Jualan Squishy, Bisnis Rumahan Yang Layak Untuk Dikembangkan!

Bisnis rumahan seperti jualan squishy bisa menjadi alternaif pilihan untuk Anda saat ini. Pasalnya semakin ke sini, peminat squishy menjadi semakin banyak. Hal ini tidak lepas dari berbagai inovasi berkaitan dengan desain squishy.

Ditambah lagi proses pembuatan squishy sendiri cukup mudah dilakukan. Bahkan Anda sendiri pun sebenarnya bisa mengerjakannya langsung di rumah. Artinya squishy bisa dijadikan sebagai bisnis DIY atau Do it Yourself karena setiap orang bisa dengan mudah membuat kreasi-kreasi baru.

Bahkan jika Anda perhatikan, saat ini banyak tangan-tangan kreatif yang menyulap squishy tidak hanya sekedar mainan. Banyak yang menjadikan squishi menjadi ladang penghasilan sebagai usaha atau bisnis rumahan.

Kenapa Sebaiknya Menekuni Bisnis Jualan Squishy?

Sederhananya, ini merupakan hoby yang menghasilkan uang. Coba Anda perhatikan, kini squishy hadir dalam bentuk-bentuk yang semakin beragam. Mulai dari karakter-karakter lucu, buah-buahan, es krim, bahkan kini banyak squishy berbentuk karakter kartun atau superhero tertentu.

Selain hadir dalam bentuk gantungan kunci, kini cukup banyak squishy yang disulap menjadi aksesoris gadget atau perangkat gawai seperti smartphone hingga tas. Namun yang perlu diingat adalah squishy tidak melulu untuk gantungan kunci saja.

Sebab di tangan-tangan kreatif kini squishy banyak yang diubah ke dalam bentuk atau variasi lain yang dari segi tampilan membuatnya menjadi lebih cantik. Selain itu banyak juga yang menjadikan squishy ke dalam bentuk permainan lainnya.

Dari segi pembuatannya yang cukup mudah, kenapa Anda tidak berpikir untuk menciptakan berbagai kreasi squishy dan menjualnya. Meskipun tampak sederhana, ternyata omzet jualan squishy sangat besar. Apalagi jika Anda mampu menciptakan squishy yang berbeda dari yang lainnya.

pxhere.com

Yang Sebaiknya Dilakukan Pebisnis Baru

Banyak pekerjaan rumah yang perlu Anda selesaikan. Ketika Anda mampu menyelesaikannya, hasilnya akan sangat baik. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kuasai Materi serta Bahan Pembuatnya

Bagi Anda yang ada niatan untuk menjadikan squishy sebagai bisnis rumahan, pastikan untuk paham betul mengenai material dan bahan-bahan pembuatnya. Sekedar informasi, selain spons, ternyata ada beberapa bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat squishy.

Artinya menguasi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat squishy adalah hal yang tidak bisa ditawar. Tujuannya agar kreasi-kreasi squishy yang Anda buat lebih inovatif sehingga akan menghasilkan bentuk squishy yang berbeda dengan pada umumnya.

  1. Kenali Bentuk Dan Kekhasan Squishy

Hal paling mendasar selanjutnya yang harus diperhatikan adalah ciri khas desain squishy yang ingin dibuat. Meskipun dalam hal ini Anda terus berupaya untuk membuat kreasi-kreasi baru dari squishy.

Pasalnya ciri khas ini bisa dijadikan sebagai pertanda dan pengingat jika squishy tersebut memang benar-benar berasal dari tangan kreatif Anda sendiri. Dan ciri khas ini bisa Anda mulai dari kerapihan hasil, hingga bentuk lekukan-lekukan setiap karakter squishy yang Anda buat.

pxhere.com
  1. Temukan Inspirasi

Salah satu tantangan pada saat mengembangkan bisnis DIY seperti ini adalah inspirasi yang akan terus berjalan. Artinya tidak mudah untuk mendapatkannya. Meskipun demikian penting sekali untuk terus mencarinya.

Namun tampaknya di era bebasis digital seperti sekarang ini inspirasi bisa dengan mudah didapatkan. Meskipun demikian, jangan sampai Anda menjadi seorang plagiat karya orang lain. Alangkah baiknya jika kreasi squishy yang Anda buat benar-benar berasal dari ide Anda sendiri.

  1. Pasarkan Mulai Dari Diri Sendiri

Dalam sebuah bisnis, entah itu bisnis jualan squishy, pemasaran adalah salah satu hal yang banyak dikeluhkan. Apalagi dalam hal ini bisnis Anda adalah DIY. Namun sebenarnya hal ini bisa dengan mudah diatasi. Salah satu contohnya adalah memasarkan DIY Squishy lewat diri Anda sendiri.

Maksudnya bagaimana? Dalam hal ini Anda bisa menggunakan produk-produk yang Anda hasilkan untuk kebutuhan hiburan Anda dan teman-teman Anda. Dari sinilah awal Anda mengenalkan kreasi squishy yang Anda buat.

Selain itu, menggunakan berbagai media sosial seperti Instagram dan Facebook juga bisa menjadi alterntif lain. Anda juga bisa memasarkannya melalui YouTube. Anda bisa membuat video tutorial membuat squishy lalu Anda uploud di Youtobe. Dan pada akhir video Anda bisa mempromosikan hasil karya Anda ini.

pxhere.com
  1. Buat Pembukuan Secara Berkala Dan Terus-Menerus

Dalam sebuah bisnis, pembukuan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Artinya jika ingin bisnis Anda berjalan dengan lancar, maka lakukan pembukuan-pembukuan akuntasi secara benar dan tepat.

Masalahnya cukup banyak yang belum memiliki kompetensi untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembukuan semacam ini. Tapi tenang saja, jika Anda termasuk orangnya maka salah satu solusinya adalah meminta bantuan kepada aplikasi penjualan.

Sebuah aplikasi atau software yang akan membantu Anda mencatan semua transaksi bisnis Anda. Bahkan aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pencatat barang dagangan. Sehinga Anda bisa dengan mudah mengecek stok produk dagangan Anda. Sekarang sudah siapkah Anda untuk bisnis jualan squishy?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *