Cara Aman Untuk Membersihkan Layar Laptop Dari Noda

Cara membersihkan layar laptop berbeda dengan membersihkan kaca dari noda. Bagaimanapun juga, di balik layar laptop terdapat komponen lembut yang sangat sensitif. Terutama pada sentuhan keras. Jangan salah, karena dapat berakibat fatal.

Matikan laptop saat hendak dibersihkan merupakan syarat mutlak. Terkadang saat tengah menggunakan laptop, kita melihat ada noda atau debu yang menghalangi pandangan. Refleks tangan ingin mengulik kotoran tersebut. Namun, sebaiknya tahan dulu keinginan tersebut. Pastikan laptop ada dalam kondisi mati saat dibersihkan. Ini untuk meminimalkan risiko kerusakan dan konsleting.

Mengapa Layar Laptop Harus Dibersihkan?

Banyak orang yang tak menyadari bahwa layar laptop yang seringkali digunakan ada dalam kondisi kotor. Kotoran yang menempel tentu sangat mengganggu pandangan. Tak hanya itu saja, kotoran berupa debu yang tertinggal dan tak segera dibersihkan akan menempelĀ  pada layar. Bukan tidak mungkin, debu tersebut dapat berpindah ke bagian keyboard saat laptop ditutup dan mengendap di sela keyboard.

Menjaga kebersihan laptop, termasuk layar dan keyboard merupakan salah satu cara menjaga kondisi laptop agar tetap awet. Laptop yang terawat tentu akan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Layar laptop yang kotor memiliki beberapa efek buruk. Seperti noda yang merusak mata, goresan bahkan jamur. Untuk mencegah hal-hal tersebut, maka layar laptop perlu dibersihkan secara berkala dengan cara yang tepat.

Cara Membersihkan Layar Laptop dari Noda dan Debu

www.charis.id memiliki banyak konten yang mengupas tentang cara merawat laptop. tak hanya melalui kalimat instruksi saja. Namun juga dilengkapi dengan gambar sebagai ilustrasi. Sehingga terlihat lebih jelas.

Salah satunya adalah cara yang tepat dalam merawat laptop beserta komponennya. Perlu diketahui, laptop memiliki komponen perangkat lunak yang terbilang cukup sensitif. Baik terhadap sentuhan maupun cairan. Sehingga Anda harus berhati-hati dalam merawatnya.

Begitu pula dalam upaya membersihkan layar laptop. Setiap noda memiki cara mempersihkan yang berbeda-beda. Laptop yang seringkali dibiarkan terbuka sudah pasti akan banyak debu yang menempel. Dalam kondisi ini, cara membersihkan layar laptop cukup dengan mengusapnya dengan kain yang memiliki serat lembut.

Microfiber merupakan salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk membersihkan layar laptop dari debu. Bagi yang masih asing, microfiber adalah jenis kain yang sama yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Kain ini didesain khusus untuk membersihkan permukaan yang licin dan sensitif untuk menghindari goresan.

Untuk membersihkan laptop, usapkan microfiber dengan satu arah. Gunakan cairan khusus untuk membuat layar menjadi lebih kinclong dan bebas noda. Hindari gerakan melingkar atau bolak-balik. Karena hanya dapat memindahkan debu dan kotoran dari satu sudut ke sudut yang lain saja. Jangan lupa, pastikan untuk mematikan laptop terlebih dahulu sebelum dibersihkan ya.

Amankah Membersihkan Layar Laptop dengan Kain Basah?

Membersihkan layar PC atau laptop dengan kain yang telah dibasahi memang bisa menjadi pilihan. Yang menjadi catatan, kain yang telah dibasahi harus diperas terlebih dahulu. Sehingga kandungan airnya benar-benar minimal. Jangan sampai ada air yang masuk ke sela-sela keyboard.

Selain kain basah, bisa juga menggunakan spons yang memiliki permukaan halus. Alat ini sangat ampuh untuk membersihkan layar laptop dari noda yang membandel. Usap lembut secara berulang pada bagian yang terkena noda. Jika noda sudah benar-benar hilang, keringkan permukaan layar laptop dengan tisu kering atau kain lap yang kering.

Membersihkan Layar Laptop dengan Minyak Kayu Putih

Menggunakan cairan khusus untuk membersihkan layar laptop bisa menjadi pilihan yang tepat. Cairan semacam ini sudah banyak dijual baik secara online maupun offline. Harganya pun tak begitu mahal. Bahkan biasanya sudah dijual sepaket dengan kain khusus yang sangat aman untuk membersihkan layar laptop.

Namun, dalam kondisi mendesak, tak ada salahnya menggunakan peralatan seadanya yang ada di rumah. Seperti minyak kayu putih, baby oil, bahkan minyak sayur. Kandungan minyak mampu membuat noda yang menempel menjadi lebih mudah terangkat.

Namun, setelah membersihkan laptop dengan minyak, jangan lupa untuk membersihkan bekas minyak tersebut ya. Bisa dengan mengusapnya dengan tisu basah. Atau bisa juga dengan kain yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Hanya untuk membersihkan bekas minyak agar tak berpindah ke bagian lain.

Cara membersihkan layar laptop terbilang cukup mudah dan sederhana. Untuk menjaga kondisi layar agar tetap awet, gunakan pelindung layar yang tahan terhadap goresan. Selain itu, hindari kegiatan mengulik layar laptop dengan kuku atau benda tajam lainnya. Jika nampak ada noda, segera bersihkan dengan kain maupun tisu agar tak membandel.