Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Papua Barat

Sudah menjadi hal yang tidak asing lagi tentang banyaknya jumlah penduduk di Indonesia. Kita bisa menengok kepadatan penduduk yang berada di Provinsi Papua Barat misalnya. Provinsi yang ibu kotanya bernama Manokwari dengan total luas wilayah 102.955,15 km² dan memiliki jumlah populasi penduduk 915.361 jiwa yang mana dengan kepadatan 8,89 jiwa/km². Provinsi yang berbatas langsung dengan Samudra Pasifik sebelah utara, Provinsi Papua sebelah timur, Laut Banda sebelah selatan dan Provinsi Maluku Utara di sebelah barat. Tanggal 4 Oktober 1999 merupakan hari jadi dengan semboyan Cintaku Negeriku.

Sejarah Provinsi Papua Barat

Provinsi Papua Barat memiliki sejarah panjang, dimana secara umum sejarah Papua Barat lebih didominasi dengan Papua sendiri. Daerah yang dulu dikenal dengan Irian Jaya dan berganti menjadi Papua setelah Indonesia merdeka. Dalam catatan sejarahnya di masa Kerajaan Sriwijaya pernah mengirimkan burung asli dari Papua untuk pemerintah Kerajaan China. Beda lagi dengan catatan di masa Kerajaan Majapahit dalam Kitab Negara Kertagama secara eksplisit Papua merupakan bagian dari wilayan Kerajaan Majapahit. Bahkan sebelum perang Dunis II pada saat pemerintah Hindia Belanda yang menjadikan satu Papua dengan Maluku dan dipertegas lagi dengan menunjukkan bahwa wilayah kolonial Belanda membentang dari Sumatra di sebelah barat sampai Papua disebelah timur. Hal ini menunjukkan Papua Barat atau Papua merupakan bagian dari bangsa yang pada 17 Agustus 1945 diproklamasikan dengan pernyataan bahwa seluruh wilayah bekas Hindia Belanda menjadi Negara Indonesia.

Potensi Wilayah Papua Barat

Banyak potensi yang sangat luar biasa yang terdapat pada provinsi Papua Barat, baik dari pertanian, pertambangan, hasil dari hutan, bahkan dari segi pariwisata. Banyak kabupaten di wilayah Papua Barat yang memiliki potensi yang baik. Seperti Sorong Selatan dengan industri tenun ikat, kabupaten Fak-Fak dengan sirup pala harum, dan kabupaten Raja Ampat dengan mutiara dan rumput laut. Kabupaten Raja Ampat sendiri bahkan menjadi salah satu destinasi pariwisata yang sangat tidak asing bagi para pelancong. Maka dari itu banyak sekali potensi yang sangat bisa dimanfaatkan sebagai penunjang ekonomi penduduk disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *