran kadangkala berbeda, mebel dari mahoni bisa memiliki harga lebih mahal daripada yang dibuat dari jati.

Kayu mahoni mempunyai karakteristik serat serta pori-pori yang halus dan warnanya merah kecoklatan. Dari segi kekuatan dan keawetannya, kayu mahoni masih berada di bawah kayu jati.

Kayu Pinus

Mebel dari kayu pinus termasuk lemari pakaian cukup banyak penggemarnya. Kayu pinus relatif mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau sehingga lebih ekonomis. Hanya saja kekurangan kayu pinus adalah mudah sekali kena jamur. Kayu pinus memiliki karakter lunak, warna cenderung cerah dan serat kayunya halus.

Kayu Ramin

Penggunaan kayu ramin sebagai bahan pembuatan lemari pakaian dan mebel lainnya lebih umum dilakukan di Kalimantan dan Sumetera. Karena di kedua pulau itulah kayu ramin ini bisa didapatkan dengan mudah. Selain diolah menjadi mebel, kayu ramin juga banyak dipakai sebagai bingkai, moulding, veneer dan sebagainya.

Kayu ramin memiliki warna kekuningan, mudah diproses sebagai mebel, tekstur halus dan rata. Anda bisa memilih mebel dari kayu ramin jika menginginkan lemari pakaian yang berwarna cerah.

Mebel dari kayu harganya pasti akan lebih mahal daripada yang dibuat dari material lainnya seperti plastik. Tetapi nyatanya orang lebih banyak memilih mebel termasuk lemari pakaian yang dibuat dari kayu. Apa alasannya? Cek di bawah ini.

Alasan Memilih Lemari dari Kayu

pexels.com

Kuat dan Awet

Lemari pakaian yang dibuat dari kayu akan jauh lebih kuat dan lebih awet daripada lemari dari plastik. Kekuatan kayu jelas akan mampu menopang semua pakaian yang disimpan di dalamnya berbeda dengan lemari plastik. Apalagi biasanya kita juga menyimpan sepatu dan tas dalam lemari baju dan membuat bebannya menjadi berat. Dengan lemari kayu semua item yang dibeli dari fashion online akan aman.

Lebih Aman

Selain akan mengamankan semua pakaian dan aksesoris lainnya dari debu dan kotoran, lemari kayu juga lebih aman dari tindakan pencurian. Kejadian tidak diharapkan bisa saja terjadi seperti peristiwa masuknya pencuri misalnya. Lemari kayu jelas akan lebih sulit untuk dibobol daripada lemari plastik. Sehingga secara tidak langsung memakai lemari kayu berarti meningkatkan keamanan di rumah.

Lebih Mewah dan Elegan

Mebel seperti lemari pakaian, meja, kursi dan sebagainya yang dibuat dari material kayu akan terlihat lebih mewah dan elegan. Terlebih jika jenis kayu yang digunakan adalah kayu terbaik seperti jati. Ditambah dengan proses pengecatan yang bagus maka lemari kayu akan terlihat mahal. Padahal bisa saja saat kita membelinya harganya tidak selisih banyak dari lemari plastik.

Dengan perawatan yang benar, lemari pakaian kayu di rumah Anda bisa berumur hingga puluhan tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *