Tips Bersihkan Lantai Masjid senantiasa Mengkilap

Lantai masjid harus selalu disapu dan dipel setiap hari agar mengkilap dan membuat jama’ah merasa nyaman beribadah di masjid. Kebersihan masjid merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pengurus untuk memakmurkan masjid.

Namun perlu diketahui, membersihkan lantai masjid tidak cukup hanya dengan menyapu dan mengepelnya. Apalagi jika lantai masjid tersebut berwarna putih yang akan nampak kotor jika ada satu titik kotoran di atasnya. Berikut tips bersihkan lantai masjid hingga bersih mengkilap.

Tips Bersihkan Lantai Masjid agar Mengkilap

pixabay.com

Menyapu dan Mengepel secara Rutin

Agar lantai masjid tampak bersih mengkilap seperti baru, hal utama yang harus Anda lakukan adalah menyapunya dan mengepelnya setiap hari. Kenapa? Karena jika tidak dibersihkan secara rutin, lantai masjid yang terbuat dari keramik akan tertumpuk debu dan kerikil.

Debu dan kerikil yang dibiarkan saja bisa membuat keramik tergores. Selain itu, jika lantai masjid tersebut tidak sering disapu maka debu dan kerikil yang tertumpuk akan membuat warna lantai/keramik pudar. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Nah, setelah lantai masjid disapu hingga bersih maka bisa langsung dipel. Disarankan untuk mengepel dengan air hangat sesekali, karena air hangat dapat membasmi kotoran membandel dengan efektif. Jangan lupa tambahkan cairan pembersih dan pewangi agar hasil lebih maksimal.

Gunakan Ammonia

Jika lantai masjid terdapat noda kuning yang sulit dibersihkan maka bisa menggunakan ammonia. Cara mengaplikasikan ammonia untuk menghilangkan noda membandel di lantai masjid mudah saja.

Anda tinggal menyiapkan air panas seember dan tuangkan cairan ammonia sebanyak ¼ cangkir ke dalamnya. Kemudian aduk hingga merata dan rendam kain pel dalam ember tersebut. Setelah dirasa cukup menyerap, kain pel bisa diangkat untuk membersihkan bagian lantai masjid yang ternoda hingga mengkilap.

Cuka Suling Putih

Tips membersihkan lantai masjid hingga bersih mengkilap selanjutnya adalah dengan campuran air panas dan cuka suling putih. Kalau Anda belum tahu, cuka sangat ampuh untuk membersihkan lantai/keramik hingga mengkilap dan membuatnya tidak bau. Gunakan campuran ini secara rutin sehingga keramik tampak seperti baru.

Baking Soda

Anda juga bisa membersihkan lantai masjid hingga mengkilap dengan bantuan baking soda. Baking soda ini sangat ampuh untuk menghilangkan noda membandel dalam keramik hingga tampak bersih mengkilap.

Caranya mudah saja kok, Anda tinggal mencampurkan air dengan baking soda kemudian oleskan pada lantai yang ada nodanya. Sikat bagian lantai yang kotor tersebut dengan maksimal dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah Anda bisa menyiramnya dengan air panas, dijaman lantai akan bersih cemerlang.

Sabun Cuci Piring

Siapa sangka ternyata sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai hingga mengkilap. Caranya mudah saja, tinggal campurkan saja sabun cuci piring ke dalam air secukupnya. Kemudian gunakan campuran air tersebut untuk mengepel lantai hingga bersih tanpa noda membandel.

Cara Mengkilapkan Lantai Masjid dari Marmer

pixabay.com

Garam

Jika lantai masjid terbuat dari marmer, maka salah satu cara mengkilapkannya adalah dengan menggunakan garam. Perlu diperhatikan bahwa garam yang bisa digunakan adalah jenis garam yang lembut bukan yang keras.

Caranya mudah saja yaitu dengan menaburkan garam ke bagian marmer yang kusam. Kemudian bisa dilap dengan bantuan kain basah dengan lembut dan perlahan agar tidak menyebabkan goresan. Setelah proses selesai, marmer bisa dibilas dengan air dingin kemudian dikeringkan dengan kain kering yang lembut.

Pembersih Kaca

Pembersih kaca juga bisa digunakan untuk membuat lantai masjid yang terbuat dari marmer mengkilap. Caranya sama saja dengan membersihkan kaca, yaitu cukup dengan menyemprotkan pembersih kaca ke bagian marmer yang kusam. Jika sudah, Anda bisa menggunakan kain lap bersih yang lembut dengan perlahan untuk mengeringkannya.

Gasoline

Gasoline juga bisa membuat permukaan marmer terlihat lebih lembut dan mengkilap. Caranya cukup tuangkan gasoline secukupnya ke bagian marmer yang terlihat kusam, kemudian dilap menggunakan kain bersih secara perlahan dan hati-hati.

Aerosol

Anda juga bisa menggunakan aerosol untuk mengkilapkan lantai masjid yang terbuat dari marmer. Aerosol adalah bahan kimia yang sering digunakan pada bahan kayu namun juga ampuh untuk membuat marmer kusam kembali cemerlang. Ini berkat andil residu minyak bumi yang terdapat di aerosol yang mampu membuat marmer mengkilap seperti baru.

Demikianlah ulasan tentang tips efektif untuk membersihkan lantai masjid hingga bersih mengkilap. Oya, sebelum menyapu dan mengepel ruangan dalam masjid, usahakan untuk menggulung karpet masjid terlebih dahulu ya, agar karpet tidak terkena debu dan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *