Fakta Menarik Ikan Sapu-Sapu

Bagi para penggemar ikan hias mungkin sudah tidak asing dengan ikan sapu-sapu atau pleco. Sesuai dengan namanya, jenis ikan ini biasanya memiliki kebiasaan membersihkan atau menyapu akuarium. Meskipun ikan jenis ini tidak bisa dikonsumsi tetapi keberadaannya di dalam akuarium atau kolam memang memiliki manfaat yang sangat penting.

Kebanyakan penggemar ikan hias berupaya memelihara pleco untuk menjaga kebersihan akuarium atau kolam ikan sehingga mereka tak perlu repot melakukan pembersihan. Dibalik keunikannya tersebut, ternyata ikan jenis ini memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat awam. Berikut ini akan dijelaskan fakta seputar ikan pleco atau sapu-sapu yang perlu anda ketahui.

  1. Merupakan Jenis Ikan Pemalas
    Meskipun ikan jenis ini memiliki kebiasaan menyapu akuarium atau kolam tetapi ternyata ikan ini justru termasukan ikan yang malas. Sebab ikan ini lebih sering menempel di dinding akuarium dibandingkan berenang seperti jenis ikan lainnya. Hal ini yang membuat ikan tersebut dijuluki sebagai ikan pemalas.
  2. Ikan yang Tahan Banting
    Jenis ikan ini memang termasuk tahan banting yaitu ikan yang bisa bertahan hidup dalam kondisi air yang buruk. Misalnya kondisi air yang sudah bercampur limbah maka ikan jenis ini tetap bisa hidup. Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang mudah mati jika berada dalam kondisi air yang buruk.
  3. Ikan Cinta Damai
    Meskipun anda memelihara ikan ini bersama dengan jenis ikan lain dalam satu akuarium maka anda tak perlu khawatir karena ikan ini termasuk ikan yang cinta damai dengan jenis ikan lainnya. Tetapi ada pula jenis pleco lain yaitu common pleco yang bisa melukai ikan lainnya.
  4. Suka Mentimun
    Ikan jenis ini termasuk dalam omnivora yang memakan makhluk hidup maupun mati. Biasanya jenis makanan hidup ikan adalah kutu air, algae dan infusoria. Sedangkan makanan tak hidup yang disukai ikan ini yaitu sisa pakan, algae wafer, ikan mati serta mentimun yang ditenggelamkan.
  5. Kumis Menjadi Ciri Kelamin
    Untuk membedakan ikan jantan dan betina maka anda bisa melihat dari panjang kumisnya. Ikan dengan kumis lebih panjang adalah ikan jantan dan ikan betina memiliki kumis yang lebih pendek.

Demikianlah penjelasan mengenai fakta menarik ikan sapu-sapu yang bisa menambah wawasan anda. Fakta-fakta menarik dari ikan jenis ini tentu membuat anda tak ragu memeliharanya serta memudahkan saat anda ingin membeli jenis ikan ini sebagai hiasan untuk akuarium atau kolam ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *