Khitanan Adalah? Apakah yang Dibutuhkan dalam Acaranya?

Setiap anak lelaki memiliki acara yang wajib dilakukan setelah anak memiliki usia yang cukup. Pada umumnya, khitanan adalah acara yang diadakan untuk anak laki-laki yang akan baligh. Acara ini dilakukan setelah anak berusia lima tahun ke atas. Namun, ada pula orang tua yang memilih melakukannya ketika anak bayi. Sebenarnya tidak batasan usia dilakukan khitan, karena semuanya ditentukan orang tua anak.

Walaupun sudah banyak dilakukan dan menjadi tradisi banyak orang, pertanyaan tentang khitanan masih banyak muncul di masyarakat. Di mana, pengertian khitanan masih belum banyak diketahui secara menyeluruh. Karenanya, pada kesempatan ini akan dijelaskan secara lengkap tentang pengertian khitanan dan alat-alat yang dibutuhkan saat akan mengadakan acara tersebut.

Acara Khitanan Adalah?

Kajian ini akan dimulai dengan menjelaskan makna dari khitanan. Khitanan dikenal sebagai sebuah tradisi yang dilakukan dalam agama Islam bagi anak laki-laki. Dalam bahasa Arab, Khitan dikenal dengan Khatnun yang berarti memotong bagian depan. Tujuannya untuk mencegah kelamin terpapar dari kotoran sisa air seni, yang biasanya menempel pada kelamin itu.

Khitanan bagi anak laki-laki hukumnya wajib. Khitan dilakukan pada sebelum anak laki-laki baligh. Sedangkan untuk anak perempuan, hukumnya adalah sunnah. Dalam hal ini, diartikan sebagai penghormatan. Hal ini diakui oleh hampir semua ulama fiqih, jadi jika anda kurang yakin dapat menanyakan pada ulama yang terpercaya dan memiliki ilmu pengetahuan terkait.

Persiapan Acara Khitanan

Untuk anda yang akan menjalankan acara khitanan untuk anak, penting untuk mempersiapkan beberapa hal sebelum acara diadakan. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Pengetahuan

Satu yang perlu diperdalam sebagai orang tua adalah pemahaman dan pengetahuan. Anda harus menjelaskan makna khitanan adalah pada anak. Sehingga anak bersedia menjalanknnya tanpa terpaksa. Namun mengingat bahwa hal ini pun dilakukan oleh pendahulu yang ada. Hal ini pun penting, agar anak nantinya dapat memberikan kabar serupa pada anak-anaknya kelak.

  1. Waktu Acara

Berikutnya yang perlu dipahami adalah waktu acara. Pemilihan waktu untuk melakukan khitanan penting diperhatikan. Karena anda perlu mengundang kerabat terdekat untuk hadir dalam acara tersebut. Pada umumnya, acara dilakukan sebelum anak laki-laki baligh, setelahnya tentukan apakah acara akan menganggu kegiatan anak atau tidak. Disarankan melakukannya di hari Sebtu.

  1. Undangan Acara

Langkah berikutnya adalah memperhatikan siapakah undangan yang perlu hadir. Dalam hal ini terdapat beberapa orang yang penting untuk hadir, seperti pemuka agama yang akan menyampaikan pesan-pesan pada anak dan orang tua. Selain itu, usahakan untuk mengundang kerabat terdekat. Sehingga anak mendapatkan doa-doa terbaik dari mereka.

  1. Tempat Acara

Bagian lain yang perlu dipersiapkan adalah tempat acara. Tempat acara perlu diperhatikan sesuai dengan jumlah undangan. Jika undangan cukup besar, maka usahakan tempat acara mencukupi untuk semua undangan. Terlebih jika akan mengadakannya di rumah, pastikan bahwa tempat tersebut dapat dijangkau oleh setiap tamu undangan dengan alamat lengkap pada undangan.

  1. Tenda Acara

Bila anda mengadakan acara di rumah, maka diperlukan pemasangan tenda acara. Pilihlah tenda acara yang memiliki konsep berbeda dengan acara yang pernah diadakan. Mintalahn jasa sewa untuk memilihkannya. Tapi sebelumnya pastikan bahwa harga sewa tenda tersebut telah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jadi, tidak akan menyulitkan di kemudian hari.

  1. Makanan Undangan

Dalam mengadakan acara, orang Indonesia terbiasa menyediakan makanan untuk tamu. Makanan yang diberikan dapat dipilih melalui catering. Atau dapat pula disediakan sendiri, dalam hal ini dengan memasak makanan secara pribadi. Pilihan kedua banyak disukai, karena pemilik acara lebih puas dalam memilih menu yang akan diberikan pada tamu undangan.

  1. Konsep Acara

Untuk mendapatkan sebuah acara yang menarik dan berharga, pastikan konsep yang dibangun adalah konsep yang menarik. Konsep yang biasanya dipilih adalah konsep religius. Di mana, pemberian makna khitanan adalah dilakukan oleh seorang ulama. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan dari berbagai pihak bagi anak yang mengalami khitanan tersebut.

  1. Hiburan dalam Acara

Untuk menutup sebuah acara, biasanya diadakan sebuah hiburan untuk anak-anak. Pada bagian hiburan, anak akan diberikan kesempatan untuk bermain dengan teman-temannya. Atau dapat dipanggilan arak-arakan untuk membawa anak keliling kampung. Semuanya dapat disesuaikan dengan adat atau tradisi yang ada di sekitar daerah. Jadi, tidak menyulitkan saat melakukannya.

  1. Dana Untuk Acara

Terakhir, perlu dipersiapkan dana untuk menjalankan setiap acara yang diadakan. Dana yang dibutuhkan untuk menjalankan acara, sebenarnya tidak terlalu besar. Hanya dibutuhkan dana untuk tenda ataupun katering makanan. Jika mengadakan acara di rumah, maka dana yang dibutuhkan tidak terlalu mahal. Berbeda, jika mengadakan acara di gedung dana akan besar.

Dari semua persiapan di atas, manakah persiapan yang telah dimiliki? Jika semuanya telah tersedia, siapkanlah anak untuk mengikuti khitanan. Sebelumnya sampaikan makna khitanan adalah pada anak. Jadi, tidak ada masalah di kemudian hari saat anak dibawa untuk melakukan khitan. Bila anak sudah siap, segera lakukan, sehingga tidak ada tanggung jawab yang harus dikerjakan di kemudian hari. Untuk lebih mudah gunakan jasa selarastenda.com untuk acaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *