Begini Cara Menjadikan Anak Hafal Juz Amma Yang Harus Anda Tahu

Juz Amma atau juz ketiga puluh di dalam Al Quran adalah juz terakhir yang di dalamnya banyak berisi surat pendek dan banyak dihafalkan oleh umat muslim sebagai surat pendek yang digunakan saat sholat. Sejak kecil, anda bisa mulai menjadikan anak hafal Juz Amma agar kedepannya anak mampu menghafal surat-surat pendek tersebut. Untuk itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara yang tepat untuk membiasakan dan mengajari anak untuk menghafal Juz Amma.

Cara Menghafal Juz Amma Untuk Anak-Anak

  1. Dengan Menghafal Surat Pendek Terlebih Dahulu

Di dalam Juz Amma, biasanya akan terdapat surat pendek yang lebih mudah dihafal. Untuk membuat anak anda lebih cepat menghafalnya, maka anda bisa memulai untuk mengajak anak anda menghafalkan surat yang pendek terlebih dahulu. Anda bisa mulai dari surat yang memiliki ayat yang pendek dahulu, seperti surat Al Kautsar. Dengan menghafalkan dan mengajarkan anak untuk membaca dan mempelajari surat tersebut, maka nantinya anak lebih mudah untuk menghafalnya.

  1. Dengan Memiliki Jadwal Untuk Berhafal

Anak-anak biaanya akan lebih suka jika memiliki waktu khusus untuk menghafal. Untuk itu anda bisa menyiapkan jadwal khusus yang nantinya akan menjadikan anak hafal Juz Amma dengan cepat. Anda bisa dengan menyediakan waktu yang khusus bagi anak untuk menghafal setiap harinya, seperti saat setelah shalat subuh atau setelah shalat ashar. Bisa juga anda mengganti jadwal berdongeng anda sebelum tidur dengan menghafal surat-surat pendek di dalam Juz Amma.

Dengan begitu, anak nantinya akan memiliki waktu terjadwal yang khusus untuk melakukan hafalan. Dengan memiliki konsistensi tersebut, maka anak pun akan lebih cepat untuk mempelajari dan menghafal surat pendek di dalam Juz Amma. Ditambah lagi, waktu-waktu tersebut merupakan saat yang paling efektif bagi anak untuk menghafal surat-surat pendek di dalam Juz Amma dikarenakan pikiran lebih mudah untuk menangkap hafalan.

  1. Dengan Memberi Hadiah Untuk Memotivasi Anak

Belajar Juz Amma dengan anak tentunya harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Hal ini tentunya akan membuat anak senang dan lebih semangat dalam mempelajari dan menghafal Juz Amma. Anda bisa dengan memberikan hadiah-hadiah kecil yang lucu, seperti permen ataupun biskuit ketika anak anda berhasil menghafal satu surat pendek. Dengan menjadikan anak hafal Juz Amma melalui cara yang fun akan membuat anak ingin mempelajarinya terus menerus.

  1. Dengan Menggunakan Aplikasi Atau Mendengarkan Ayat Melalui Mp3

Cara ini juga bisa anda lakukan agar anak menjadi lebih cepat untuk menghafal. Ditambah lagi di jaman yang serba canggih ini, maka anak pun bisa menghafal Juz Amma melalui teknologi yang tidak membosankan. Disini, anda bisa dengan mengunduh aplikasi ataupun download Juz Amma ke dalam tablet ataupun ponsel kamu. Dengan begini, anak yang biasanya hanya menonton film di ponsel akan dapat mendengarkan surat-surat pendek di dalam Juz Amma.

Cara ini tentunya dapat menjadikan anak hafal Juz Amma dengan sendirinya karena anak akan terbiasa mendengarkan lantunan surat pendek di dalam tablet atau smartphone anda. Sehingga anak anda nantinya akan otomatis hafal surat pendek yang ada di dalam Juz Amma secara perlahan-lahan. Dengan mendengarkan bacaan tersebut, tentu saja proses menghafal akan bisa dilakukan dengan cepat dan dengan cara yang disukai oleh anak-anak.

  1. Dengan Memuji Anak Di Depan Tetangga Ataupun Keluarga

Anak-anak biasanya cenderung lebih suka melakukan suatu hal jika hal tersebut ternyata di perhatikan oleh orang di sekitarnya. Anda pun bisa dengan memuji dan menyemangati anak anda di depan tetangga ataupun kerabat agar anak anda lebih semangat untuk menghafal Juz Amma. Dengan anda sering memuji dan membenarkan bacaan surat pendek yang dihafal oleh anak anda, maka hal tersebut akan membuat anak menjadi lebih semangat dalam mempelajari Juz Amma.

  1. Dengan Menentukan Jumlah Hafalan Setiap Harinya

Untuk mengajarkan anak menghafal Juz Amma, anda pun bisa dengan mulai untuk menentukan jumlah surat pendek yang harus dihafal anak setiap harinya. Tentu saja hal ini menjadi cara yang cukup efektif agar anak mampu menambah kadar hafalannya di setiap harinya. Anda bisa dengan menentukan kadar hafalan dalam sehari yang mudah dipenuhi hingga nantinya hafalan anak menjadi lebih kuat.

Hal ini tentu saja akan menjadikan anak hafal Juz Amma dengan lebih mudah dan cepat. Melalui cara tersebut, juga dapat memudahkan anak dalam proses hafalan selanjutnya. Untuk jumlah hafalannya tidak bisa anda samakan untuk setiap anak. Hal ini dikarenakan setiap anak pastinya memiliki tingkat kemampuan hafalan yang berbeda. Serta jumlah hafalan pun juga tergantung dari kecerdasan dan kecepatan hafal yang dimiliki setiap anak.

Untuk itu, agar anak anda mampu untuk mennghafal Juz Amma dengan cepat maka anda bisa mengulang-ngulang hafalan hingga benar-benar hafal. Oleh sebab itu jangan sampai ada yang hafalan yang terlewati ataupun mengulang hafalan yng sebelumnya belum pernah dipelajari agar hal tersebut tidak membuat anak anda kebingungan. Ketika awal menghafal, anda juga bisa memperdengarkannya berulang kali agar anak telah terbiasa mendengar bacaan dari Juz Amma ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *