Cara Kirim Barang ke Jepang Termudah

Jepang menjadi salah satu negara yang sering dikunjungi oleh Warga Negara Indonesia. Utamanya sebagai tujuan untuk menempuh pendidikan dan berlibur. Negara Jepang yang berada cukup jauh dari Indonesia membuat tidak mudah bolak balik antara Jepang – Indonesia.

Untuk itu, jika hendak memberikan sesuatu kepada sanak keluarga yang berada di Jepang harus menggunakan ekspedisi agar bisa sampai. Artikel ini akan membahas hal-hal yang berkaitan mengenai kirim barang ke Jepang.

Cara Kirim Barang ke Jepang

Dalam melakukan pengiriman barang ke luar negeri, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya yaitu :

  • Memilih ekspedisi yang sudah berpengalaman dan terpercaya di bidangnya
  • Melakukan konsultasi terkait ketentuan dan regulasi negara tujuan tentang pajak dan bea cukai
  • Mencari informasi tarif dalam pengiriman paket
  • Melakukan packing barang dengan baik dan seaman mungkin agar tidak terjadi kerusakan akibat perjalanan
  • Tidak mengirim barang-barang yang terlarang, misalnya senjata tajam, narkoba, dan zat kimia berbahaya
  • Mengirimkan paket ke ekspedisi yang sudah dipilih dan meminta resi pengiriman
  • Melakukan pelacakan barang yang dikirimkan agar sampai tujuan dengan aman

Banyak sekali ekspedisi yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan barang dari Indonesia ke Jepang. Beragam pelayanan dan keunggulan ditawarkan oleh masing-masing ekspedisi. Waktu pengirimannya pun beragam, mulai dari ekspres hingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut ini beberapa ekspedisi yang bisa digunakan untuk kirim barang ke Jepang.

1.    DHL

DHL merupakan Freight dispatch services yang sering digunakan untuk melakukan pengiriman mancanegara. DHL sudah berpengalaman dan terpercaya dalam melakukan pengiriman barang. DHL juga akan memberikan panduan terkait pengurusan pajak dan bea cukai. Kamu bisa melakukan pelacakan pengiriman melalui website DHL untuk memantau pengiriman barang kamu agar lebih aman.

2.    ATD Express

ATD express menawarkan pelayanan pengiriman barang ke luar negeri dengan pengiriman langsung ke alamat tujuan kamu di Jepang. Pengiriman menggunakan ATD Express mudah untuk dilacak karena kamu bisa melakukan kontak langsung dengan perusahaan ekspedisi yang bertanggung jawab dalam pengiriman paket kamu.

3.    ZIP Courier International

Pengiriman menggunakan layanan ZIP dilakukan melalui jalur udara. Waktu pengiriman barang menggunakan ZIP yaitu 5-6 hari kerja dengan harga terbaik dan lebih hemat. Jepang menjadi negara favorit pengguna ZIP sebagai tujuan pengiriman barang.

Kirim barang ke Jepang menggunakan layanan ZIP tidak membutuhkan persyaratan khusus. ZIP juga tidak menetapkan jumlah minimal pengiriman. Barang dalam jumlah kecil sampai ukuran kargo yang mencapai ratusan kilo bisa dikirim menggunakan ZIP.

4.    IndoShipping

Kamu bisa mengirimkan barang melalui IndoShipping mulai dari baju, sepatu, dan sejenisnya. Atau barang kosmetik dan suplemen dengan berat maksimal 1 kg. Pengiriman paket menggunakan IndoShipping ke Jepang membutuhkan waktu 7-14 hari untuk ekonomi, 4-5 hari untuk regular, dan 3-4 hari untuk priority.

5.    Rifex

Keuntungan menggunakan jasa pengiriman Rifex untuk mengirim barang ke Jepang diantara waktu pengiriman lebih cepat sehingga pengiriman menjadi lebih efisien, mudah untuk mengirim barang dalam jumlah yang besar.

 

Tidak semua barang bisa dikirimkan ke Jepang, ada beberapa barang yang tidak bisa dikirim ke Jepang, diantaranya rokok, vapour (vape), parfum beralkohol dan mengandung gas, narkoba dan obat-obatan terlarang, barang berbahaya yang mudah meledak, dan zat kimia beracun.

 

Cara mengirim barang ke Jepang menggunakan Rifex yaitu :

  • Barang yang akan dikirim dibawa ke kantor cabang Rifex atau kantor utama di Jakarta
  • Barang akan di packing ulang oleh Rifex apabila terjadi kerusakan dalam pembungkusan
  • Pengiriman barang ke lokasi tujuan dilakukan sesuai dengan antrian

6.    Expedito

Dalam menggunakan Expedito dalam melakukan kirim barang ke Jepang bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Masuk ke website Expedito dan login untuk melakukan booking online. Isikan data-data yang dibutuhkan mulai dari negara tujuan, berat dan dimensi barang, kurir yang tersedia, dan harga.
  • Kode booking ditulis pada paket yang akan dikirim. Paket tersebut bisa dikirim langsung ke kantor Expedito atau dilakukan penjemputan oleh Expedito. Untuk wilayah Jakarta akan memperoleh free pick up minimal 2 kg.
  • Apabila barang telah ditimbang dan diukur oleh Expedito, kamu akan memperoleh SMS/ email yang berisi tagihan. Kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Kamu bisa melacak pengiriman barang kamu

7.    TLX

TLX merupakan layanan jasa pengiriman yang terpercaya karena terdaftar secara resmi sebagai salah satu penyelenggara pos di Kominfo dan sebagai anggota tetap dari Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia).

TLX memiliki mitra yang berada di luar negeri sehingga memudahkan dalam proses pengiriman barang dan tracking resi paket. Paket dijamin sampai ke tujuan. TLX juga memberikan penggantian jika terjadi kehilangan barang sampai dengan Rp1.000.000,00 per paket.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan dalam kirim barang ke Jepang. Semakin maju perkembangan jaman, semakin mudah kamu dalam melakukan transaksi pengiriman barang ke luar negeri. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa paket yang kamu kirimkan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *