Kapan Tepatnya Memberi Obat Cacing Kucing?

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati oleh semua kalangan. Namun ketika Anda memelihara kucing ini Anda harus berhati-hati. Karena ada beberapa jenis cacing yang dapat menginfeksi kucing kesayangan Anda. Cacing tersebut yaitu cacing gelang, cacing pita, cacing tambang dan, cacing hati. Kenapa harus berhati-hati? Karena cacing-cacing ini tidak hanya dapat menginfeksi hewan peliharaan Anda, namun juga dapat menginfeksi manusia.

Hal tersebut sangatlah perlu untuk diantisipasi karena dapat berbahaya bagi hewan lainnya juga. Terlebih bagi Anda yang baru saja mengadopsi kucing. Anda perlu belajar banyak cara mengatasi kucing yang terinfeksi cacing.

Berikut merupakan beberapa langkah mengidentifikasi Apakah kucing tersebut terinfeksi cacing.

  1. Yang pertama yaitu dengan cara memeriksa kotorannya. Cacing biasanya ikut keluar bersama kotoran atau tinja. Sehingga Anda bisa memperhatikan dengan betul keberadaan cacing pada kotoran kucing tersebut.
  2. Yang selanjutnya yaitu diare yang dialami kucing. Kucing yang terinfeksi cacing biasanya nya kotorannya menjadi encer. Bahkan lebih parahnya bisa mengeluarkan darah karena iritasi pada ususnya.
  3. Infeksi cacing seperti cacing gelang dapat menyebabkan kucing menjadi muntah-muntah. Kucing memuntahkan cacing bahkan cacing dewasa. Ini merupakan salah satu gejala awal terkena cacing hati.
  4. Anda perlu mencatat berat badan kucing. Karena kucing yang terinfeksi cacing akan mengalami penurunan berat badan. Bahkan turunnya berat badan tersebut kadang sangatlah drastis.
  5. Anda bisa melihat pada bagian gusi kucing Anda. Jika kucing Anda positif terkena infeksi cacing mungkin gusi akan berwarna pucat karena gangguan aliran darah. Gusi yang sehat berwarna merah muda.
  6. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengenali jenis cacing apa yang menginfeksi kucing Anda.

Dan hal terakhir yang harus Anda lakukan yaitu memberi obat cacing pada kucing Anda. Setelah tahu dengan jelas apa jenis cacing yang menginfeksi kucing tersebut, maka segeralah beri pertolongan yang tepat. Namun jika dirasa memberi obat cacing pada tidak cukup segera bawa kucing Anda ke dokter hewan. Karena bisa saja berakibat yang serius.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *