Fakta Belalang Sentadu

 

Belalang sentadi dikenal sebagai salah satu jenis belalang pemakan karnivora yang memiliki banyak keunikan tidak hanya dari makanan yang mereka makan tapi dari dari cara mereka kawin yang cukup ekstrem, karena pejantan akan mati setelah melakukan sebuah perkawinan dengn belalang betina. Belalang sentadu sangat terkenal dikalangan pecinta hewan serangga karena memang hewan ini memili banyak keunikan dan sering dijadikan sebagai keberuntungan. Salah satunya sering digunakan untuk nomor keberuntung pada permainan togel dan digunakan sebagai hewan peliharaan di rumah. Di bawah ini akan diulas lebih lanjut mengenai fakta tenang belalang sentandu, antara lain:

  1. Memilki Ribuan Spesies

Belalang sembah memiliki banyak spesies yakni jumlahnya sekitar 2.300 spesies. Dan dari begitu banyaknya spesies belalang sembah hanya ada salah satu jenis belalang yang memiliki ukuran terkecil, yakni Bolbe pygmaea. Ukuran tubuh mereka hanya sekitar 1 cm ketika beranjak dewasa. Dan untuk ukuran belalang sembah terbesar yakni jenis Ischnomantis gigas, dan tubuh mereka bisa berukuran hingga mencapai 17 cm serta dapat ditemukan pada daerah Sahel, Afrika Selatan.

  1. Menetas Dalam Kurun Waktu Lima Bulan

Telur-telur belalang sembah yang sudah disimpan oleh belalang betina akan menetas setelah berumur sampai 5 bulanan. Proses penetasannya pun tergolong cukup lama untuk belalang. Nimfa dari belalang sembah akan keluar dari sebuah telur yang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan belalang dewasa, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Lalu Nimfa belalang sembah akan mengalami sebuah proses pergantian kulit sebanyak 10 kali.

  1. Gesit

Belalang sembah termasuk salah satu jenis belalang yang memiliki kemampuan gesit dalam hal berburu mangsa. Ukuran kecepatan menyerang mereka sekitar 1/20 detik, dan hamipr sama dengan fitur yang ada pada pengaturan flash yang terdapat pada kamera DSLR.

  1. Berkorban

Dalam hal bereproduksi belalang jantan akan berkorban untuk belalang betika, yakni dimakan hidup-hidup oleh belalang betina tersebut. Karena dengan memakan belalang jantan tersebut belalang betina akan mendapatkan banyak nutrisi dari sumber makanan tersebut dan akan digunakan untuk pertumbuhan telur-telur tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa ketika melakukan reproduksi secara tak langsung belalang jantan akan mati setelah melakukan hal tersebut.

Fakta-fakta dari informasi di atas dapat menambah pengetahuan baru untuk kalian yang masih pemula dalam mempelajari belalang sembah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *