Durian Kupas, Tentang Kelebihan dan Kekurangannya

Duri buah yang tajam memang kerap menjadi rintangan yang harus dihadapi oleh penikmat buah durian. Namun, masih ada alternatif lain bagi penikmat durian yang tak ingin repot untuk mengupas buah durian, yaitu durian kupas. Meski begitu, durian kupas memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Durian Kupas

Durian kupas memang lebih praktis untuk dinikmati karena Anda tidak perlu lagi untuk mengupas kulit buah durian yang penuh duri. Harga durian kupas juga umumnya lebih murah dibanding durian buah. Namun, pembeli tidak dapat melihat seperti apa penampilan buah durian yang masih utuh. Bisa saja buah durian kupas yang dijual merupakan buah durian yang sudah pecah.

Kecuali jika durian kupas yang dimaksud adalah durian buah yang dikupas di depan pembeli secara langsung. Durian kupas dari segi rasa, aroma, bahkan tekstur legitnya kemungkinan sudah berkurang. Karena itulah durian kupas mungkin bukan pilihan tepat bagi Anda yang suka menikmati buah durian secara langsung.

Meski tidak terlalu cocok untuk dimakan secara langsung, tapi durian kupas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pebisnis olahan buah durian seperti es krim, pancake atau kue durian. Selain karena lebih praktis dan tidak perlu mengupas, harga durian kupas juga umumnya jauh lebih murah dibanding durian buah. Harganya bahkan bisa mencapai setengah dari harga durian buah.

Harga durian kupas masih bisa lebih murah tergantung dari penawaran serta jumlah pembelian. Selain tersedia dalam bentuk durian kupas dengan biji, ada pula durian kupas yang tinggal daging buahnya saja. Namun, durian kupas tanpa biji umumnya hanya tersedia di kios-kios besar, misalnya di Pekanbaru.

Durian kupas di Pekanbaru yang yang sudah tidak mengandung biji dihargai sekitar 100 ribu rupiah satu kantung dengan bobot 1 kilogram. Selain praktis, durian kupas tersebut juga dapat disimpan di dalam mesin pendingin agar lebih awet dan tahan lama. Dengan begitu, persediaan durian tetap terjaga meskipun musim buahdurian telah lewat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *