Ketahui, Ini Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pernahkah Anda mengalami sakit pinggang sebelah kanan? Sakit atau nyeri pinggang memang merupakan keluhan yang umum dirasakan semua orang. Mulai dari remaja hingga lanjut usia mempunyai resiko yang sama mengalami kondisi ini. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri pada pinggang sebelah kanan. Di mana itu bisa saja adalah pertanda adanya masalah kesehatan lainnya.

Ada banyak kemungkinan penyebab nyeri pinggang di sebelah kanan, baik yang ringan sampai yang berat. Adapun penyebab-penyebab tersebut antara lain adalah:

  1. Sakit Ginjal

Sakit pinggang yang disebabkan oleh gejala sakit ginjal bisa terjadi di pinggang bawah bagian kanan. Gejala ini biasanya disertai dengan muntah atau bila sudah parah bisa juga dibarengi rasa sakit saat buang air kecil.

  1. Otot Pinggang Yang Tegang

Dalam banyak kasus, nyeri pinggang sebelah kanan sering diakibatkan oleh otot di bagian pinggang yang menegang. Tegangnya otot pinggang ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti posisi tubuh yang salah saat mengangkat beban, salah gerak atau akibat melakukan olahraga.

  1. Penyakit Degeneratif Tulang Belakang

Dikenal juga dengan pengapuran tulang, kondisi ini biasanya menyebabkan nyeri pinggang di sebelah kanan pada orang usia lanjut. Hal ini terjadi saat cakram di daerah lumbar mulai terurai hingga mengakibatkan sakit pinggang.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada pinggang sebelah kanan. Jika Anda merasakan nyeri di bagian ini, sebaiknya ketahui penyebabnya untuk menentukan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *