Jumlah Pemain Pada Permainan Bola Basket

Permainan bola basket merupakan sebuah cabang olahraga yang menggunakan ring atau keranjang sebagai tempat mendapatkan poin. Seperti dengan cabang olahraga lainnya kalau permainan bola basket ini juga dibatasi mengenai jumlah pemain yang bertanding di lapangan. Permainan ini dilakukan oleh dua tim dengan jumlah pemain bola basket terdapat 5 pemain. Kedua tim ini kemudian saling bertanding untuk memasukkan bola pada ring sebanyak- banyaknya.

Permainan bola basket ini pertama kali diciptakan yang dikhususkan untuk bermain di dalam ruangan. Namun seiring perkembangan zaman, permainan bola basket juga bisa dimainkan di luar ruangan. Permainan ini membutuhkan kerjasama tim yang solid agar bisa bermain sesuai dengan arahan pelatih. Semua itu pastinya didukung dengan memiliki teknik dasar yang bagus dan memiliki keunggulan skill sehingga bisa menaklukkan tim lawan.

Dalam satu tim bola basket terdapat 5 pemain utama yang akan bermain. Setiap pemain ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang sudah ditentukan oleh pelatih. Maka dari itu akan terciptalah sebuah permainan yang mengandalkan kerjasama dan strategi agar bisa lebih efektif dalam melancarkan serangan serta mendapatkan poin.

Di dalam  5 pemain ini terdapat 3 posisi utama dan fungsi masing-masing. Penasaran ? berikut ulasannya :

  1. Posisi Guard

Pada posisi ini dibagi lagi menjadi dua yaitu shooting guard dan point guard. Point guard ini merupakan pemain yang bertugas ebagai pengatur strategi agar bisa mencetak poin. Kalau shooting guard merupakan posisi seorang pemain yang memiliki tugas sebagai pencetak poin.

  1. Forward

Pada pisisi ini juga terbagi menjadi 2 posisi yaitu sebagai small forward dan power forward. Kalau small forward ini memiliki tugas untuk menembak mendapatkan poin, sementara power forward ini bertugas sebagai rebound bola yang bertujuan agar bola tidak dikuasai oleh musuh.

  1. Center

Pemain yang memiliki tugas pemain center yaitu pemain yang bertugas untuk bertahan ketika diserang oleh musuh. Pemain ini biasanya memiliki peranan yang paling besar dan berpengaruh didalam tim.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai jumlah pemain bola basket. Semoga dengan adanya penjelasan ini memudahkan anda dalam belajar teknik dasar yang ada pada permainan bola basket.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *