Persiapan Masuk Program Kelas Internasional FEB UGM

Setiap kampus tentunya mempunyai fakultas atau program studi favorit dan memiliki banyak peminat. Jika berbicara kampus terbaik dan tentunya favorit banyak calon mahasiswa, beberapa nama kampus terkenal tentunya akan terbersit dalam pikiran Anda. Salah satu kampus terbaik dan favorit adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM merupakan salah satu kampus negeri tertua yang ada di Indonesia dan kampus pertama yang berdiri setelah kemerdekaan Indonesia. Kampus yang terletak di Kota Pelajar, Yogyakarta ini memiliki jumlah peminat yang meningkat setiap tahunnya. Saat ini UGM memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, 1 sekolah pascasarjana dan berbagai program studi untuk program S2, S3 dan spesialis.

Untuk bisa masuk ke sebuah universitas, tentunya calon mahasiswa harus mampu memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh kampus tujuan, salah satunya adalah passing grade. Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki passing grade untuk masing-masing jalur masuk, seperi SNMPTN, SBMPTN maupun ujianĀ  masuk UGM.

Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu di UGM, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa passing grade yang telah ditentukan oleh kampus untuk masing-masing program studi. Umumnya passing grade setiap kampus akan mengalami perubahan setiap tahunnya.

Nilai passing grade biasanya dipengaruhi oleh jumlah peminat setiap tahunnya. Salah satu fakultas yang banyak diminati di UGM adalah jurusan yang ada di fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Fakulta Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM saat ini memiliki lebih dari 5000 mahasiswa dan memiliki lebih dari 200 staf pengajar yang profesional di bidangnya.

pxhere.com

FEB UGM menawarkan berbagai program, mulai dari sarjana, magister hingga program doktoral di beberapa bidang konsentrasi, diantaranya adalah Ekonomi Internasional, Ekonomi Publik, Ekonomi Moneter, Audit, Keuangan, Pemasaran, Pengetahuan dan Inovasi, Akuntansi Publik dan Perpajakan, Akuntansi Syariah, Manajemen Akuntansi, dan lain sebagainya.

Selain itu, FEB UGM juga membangun kerjasama dengan universitas luar negeri guna mendukung sistem pembelajaran dan juga mengembangkan mahasiswanya. Beberapa universitas luar negeri yang menjadi mitra FEB UGM diantaranya Rotterdam School of Management, Erasmus School of Economics, School of Marketing dan International Management dan lain masih banyak lagi yang terdapat di Belanda, Jerman, Korea, Jepang hingga Kanada.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di FEB UGM, ada beberapa jalur masuk yang bisa Anda ikuti, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, Ujian Tulis (UTUL), Penelusuran Bibit Unggul (PBU) dan International Undergraduate Program (IUP) atau seleksi program internasional. Anda dapat memilih salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UGM.

Jalur masuk SNMPTN merupakan seleksi nasinal yang dilakukan berdasarkan hasil prestasi akademik dengan menggunakan rapor. Selian itu, sekolah yang mengikuti seleksi ini harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Siswa yang mengikuti seleksi ini juga harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi akademik yang terdaftar di PDSS.

Untuk ujian masuk SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri. Hasil seleksi dilihat berdasarkan hasil UTBK dan atau hasil UTBK dan kriteria lainnya yang telah ditetapkan oleh PTN yang telah dipilih.

Selain seleksi SNMPTN dan SBMPTN, UGM juga menyelenggarakan Ujian Tulis (UTUL) yang dilaksanakan secara mandiri oleh UGM dengan mengacu pada hasil UTBK dan nilai UTUL. Sedangkan untuk seleksi PBU hanya dilakukan untuk program sarjana dan sekolah vokasi.

Seleksi PBU terbagi menjadi 4 golongan, yaitu Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) dan Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS).

pxhere.com

Tidak hanya membuka kelas reguler saja, UGM juga membuka kelas internasional untuk beberapa fakultas dan program studi, salah satunya adalah FEB UGM. Jalur seleksi program internasional terbagi menjadi 3, yaitu kelompok ujian Saintek (Sains dan Teknologi), kelompok ujian Soshum (Sosial dan Humaniora) dan kelompok ujian campuran yaitu Sanitak dan Soshum.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti seleksi program internasional, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Kelas IUP mewajibkan calon mahasiswanya untuk mengikuti beberapa tes, seperti tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan bahasa Inggirs (TOEFL ITP dan IELTS), Leadership Group Discussion (LGD) dan terakhir adalah wawancara.

Untuk persyaratan dan prosedur yang lebih detail, Anda dapat mengakses informasi melalui website resmi UGM. Selain mempersiapkan beberapa persayaratan, yang tidak kalah penting adalah persiapan mengikuti tes seleksi program internasional. Mengingat materi soal yang diujikan pada program internasional berbeda dengan soal reguler.

Salah satu cara mempersiapkan diri adalah dengan mengikuti bimbel IUP FEB UGM. Terdapat beberapa tempat bimbel yang menyediakan program bimbel IUP UGM. Anda dapat memilih beberapa program bimbel, mulai dari bimbingan all in one, karantina atau supercamp. Peserta bimbel juga diberikan fasilitas yang memadai. Daftarkan diri Anda, dan raih impian menjadi sarjana internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *