Eceran Harga Beras 1 Kg di Pasaran

Musim panas yang melanda Indonesia mempengaruhi harga jual beras per kg di pasaran. Musim panas kali ini lebih lama dan lebih panas dibandingkan sebelumnya. Akibatnya, jumlah panenan gabah menjadi turun. Selain hal itu, eceran harga beras 1 kg di pasaran disebabkan oleh beberapa hal yang mendasarinya.

Faktor yang mempengaruhi harga beras 1 kg di pasaran

  1. Harga gabah

Kenaikan harga gabah dari petani tak dapat dihindari. Jumlah panenan yang menurun akibat musim paceklik yang sedang melanda. Musim panas di pada tahun  ini memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Akibatnya tanah menjadi kekurangan air, dan panen menurun. Panen yang turun ini mengakibatkan harga gabah naik. Pada akhirnya harga beraspun juga ikut naik

  1. Kualitas beras

Kualitas beras medium dan premium otomatis akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan beras dengan kualitas yang rendah. Beras dengan kualitas rendah ini keadaannya banyak beras yang pecah. Sedangkan beras medium, masih mengandung beras yang pecah namun hanya sedikit.

Sedangkan untuk beras premium biji beras berbentuk baik dan utuh-utuh.Untuk beras kualitas rendah dibanderol dengan harga Rp. 8.931. beras dengan level medium dijual dengan harga Rp. 9.519.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *