Data Harga Telur Terbaru

Telur sebagai salah satu bahan kebutuhan pokok memegang peranan yang cukup sentral dalam sebuah jaringan perdagangan. Tak hanya rumah tangga konsumen saja, rumah tangga industri baik rumahan maupun besar tentu membutuhkan adanya telur untuk menjalankan roda perekonomian terutama dalam sebuah industri food and beverage. Tak dapat dipungkiri pasokan telur dari para peternak kian hari kian meningkat seiring dengan bertambahnya permintaan pasar yang banyak. Hal ini terkadang berpengaruh langsung pada harga telur yang tidak stabil. Berikut akan kami sajikan beberapa data mengenai harga dan tips dalam memilih telur yang baik. Simak penjelasannya berikut ini.

Daftar Harga Telur Dalam Negeri Terbaru

Kebutuhan telur sebagai salah satu penyumbang protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh kian hari kian meningkat. Selain harganya yang terbilang murah, faktor kemudahan untuk mendapatkannya pun menjadi daya pendukung telur banyak digemari oleh masyarakat. Ditengah mahalnya harga daging, asupan kebutuhan protein dalam tubuh tentu menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Hal ini dapat dipenuhi dengan telur yang cukup memberikan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, hal lain yang menjadikan telur banyak digemari oleh masyarakat adalah kebutuhan industri yang membutuhkan adanya telur.

pxhere.com

Harga telur hari ini berbeda-beda tergantung dari daerah penyedianya. Rentang harganya berkisar antara RP 16.000 hingga Rp 20.000 untuk tiap kilogram telurnya. Hal ini tentu berbeda untuk jensi telur ayam kampung maupun telur bebek. Umumnya untuk kedua jensi telura tersebut memiliki harga jual yang rekatif lebih mahal karena pertimbangan beberapa hal.

Tips Memilih Telur yang Baik

Setelah menyimak harga telur yang berbeda-beda tiap daerah, saat ini Anda sangat dianjurkan untuk menyimak penjelasan mengenai tips memilih telur yang baik. Tak jarang seseorang akan merasa kesulitan untuk memilih jenis telur terbaik yang awet dan bagus dengan harga yang murah. Namun, kali ini Anda tidak usah merasa khawatir lagi karena Anda bisa mendapatkan informasi mengenai tips tersebut pada penjelasan berikut ini.

1.      Perhatikan Cangkang Telur Secara Detail

Bagi Anda yang melakukan pembelian telur di pasar atau supermarket, ada baiknya untuk memahami tips pertama berikut. Hal utama yang harus diperhatikan adalah melihat dengan detail cangkang telur yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda membeli telur dengan kondisi cangkang retak walaupun hanya sedikit.

Kalau telur dalam kondisi retak, maka besar kemungkinan bakteri akan masuk dengan mudah, sehingga telur akan cepat terkontaminasi. Tak hanya itu saja, udara yang masuk melalui pori-pori tersebut pun dapat menyebabkan telur cepat membusuk.

2.      Kocok Telur dengan Saksama

Hal kedua yang harus Anda perhatikan ketika membeli telur adalah suara kocokan yang terdengar. Anda bisa sedikit menggoyangkan telur yang akan Anda beli dengan menggunakan tangan. Pilih telur yang tidak terdengar suara kocokan ketika dikocok.

Namun, jika ketika Anda mengocok telur ternyata Anda mendapati telur bergerak seiring dengan gerakan tangan dan terdengar suara kocokan dari dalam telur, ada baiknya Anda tidak memilih. Mengapa? Ini debabkan telur dengan kondisi tersebut menandakan sudah tidak sehat dan sudah cukup lama.

3.      Periksa Bau dan Ukuran

Berkaitan dengan ukuran telur, mungkin kembali lagi pada keinginan dan kebutuhan masing-masing. Namun, ada baiknya Anda tetap memperhatikan kondisi tersebut karena telur yang mempunyai ukuran kecil menandakan bahwa telur tersebut berasal dari ayam yang masih muda, yakni dengan ciri khusus kuning telur ukurannya kecil serta cangkang telur sanagt keras.

pxhere.com

Sedangkan hal yang harus Anda perhatikan dengan serius adalah bau dari telur tersebut. Anda bisa mencium telur yang akan Anda beli terlebih dahulu, jika terdapat tanda-tanda telur berbau busuk maka dapat Anda pastikan sendiri bahwa telur tersebut dalam kondisi yang kurang baik.

Hal pasti yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa telur dengan cara memecahkannya. Jika telur dalam kondisi encer maka telur sudah cukup lama, sedangkan tellur yang baik maka kuning telur akan tetap utuh bulat ketika cangkang dipecahkan.

4.      Perhatikan Posisi Telur di Dalam Air

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa posisi telur di dalam air. Anda dapat memasukkan telur ayam di dalam segelas air. Jika posisi telur mengambang dengan keadaan agak miring, maka telur cukup baik karena paling lama berada dalam penyimpanan selama 3-5 hari. Begitupun ketika telur berada pada posisi berdiri, amak telur dalam keadaan baik denagn rentang waktu penyimpanan sekitar 10 hari. Hal yang tidak boleh Anda abaikan adalah ketika telur tersebut mengambang. Karena ketika mengambang maka telur tersebut dalam kondisi busuk dan tidak layak untuk dimakan.

Sebelum membeli telur, pastikan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Harga pun menjadi salah satu poin yang dapat Anda perhatikan dengan saksama, meski telur dapat dibeli secara satuan namun faktor harga telur yang terkadang relatif mahal tentu perlu untuk diperhatikan dengan matang sebelum melakukan pembelian. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *