Ketahui Fungsi Alveolus Pada Sistem Pernafasan

Salah satu bagian dari paru yang memiliki fungsi penting adalah alveolus. Fungsinya adalah sebagai tempat bertukarnya oksigen dari luar tubuh dan karbon dioksida yang merupakan sisa dari sel tubuh dari darah. Bentuk dari alveolus adalah gelembung udara yang berjumlah ratusan juta. Gelembung alveolus ini mempunyai dinding-dinding pelapis yang tipis dan memiliki kapiler darah. Untuk lebih memahami mengenai alveolus, artikel ini akan membahas lebih detail mengenai fungsinya.

1. Tempat pertukaran udara

Alveolus merupakan sebuah tempat di mana oksigen dari luar tubuh bertukar dengan karbon dioksida dari darah. Setiap dindingnya mengandung banyak kapiler dan terlapisi oleh sel-sel tipis datar. Meskipun alveoli sangat kecil, namun fungsinya sangatlah besar dan penting. Oksigen yang terdapat apa alveolus mengalami proses divusi untuk menembus bagian dinding darah yang menyelimuti bagian alveolus. Oksigen tersebut akan dimasukan ke pembuluh darah dan akan melalui proses pengikatan yang terjadi pada bagian sel-sel darah merah dan menghasilkan oksihe moglobin. Oksigen ini nantinya akan berfungsi sebagai proses oksidasi sehingga iksihemoglobin tadi akan berubah kembali menjadi sebuah hemoglobin.

2. Penyimpanan udara dalam tubuh secara temporer

Sebagai tempat penyimpanan udara secara sementara adalah fungsi dari Alveolus. Alveolus pada dasarnya merupakan struktur yang menjadi bagian akhir setelah udara yang berisi oksigen melewati perjalanan yang cukup panjang. Fungsi dari alveolus dimulai dari ketika mamalia menghirup udara melalui rongga hidung ketika sedang bernapas. Udara penuh oksigen tersebut akan diserap dan masuk ke dalam darah dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Hasil akhir dari peredaran darah tersebut adalah karbon dioksida yang akan dibuang keluar melalui hidung. Karbon dioksida sendiri pada dasarnya tercipta dari hasil sisa dari sel-sel tubuh yang sudah tidak berguna lagi.

Demikianlah artikel singkat dan padat mengenai fungsi dari salah satu bagian dari paru-paru yaitu alveolus. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami fungsi dari organ kecil penuh manfaat ini. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *