Fakta Menarik Tentang SOP SAUDARA Khas Makassar

Sop saudara makanan tradisional berasal dari daerah Sulawesi Selatan dengan hidangan berkuah berbahan dasar utama daging sapi yang biasanya dibarengi pelengkap seperti perkedel, bihun, jeroan sapi, kentang, dan juga telur rebus.

Tentang SOP SAUDARA

Makanan Khas Makassar

Masakan berkuah yang satu ini biasanya dikonsumsi bersama dengan seporsi nasi putih hangat dan ikan bandeng yang dibakar khas Sulawesi Selatan.

Makanan Makassar memang ada beragam jenisnya, entah itu konro bakar, sop konro, pisang ape dan juga Sop saudara? Sop saudara tergolong kuliner yang sangat istimewa, kenapa?

Sejarah

Karena nama yang dipasarkan sedikit unik untuk dijadikan sebuah nama makanan, benar bukan? Jika anda penasaran filosofi yang terkandung di Sop saudara, sebenarnya asal mula nama ini cukup sederhana.

Menurut narasumber pertama, hanya bermaksud untuk menyantap makanan di warung Sop saudara miliknya seperti layaknya saudara dan mengerti satu sama lain. Bukan hanya itu saja, diharapkan ketika sedang makan diwarung Sop saudara akan merasa bersaudara dengan pemilik warung tersebut.

Lucu dan unik sekali bukan? Maka dari itu, dengan namanya yang sangat unik tersebut, ada banyak masyarakat sekitar bahkan luar daerah yang berbondong-bondong ingin mencicipi Sop saudara yang lezat itu.

Lokasi

Di daerah Makassar sendiri, ada banyak warung Sop saudara yang nangkring disekitaran jalan Makassar. Ada satu cabang didaerah Kabupten Pangkep, yang jika ditempuh dari pusat kota sekitar 60 km. Nah, bisa dibilang, didaerah Pangkep inilah asal muasal Sop saudara ini.

Dan terlepas dengan berbagai filosofi dan juga makna yang terkandung didalam namanya, Sop saudara juga sudah menjadi waiting list para wisatawan jika suatu saat mengunjungi daerah Makassar.

Bahan dan Bumbu

Sop saudara sendiri adalah sop yang berbahan dasar daging kerbau atau sapi, yag sudah dibumbui dan juga dimasak bersamaan bumbu khas dari Makassar. Jika menanyakan soal rasa dan tasty nya, Sop saudara jangan diragukan lagi kualitas dan juga kelezatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sop saudara juga cenderung mudah untuk didapatkan, bisa dicari diswalayan dan pasar-pasar tradisional kok.

Cara Mengolah

Cara memasaknya juga gampang, hanya tinggal merebus daging kemudian tambahkan tumisan bumbu yang sudah diulek seperti jahe, lengkuas, daun jeruk dan juga serai, kemudian tumis hingga harum.

Tahap yang terakhir, jangan lupa untuk menambahkan garam, gula, pala dan juga kayu manis. Lalu tunggu hingga dagingnya empuk lalu siap disajikan bersama perasan jeruk nipis ataupun bawang goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *