Cara Menjadi Peternak Sapi yang Sukses

Kebutuhan daging sapi serta susu sapi yang tinggi menjadikan beberapa orang ingin menjadi peternak sapi. Sapi dengan kondisi yang baik, mampu menghasilkan hasil ternak yang berkualitas. Harga sapi pun mudah melonjak tinggi, sehingga meningkatkan produksi sapi ternak. Untuk menjadi peternak sapi tidaklah mudah, dibutuhkan skill dan pengetahuan yang baik tentang dunia peternakan, khususnya sapi. Berikut beberapa cara menjadi peternak sapi yang sukses.

  1. Memiliki Pengetahuan Tentang Sapi

Sebelum memilih menjadi peternak sapi, seseorang harus mengetahui banyak informasi mengenai sapi, mulai dari struktur tubuh sapi dan karateristik sapi itu sendiri, pakan sapi, serta habitat sapi itu sendiri. Seorang peternak sapi dapat mempelajari tentang sapi dari berbagai media yang ada, seperti dari buku dan artikel di Internet.

  1. Mempersiapkan Lahan Ternak

Untuk berternak sapi tentunya banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya adalah kandang untuk sapi ternak. Dibutuhkan lahan yang luas untuk membangun kandang sapi. Terdapat beberapa tips dalam memilih lahan berternak sapi, pertama, pilihlah lahan ternak yang bersih dan terbukti tidak bermasalah. Jauhilah lahan yang dekat dengan lokasi pembuangan sampah. Kedua, pilihlah kawasan peternakan yang dekat dengan sumber air bersih, sehingga kebutuhan air bersih bagi perkembangan sapi terpenuhi.

Ketiga, pilihlah lokasi peternakan yang mudah dijangkau, hal ini dilakukan agar sapi-sapi nantinya mudah untuk didistribusikan. Keempat, pilihlah lahan ternak sapi yang jauh dari pemukiman warga. Kotoran sapi yang berjumlah banyak dapat mengganggu kenyamanan warga karena baunya yang tidak enak. Kelima, usahan mencari lahan peternakan yang memiliki tanah yang subur. Tanah yang subur dapat menyediakan sumber makanan yang cukup bagi sapi.

Rumput-rumput liar yang tumbuh di tanah yang subur, seperti rumput ilalang, rumput kolonjono dan rumpu gajah dapat menjadi pakan alami bagi sapi. Kelima, akan lebih baik apabila peternakan sapi dekat dengan sentra penjualan sapi ataupun pabrik pengolah hasil ternak sapi, sehingga akan mempermudah pendistribusian hasil ternak sapi.

  1. Mempersiapkan Anggaran

Tentu saja yang terpenting dari sebelum memiliki peternakan sapi adalah mempersiapkan anggaran. Persiapkan anggaran untuk membeli beberapa bibit unggul sapi. Persiapkan juga anggaran untuk membeli lahan peterakan, dan juga anggaran pembelian pakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *