Alasan Kenapa WhatsApp Gangguan

Anda mungkin pernah mengalami masalah pada WhatsApp Anda,  seperti aplikasi ternyata tidak bisa di buka atau pesan tidak bisa masuk dan Anda tak bisa mengirim pesan.  Ada banyak sekali alasan mengapa WhatsApp mengalami masalah atau gangguan, diantaranya adalah sebagai berikut berikut.

Penyebab Whatsapp Mengalami Gangguan

  1. HP Sudah Tidak Support WhatsApp

Alasan pertama mengapa aplikasi WhatsApp Anda mengalami gangguan atau bahkan tak bisa dibuka adalah lantaran hp sudah tidak support untuk aplikasi WhatsApp. Setiap aplikasi termasuk WhatsApp umumnya akan selalu mengalami pembaharuan. Jika Anda tidak melakukan pembaruan aplikasi pada smartphone Anda,  maka masalah seperti tidak bisa mengirim pesan bahkan membuka aplikasi WhatsApp pun bisa Anda alami. Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut,  Anda bisa segera untuk melakukan pembaruan aplikasi sehingga aplikasi WhatsApp Anda bisa kembali digunakan.  Aplikasi WhatsApp sendiri tidak bisa support untuk beberapa seri hp seperti hp keluaran lama. Jika ternyata Anda sudah melakukan pembaruan aplikasi namun WhatsApp masih mengalami gangguan seperti tidak bisa di buka maka kemungkinan masalahnya ada pada hp Anda.  Anda bisa mengganti hp Anda ke hp terbaru yang bisa mensupport WhatsApp.

pxhere.com
  1. Masalah di WhatsApp

Jika Anda mengalami masalah pada hp Anda seperti tidak bisa melakukan login atau masuk akun serta adanya gangguan lain bisa disebabkan karena aplikasi WhatsApp sedang error.  Hal ini menjadi hal yang lumrah terjadi karena aplikasi sendiri sering melakukan update untuk memberi performa terbaik.  Jika Anda tak bisa login atau mengalami masalah yang dikarenakan aplikasi eror Anda bisa menutup aplikasi secara paksa atau melakukan force close.  Anda bisa menunggu selama beberapa saat kemudian Anda sudah dapat masuk ke akun Anda kembali.

  1. Masalah di Cache Aplikasi

Jika Anda mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp Anda. bisa dikarenakan masalah yang ada pada cache sebuah aplikasi termasuk WhatsApp. Hal ini bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan sehingga aplikasi WhatsApp tidak bisa berjalan bahkan dibuka.  Terkadang meski Anda telah menutup aplikasi lainnya tapi WhatsApp tetap tidak bisa bekerja Anda bisa mencoba cara lain yakni menghapus cache dari aplikasi.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka pengaturan atau setting pada hp Anda selanjutnya pilih application manager lalu Anda bisa memilih beberapa aplikasi yang ingin Anda hapus chancenya,  jika sudah Anda bisa memilih clear cache.  Jika sudah,  maka aplikasi WhatsApp Anda sudah dapat berjalan kembali.

  1. Masalah Pada HP

Apakah Anda pernah mengalami pemberhentian aplikasi WhatsApp secara mendadak? Gangguan seperti ini umumnya bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya dikarenakan hp atau smartphone Anda sedang terjadi masalah lagging.  Masalah seperti ini biasanya juga dikarenakan spesifikasi dari hp atau ponsel Anda yang tidak memungkinkan untuk dapat membuka aplikasi secara bersamaan. Oleh karena itu wahatsapp mengalami masalah seperti tak bisa digerakan.  Jika masalah tersebut terjadi,  Anda bisa melakukan restart pada hp Anda, setelah di restart maka WhatsApp bisa kembali normal dan dapat digunakan tanpa masalah.

pxhere.com
  1. Aplikasi WhatsApp yang Out of Date

Jika WhatsApp Anda tiba-tidak tidak bisa menerima dan mengirim pesan bahkan Anda tak dapat masuk ke aplikasi WhatsApp hal ini bisa disebabkan karena aplikasi tidak Anda perbaharui,  alias versi yang Anda gunakan sudah kadaluarsa. Biasanya aplikasi akan mengirim pemberitahuan terlebih dahulu mengenai pembaharuan yang harus Anda lakukan,  namun jika Anda tidak melakukan saran untuk melakukan pembaruan, maka aplikasi WhatsApp Anda akan banyak mengalami kendala sampai akhirnya tidak bisa dibuka.

  1. Masalah Pada Jaringan Internet

Masalah umum yang sering terjadi pada WhatsApp disebabkan oleh jaringan internet yang bermasalah.  Jika Anda tak kunjung bisa mengirim atau bahkan menerima pesan pastikan jaringan internet Anda dalam kondisi baik.  Jangan sampai Anda lupa belum membeli kuota internet Anda, dan periksa apakah lokasi Anda saat ini mendukung kualitas internet yang baik.

  1. Memory Card Penuh

Memori ponsel yang penuh bisa membuat performa ponsel semakin menurun.  Bukan hanya ponsel menjadi lambat tapi dapat membuat aplikasi WhatsApp juga menjadi terganggu,  karena memori yang penuh berbagai pesan maupun kiriman file seperti foto dan video tak bisa terunduh bahkan membuka kiriman file pun sulit.

Itulah beberapa penyebab mengapa aplikasi whatssapp mengalami gangguan. Anda juga bisa mencoba cara yang sudah di ulas di atas agar WhatsApp bisa kembali normal. Anda bisa mengunjungi technicaltalk.Net untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap.

pxhere.com

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp yang Bermasalah

Jika aplikasi Anda terus mengalami masalah bahkan segala cara telah Anda lakukan untuk mengembalikan performa WhatsApp Anda, mungkin masalah utama pada gangguan WhatsApp terletak pada aplikasi WhatsApp itu sendiri.  Cara untuk dapat mengembalikan performa WhatsApp agar semua kembali normal, Anda bisa melakukan uninstall pada aplikasi.  Tak perlu khawatir meskipun Anda telah melakukan uninstal, Anda bisa menggunakan WhatsApp kembali dengan mengunduh ulang aplikasi.  Cara ini termasuk cara jitu untuk dapat menyelesaikan gangguan pada aplikasi WhatsApp Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *