Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Sampai Sukses

Sekarang ini, orang mulai tertarik untuk berbisnis online. Kenapa demikian? Ya salah satu alasannya karena si penjual tidak perlu repot-repot buka tutup lapak/toko mereka. Dan juga dimanapun dan kapanpun asal memiliki waktu serta koneksi yang memadai, maka bisnis online bisa dilakukan. Akan tetapi bagi Anda yang sudah memiliki toko, namun ingin memperluas jangkauan konsumen, bisnis online juga dapat menjadi alternatif yang cocok.

Kutipan Bob Sadino

Saya jadi ingat salah satu kutipan mendiang Bob Sadino yang mengatakan,

Kebanyakan orang bertanya, “Bisnis apa yang bagus?”, lalu beliau menjawab, “Bisnis yang bagus ialah bisnis yang dibuka.”

Jadi, makna yang dapat kita petik dari ungkapan beliau ialah, apapun bisnisnya itu baik, asalkan kita mampu membawa bisnis kita ke arah positif.

Hal-hal Vital Dalam Berbisnis

Nah, apabila Anda sudah memiliki tekad dan niat dengan disertai komitmen untuk melakukan bisnis online, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal vital yang nantinya akan berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya bisnis Anda. Yaitu :

1.      Modal

Karena Anda berbisnis online, modal yang akan menjadi pokok utama ialah gadget dan koneksi yang cukup. Anda bisa menjualbelikan barang orang lain, sehingga Anda tidak harus memiliki barang sendiri.

2.      Produk yang Hendak Dijual

Setelah modal gadget serta koneksi (beserta kuota tentunya) dirasa sudah cukup untuk melakukan jual beli online, Anda harus menentukan pula kira-kira produk apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan tinggi permintaan pasarnya. Contoh saja usaha makanan atau katering.

3.      Pasar yang Dituju

Kemudian jika Anda sudah benar-benar yakin dengan produk tersebut, Anda juga perlu melakukan observasi mengenai siapa yang akan menjadi sasaran Anda nantinya. Seperti yang saya sebutkan tadi, usaha makanan/katering bisa Anda tawarkan di instansi-instansi sekitar kediaman Anda. Misalnya saja, puskesmas.

4.      Strategi Pemasaran

Apabila Anda sudah menemukan calon konsumen, maka langkah selanjutnya yakni melakukan strategi pemasaran. Bagaimana Anda mempromosikan barang dagangan Anda akan menjadi penyebab kelangsungan bisnis yang Anda jalankan.

 

Bisa saja Anda memberikan promo-promo unik yang semakin menarik minat si pelanggan. Makanan misalnya. Jika Anda memiliki kedai, dan membuka usaha ‘Ayam Geprek’. Bisa saja Anda memberikan promo, ‘Gratis tempe goreng / gratis teh manis, jika membeli minimal 5 porsi / jika membeli pada Hari Jumat’. Saya yakin promo tersebut dapat menarik minat konsumen. Selain dagangan Anda laku, Anda juga bisa bersedekah kepada sesama.

5.      Kelangsungan Bisnis

Empat aspek diatas tadi yang sudah dijelaskan tentu sangat berpengaruh terhadap usia bisnis Anda. Namun selain itu, Anda juga perlu memperhatikan prospek bisnis yang Anda jalankan. Sebab, terkadang beberapa usaha hanya berlangsung sebentar. Salah satu faktornya ialah karena usaha tersebut memang hanya ikut-ikutan.

Contohnya saja usaha ‘Es Kepal Milo’. Pada pertengahan tahun 2018, ada banyak sekali jenis usaha tersebut. Namun, kini sangat jarang yang menjualnya bahkan hampir punah.

 

Daftar Bisnis Online Untuk Pemula

Apabila Anda merupakan seorang pemula dan memulai bisnis online dari nol, maka telah kami sajikan beberapa bisnis yang cocok untuk Anda. Berikut daftar jenis bisnis online untuk pemula, antara lain :

1.      Dropshipper/Reseller

Dropship merupakan kegiatan menjual barang milik orang lain (produsen/pemilik barang awal) kepada konsumen, akan tetapi kita tidak mengetahui kondisi barang tersebut, karena barang dikirim kepada konsumen langsung dari si produsen.

 

Sementara ‘Reseller’ merupakan kegiatan menjual barang produsen, yang sebelumnya telah disalurkan oleh distributor, produsen, maupun agen atau supplier langsung yang sudah bersepakat. Sehingga, bisa dikatakan ‘Reseller’ ini memiliki stok barang dan tahu plus minus barang yang akan dijual.

 

2.      Makanan Ringan

Disela-sela kesibukkan Anda, khusunya bagi ‘ibu-ibu wonder women’ yang ingin menambah pemasukan keluarga, usaha ini agaknya cocok untuk Anda. Bisa bekerja sama dengan para tetangga untuk produksinya. Atau jika ibu-ibu mampu memproduksi sendiri itu malah lebih bagus.

 

Ada banyak jenis makanan ringan yang digemari oleh para anak-anak terutama, misalnya keripik dan mie lidi. Buat tampilan makanan ringan semenarik mungkin dan bungkus dengan kreasi Anda. Namun tetap kualitas jangan sampai kalah menarik dengan tampilan luarnya ya, Bu. Hehe.

Daftar makanan ringan yang bisa dijadikan bisnis kecil-kecilan, antara lain :

  1. Keripik singkong;
  2. Kerupuk udang;
  3. Cup cake;
  4. Brownies;
  5. Nugget pisang;
  6. Mie lidi.

 

3.      Pulsa

Bagi Anda yang ingin berbisnis usaha online yang simpel, bisa memilih alternatif bisnis pulsa online. Tentunya tidak melulu pulsa ponsel yang akan Anda jual, tetapi juga pulsa listrik (token listrik). Sebab, sekarang hampir di setiap rumah memiliki sistem listrik prabayar.

Sehingga, jika Anda melakukan transaksi pulsa agaknya akan menjadi usaha yang cocok dan jika dilihat dari tingkat kerugian bisnis pulsa memiliki tingkat kerugian yang paling rendah. Selain itu, tidak ada proses produksi yang akan mengurangi waktu promosi kita.

 

Demikian artikel mengenai cara memulai bisnis online dari nol. Jangan cepat putus asa apabila Anda sudah benar-benar memulai bisnis online tersebut. Selalu berpikiran positif, agar Anda tidak terlalu pesimis. Giatlah melakukan promo dan pertahankan atau tingkatkan kualitas barang dagangan Anda.