Cara Membuat Kartu Nama Mudah dengan Berbagai Aplikasi

Pesatnya kemajuan teknologi saat ini berdampak pada semakin mudahnya cara membuat kartu nama. Banyak aplikasi pembuatan kartu nama yang bermunculan dan bisa diakses siapa saja. Selain menguntungkan individual, tentu realita ini juga memudahkan para pelaku bisnis di bidang tersebut seperti jasa desain grafis dan percetakan.

Aplikasi Pembuatan Kartu Nama Manual

Membuat kartu nama sederhana sendiri tanpa memiliki dasar sebagai desainer grafis bukanlah hal yang mustahil sekarang. Pilihan dari aplikasi pembuatan kartu nama dewasa ini sangatlah banyak :

1.      Canva

Aplikasi yang dapat digunakan di gawai Android dan iPhone ini menyediakan opsi pembuatan kartu nama sederhana yang mudah dan cepat. Meski begitu, hasilnya tetap elegan. Terdapat berbagai template gratis dan berbayar yang bisa dipilih. Selain membuat kartu nama, Canva juga digunakan untuk membuat latar kutipan dan cover buku yang cantik.

2.      Microsoft Word 2010

Bagi pengguna desktop dengan sistem operasi Windows 10, tidak perlu repot mengunduh aplikasi lain. Ada cara mudah dalam membuat kartu nama, yaitu melalui aplikasi Microsoft Word 2010 dengan memanfaatkan fitur ‘templates’. Pengguna juga bisa menambahkan template sendiri bila merasa daftar yang ada kurang memuaskan.

unsplash.com

3.      Benbo

Selangkah lebih maju, Benbo menawarkan opsi yang tidak dimiliki kompetitornya. Tidak hanya bisa membuat kartu nama dengan banyak pilihan template, pengguna juga dapat berinteraksi dengan komunitas terkait data yang dicantumkan dalam kartu nama tersebut. Dilengkapi pula fitur message agar antar pengguna lebih mudah berkomunikasi.

4.      iBusiness Card

Tidak ingin dibuat bingung dengan pilihan template yang sangat banyak? Maka aplikasi iBusiness Card merupakan opsi cara membuat kartu nama yang tepat. Ada dua pilihan, yaitu membuat kartu nama personal dan logo bisnis. Template yang tersedia memiliki konsep minimalis.

Pengguna yang memanfaatkan aplikasi pembuatan kartu nama di atas dapat menyimpan fail kartu nama dalam bentuk digital maupun cetak. Jadi, jika ingin bertukar identitas secara online, dapat membagikan fail digital dari kartu nama tersebut. Sementara untuk mencetaknya bisa menggunakan printer biasa.

unsplash.com

Aplikasi Pembuatan Kartu Nama Khusus Desainer Grafis dan Percetakan

Namun, bila menginginkan kartu nama dengan desain dan hasil cetakan terbaik, tidak ada pilihan selain memercayakannya pada jasa desainer grafis atau percetakan. Pertimbangan utama adalah keterampilan ahli dan teknologi modern yang digunakan sebagaimana layanan dari percetakan Jakarta. Bicara soal aplikasi yang digunakan, ada beberapa nama populer :

1)     Corel Draw

Aplikasi yang sudah tersohor untuk keperluan desain grafis ini merupakan opsi pertama yang biasa digunakan desainer maupun percetakan untuk keperluan pembuatan kartu nama. Cara membuat kartu nama menggunakan Corel Draw cukup rumit, sehingga membutuhkan seseorang yang minimal memahami dasar program editing grafis.

2)     Adobe Photoshop

Meskipun lebih dikenal sebagai aplikasi editing foto, namun Adobe Photoshop memiliki fitur lain, yaitu membuat kartu nama. Penggunaannya lebih rumit lagi jika dibandingkan dengan Corel Draw. Namun tidak dapat ditampik bahwa hasil pembuatan kartu nama dengan Adobe Photoshop tampak lebih menarik.

Tidak jarang pula para desainer grafis memilih untuk membuat kartu nama dengan menggabungkan fitur-fitur dari kedua aplikasi tersebut.

pixabay.com

Membuat Kartu Nama Sendiri vs Menggunakan Jasa Percetakan

Kehadiran aplikasi-aplikasi di atas sering kali menimbulkan kebingungan pada individu untuk membuat sendiri kartu namanya atau menggunakan jasa percetakan. Bisa dibilang, tidak ada yang salah dengan kedua opsi tersebut, karena pilihan dikembalikan lagi pada kebutuhan dan dana yang dimiliki. Namun, masing-masingnya memiliki keunggulan dan kelemahan :

  • Membuat kartu nama sendiri tidak memerlukan dana yang besar sedangkan menggunakan jasa percetakan cukup menguras kantong.
  • Kartu nama yang dibuat sendiri tetap tidak bisa mengalahkan kartu nama yang ditangani profesional percetakan.
  • Hasil cetakan kartu nama yang dibuat sendiri tidak bisa sebagus milik percetakan, khususnya bahan dan pewarnaan.
  • Kartu nama buatan sendiri cenderung tidak tahan lama karena tidak menggunakan tinta khusus sebagaimana yang biasa dipakai percetakan.

Jadi, cara membuat kartu nama sendiri memang semakin mudah. Meski begitu, untuk hasil yang maksimal tetap lebih disarankan menggunakan jasa percetakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *