Cara Hemat Listrik Untuk Tagihan Yang Sering Membengkak

Listrik adalah kebutuhan yang harus tercukupi untuk kehidupan umat manusia. Bayangkan saja jika tidak ada listrik. Dunia akan gelap, kamu tidak bisa main Mobile Legend sambil charger ponsel, tidak bisa nonton tv, jalanan kota tanpa lampu penerangan, rumah mu seperti hutan rimba dan lain sebagainya.

Jangankan hidup selamanya tanpa listrik, yang satu hari pemadaman total saja bisa bikin rugi orang jutaan. Seperti yang terjadi beberapa bulan lalu ketika PLN mengalami pemadaman total dibeberapa wilayah di Jakarta, dan di Pulau Jawa.

Ketika terjadi pemadaman total, banyak orang yang mengalami kerugian secara finansial. Sebagai contoh, pengusaha ikan hias mengalami kerugian berjuta-juta lantaran ikan dagangannya tidak bisa hidup tanpa bantuan aerator yang berperan sebagai masuknya oksigen untuk bernafas ikan-ikan hias.

Listrik memang menjadi kebutuhan yang wajib terpenuhi, tapi seringkali kita memakainya dalam jumlah yang over konsumsi. Mentang-mentang akses untuk mendapatkan listrik mudah, kita dengan seenaknya melakukan pemborosan pada pemakaian listrik.

Dan apa yang terjadi ketika kita boros memakai listrik? Yang terjadi adalah biaya bulanan listrik yabg harus kamu bayar pada PLN menjadi naik dan membengkak dari sebelumnya.

Mungkin kita harus mulai membiasakan untuk melakukan penghematan dalam memakai listrik, agar biaya yang harus dibayar tidak terlalu besar dan mencekik.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas kiat-kiat yang bisa dilakukan dalam upaya penghematan terhadapa pemakaian listrik sehari-hari

Berikut akan kami jelaskan cara melakukan penghematan listrik agar tidak over konsumsi dan bayar ke PLN jadi tinggi.

pxhere.com

Tips dan Cara Hemat Listrik

Simak penjelasan dari artikel di bawah ini untuk Kamu yang ingin tahu cara hemat listrik bulanan yang sering membengkak.

1. Matikan lampu ketika tidak digunakan

Cara paling mudah namun memiliki dampak besar dalam penghematan listrik adalah dengan cara mematika lampu ketika tidak digunakan. Semisal di waktu sore hari yang sekiranya ruangan masih cukup terang, maka tidak usah kamunyalakan lampu sebagai penerangan ruangan.

Semisal di salah ruangan memakai lampu satu saja sudah terang, maka tak perlu tambah lagi lampu agar biaya listrik lebih hemat. Cara lain dalam penghematan listrik adalah jika kamu ingin tidur, ada baiknya semua lampu kamu matikan.

Cara seperti ini terbilang cukup simpel, mudah dan sederhana tapi memiliki dampak besar dalam penghematan listrik. Namun jika kamu adalah orang yang phobia terhadap kegelapan, maka tidak usah matikan lampu ketika akan tidur.

2. Mengganti lampu rumah dengan lampu LED

Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk menghemat listrik adalah dengan mengganti lampu rumah mu menjadi lampu berjenis LED.

Karena lampu LED ini memiliki daya yang cukup kecil dan juga mampu menerangi ruangan dengan intensitas cahaya yang lebih terang dibanding dengan lampu dari jenis lain. Dengan menggunakan lampu jenis LED, maka kamu bisa menghemat biaya pemakaian listrik mu.

Jika kamu tidak percaya bahwa lampu LED lebih irit, silahkan buktikan sendiri. Cara membuktikannya adalah semisal di bulan ini kamu gunakan lampu dari jenis lain dan di bulan depan kamu gunakan LED, lihat perbedaan siginifikan pembayaran listrik mu.

pxhere.com

3. Cabut colokan yang tidak dipakai

Semisal kamu menggunakan rice cooker untuk menanak nasi, setelah nasi tersebut matang maka colokan tersebut kamu cabut. Atau semisal charger ponsel mu tidak digunakan, maka cabut saja charger tersebut.

Begitupun dengan alat elektronik lain yang tidak dipakai, maka cabut colokan tersebut. Hal ini dilakukan karena meskipun colokan tersebut tidak digunakan, maka bisa saja menyedot aliran listrik yang akan membuat biaya tagihan listrik bulanan mu membengkak.

Dengan kamu mencabut colokan yang tidak digunakan, setidaknya akan mengurangi bayaran listrik yang kamu rasa tidak memakainya.

4. Mengatur kulkas

Jika kamu di rumah memiliki kulkas, maka kamu harus pandai dalam mengatur kulkas tersebut agar biaya listrik mu tidak terlalu tinggi. Cara sederhana dalam penghematan biaya listrik pada kulkas adalah dengan tidak membiarkan pintu kulkas dalam keadaan terbuka.

Jika kulkas tersebut tidak kamu gunakan, maka pintu kulkas harus kamu tutup. Cara lain adalah dengan tidak mengisi kulkas melebihi kapasitas yang tersedia.

Karena jika kulkas tersebut diisi dengan makanan yang melebihi kapasitas, akan menyebabkan kulkas bekerja lebih ekstra sehingga menyerap daya listrik yang lebih besar dari biasanya. Kamu juga harus meletakan kulkas berjarak sekitar 10 cm dari dinding agar kinerja dari kulkas lebih maksimal.

pxhere.com

5. Mengatur AC

Jika di rumah mu memiliki Ac, maka kamu harus pandai mengaturnya. Cara termudah yang bisa kamu lakukan supaya AC tidak menyerap listrik terlalu banyak adalah dengan cara menempatkan AC di ruangan yang tertutup. Suhu dari Ac pun jangan sampai 22 derajat agar listrik tidak terlalu banyak terserap.

6. Rooftop Solar Panel

Cara terbaik saat ini bisa kalian lakukan adalah dengan membuat Rooftop Solar Panel, dengan adanya energi listrik tambahan ini, akan sangat membantu kalian untuk menghemat pengeluaran listrik bulanan loh.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya listrik bulanan di rumah mu. Supaya lebih hemat lagi, kamu bisa gunakan energi surya panel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *